Rak Gudang: Fungsi dan Ukuran Standar yang Biasa Digunakan

Rak Gudang: Fungsi dan Ukuran Standar yang Biasa Digunakan
Rak gudang

Rak gudang adalah jenis sistem penyimpanan yang tujuannya khusus untuk menyimpan dan menata barang dengan nyaman. Sistem rak penyimpanan atau racking system sendiri adalah sistem yang penggunaan utamanya untuk mengatur dan menyimpan barang secara efektif di gudang atau pusat distribusi.

Sistem ini menawarkan kemudahan dalam penyimpanan produk dengan mengoptimalkan ruang, meningkatkan aksesibilitas, dan meningkatkan efektivitas operasional di dalam gudang. Rak penyimpanan di gudang juga bisa memiliki jenis yang bermacam-macam tergantung kebutuhan. Yuk, pahami selengkapnya!

Apa Itu Racking System?

Racking system adalah suatu konsep penataan dan penyimpanan barang dalam suatu gudang atau tempat penyimpanan lain yang menggunakan rak atau cara penataan tertentu. Sistem ini dapat bervariasi dari rak sederhana dengan platform satu tingkat hingga sistem rumit dengan berbagai tingkat.

Racking system juga terdiri dari berbagai komponen. Termasuk rangka atau kolom utama yang terbuat dari besi atau baja padat, serta rak yang terletak di antara kolom untuk menyimpan barang. Sistem ini sangat fleksibel dan dapat Anda sesuaikan dengan kebutuhan gudang. 

Berbagai jenis rak gudang sendiri cukup beragam dan dapat Anda pilih berdasarkan jenis produk, frekuensi putaran, dan kondisi penyimpanan lainnya. Misalnya jenis cantilever yang bisa menyimpan produk besar dan panjang. Lalu, ada pula jenis pallet standar yang serbaguna.

Swain itu, ketinggian dan jarak rak biasanya dapat dimodifikasi sesuai permintaan. Bisnis yang menggunakan racking system tentu meningkatkan efisiensi operasional dan mengurangi biaya penyimpanan.

Teknologi ini akan memberi Anda akses langsung ke setiap palet, sehingga memudahkan pengambilan produk. Tentu saja, kemudahan ini akan mempersingkat waktu dan upaya yang diperlukan untuk mengakses dan memindahkan objek.

Meskipun memerlukan investasi awal, racking system menawarkan pengurangan biaya jangka panjang. Optimalisasi ruang dan peningkatan efisiensi pengoperasian dapat membantu meminimalkan biaya penyimpanan dan distribusi.

Baca juga: Apa itu Palet, Fungsi, Jenis dan Kegunaannya

Fungsi Rak Gudang

Salah satu peran penting dalam gudang dan logistik atau adanya rak penyimpanan. Berikut ini adalah beberapa fungsi rak penyimpanan dalam gudang.

1. Melindungi dan Menjaga Keamanan Barang

Rak dalam tempat penyimpanan juga membantu melindungi dan menjaga keamanan produk. Bahan rak yang kokoh bertujuan untuk menampung beban besar dengan aman dan mengurangi bahaya kerusakan pada barang.

Selain itu, rak penyimpanan dapat dilengkapi dengan perlindungan lebih ekstra. Seperti penyangga, pembatas, atau pelindung sudut. Perlindungan ini tujuannya untuk menjaga barang tetap aman dari benturan atau gesekan yang tidak diinginkan.

2. Efektifitas Penggunaan Ruang

Perusahaan, terutama yang berskala besar tentu harus memiliki stok persediaan barang yang banyak untuk mencukupi kebutuhan pelanggan. Hal tersebut membuat mereka membutuhkan gudang atau tempat penyimpanan yang dengan ukuran besar pula.

Nah, adanya rak gudang penyimpanan akan memaksimalkan penggunaan ruang yang tersedia. Di mana perusahaan dapat mengurangi kebutuhan ruang lantai yang lebih besar dengan menumpuk produk di rak secara vertikal. Tentu saja, ini dapat menekan biaya pengeluaran secara jangka panjang.

3. Tempat Penyimpanan Barang

Kegunaan utama rak penyimpanan adalah untuk menyimpan barang di gudang atau tempat penyimpanan lainnya. Rak ini bertujuan khusus untuk menampung benda-benda berat dan besar. Seperti alat berat, perlengkapan konstruksi, dan bahan produksi.

Rak dalam tempat penyimpanan juga bisa berfungsi untuk menyimpan produk-produk yang memerlukan perawatan ekstra. Seperti produk yang mudah rusak atau mudah terbakar.

4. Meminimalisir Kerugian Material

Barang-barang yang tersimpan di rak gudang tidak akan saling menghimpit dan kerugian materialnya pun lebih kecil. Lewat penyimpanan yang baik pula, kelembaban dan debu yang bisa menurunkan kualitas produk bisa dihindari.

Selain itu, keberadaan rak penyimpanan juga sepenuhnya dapat menjamin berkurangnya kerugian akan kemungkinan hilangnya barang atau pencurian di tempat penyimpanan.

5. Meningkatkan Efisiensi Operasional

Dalam dunia bisnis, rak penyimpanan dapat membantu meningkatkan efisiensi operasional dengan mempermudah penataan dan akses barang. Pekerja gudang dapat dengan cepat menemukan produk yang diperlukan, mengurangi waktu pencarian, dan meningkatkan efektivitas operasional.

Penyimpanan gudang yang tertata dan terorganisir memudahkan pengelolaan inventaris dan stok. Pemantauan inventaris yang akurat akan memungkinkan pengelolaan lebih efektif. Jadi, pemanfaatan rak dapat berkontribusi terhadap peningkatan produktivitas dan total pendapatan perusahaan.

Baca juga: Mengenal Cross Docking Beserta Jenis dan Keuntungannya

Standar Tinggi Rak Gudang yang Umum Digunakan

Penggunaan rak pada tempat penyimpanan bertujuan untuk menyimpan barang-barang dengan berat dan ukuran yang umumnya relatif ringan hingga sedang. Nah, sebenarnya ada beberapa jenis ukuran rak yang paling umum digunakan.

Dimensi rak standar adalah sekitar 200 cm x 60 cm x 200 cm untuk rak light dan medium duty. Jenis ini menawarkan beberapa keunggulan. Pertama, dimensi yang seragam akan membuat penggunaannya  menjadi lebih sederhana dan efisien.

Dalam bisnis atau perusahaan yang memerlukan penyimpanan efektif, memiliki dimensi yang seragam akan mempercepat proses penyortiran dan pengambilan produk. Karena rak-raknya seragam, perawatan dan perbaikan rak penyimpanan juga relatif mudah dan bisa lebih rapi penataannya.

Ukuran tinggi rak gudang juga dapat Anda sesuaikan untuk memenuhi permintaan dan standar gudang. Ketinggian rak bisa sesuai ketinggian plafon, kapasitas vertikal yang dibutuhkan, dan peralatan transportasi yang akan digunakan seperti forklift.

Pada skala industri, tinggi rak standar yang umum digunakan antara lain adalah 2 meter, 3 meter, 4 meter, 5 meter, dan 6 meter. Ketinggian rak ini umumnya membutuhkan modifikasi agar sesuai dengan langit-langit dan kapasitas yang diperlukan.

Selain itu, dimensi standar juga akan memberikan fleksibilitas yang lebih besar dalam penggunaan ruang. Jika mampu memenuhi standar yang ada, Anda dapat memanfaatkan ruang dengan lebih baik dan menghindari pemborosan yang tidak perlu.

Karena ruang biasanya terbatas, dimensi yang seragam akan memungkinkan penataan rak penyimpanan secara efektif. Namun, Anda tetap bisa memiliki rak dengan dimensi berbeda. Jika ingin mendapatkan jenis yang paling cocok, berdiskusi dengan perancang akan jadi solusi terbaik.

Rak Gudang Seperti Apa yang Perlu Ada di Perusahaan Anda?

Kesimpulannya, rak gudang memegang peranan penting dalam sistem penataan dan penyimpanan produk di tempat penyimpanan. Penyimpanan ini penting dalam memaksimalkan ruang, meningkatkan efisiensi pengoperasian, dan memastikan keamanan produk. Jadi, jenis rak mana yang menurut Anda paling efisien?

Punya

Ratusan / Ribuan

Kiriman Setiap Hari?

Satu platform, beragam layanan pengiriman dan logistik

Web Dashboard

Pergudangan & Pengemasan

Dilengkapi Kurir Instant

Plugin Pengiriman

Integrasi API Pengiriman

Mendukung beragam layanan pengiriman

GojekJNEJNTTIKI

Terintegrasi dengan channel marketplace

TokopediaLazadaTiktokShopee

Mau Pengiriman Jadi Jauh Lebih Efektif?

Dapatkan potongan harga untuk pengiriman lebih banyak, #kirimlebihbanyak bersama Biteship!