Pengertian Pallet Mesh dan Fungsinya dalam Industri Pergudangan

Pengertian Pallet Mesh dan Fungsinya dalam Industri Pergudangan
pallet mesh

Dalam dunia ekspedisi maupun pergudangan pastinya Anda akan menemukan pallet mesh. Ini merupakan alat yang memiliki peran penting untuk proses pemindahan barang maupun pengaturan posisi barang.

Alat/benda tersebut merupakan bagian yang sangat Anda butuhkan dalam menjalankan proses bongkar-muat. Pada artikel ini akan membahas secara lebih terperinci seputar pallet mesh alias palet besi tersebut.

Pengertian Pallet Mesh

Palet besi merupakan benda sebagai tempat penyimpanan barang sehingga bisa tersusun secara rapi dan terorganisir secara baik. Sesuai namanya, benda ini terbuat dari besi dengan lapisan anti karat serta zinc coating. 

Bahan tersebut membuat palet memiliki ketahanan yang bagus. Benda ini mampu tahan terhadap karat dan cuaca. Selain itu, penggunaan yang praktis karena bisa Anda susun sampai 4 vertikal akan lebih banyak menghemat ruang untuk gudang.

Selain itu, ketika Anda tidak menggunakannya, maka tinggal Anda simpan dengan cara melipatnya. Palet besi juga mudah Anda angkat sendiri atau bisa menggunakan forklift.

Jika Anda bekerja di dunia ekspedisi atau pergudangan, benda ini pasti Anda temukan. Bahkan Anda mungkin setiap hari menggunakannya untuk menunjang pekerjaan Anda, terutama di gudang.

Fungsi Pallet Mesh

Secara umum, palet besi mempunyai fungsi untuk meletakkan muatan yang terdapat di gudang. Jika Anda perhatikan, benda tersebut terdapat rongga-rongga yang ternyata fungsinya untuk memudahkan alat-alat bantu ketika mengangkatnya.

Misalnya crane, hand stacker, maupun forklift akan lebih mudah mengangkat maupun memindahkan palet besi tersebut. Bukan hanya itu, fungsi lainnya adalah sebagai proteksi terhadap barang-barang agar tidak kotor dan basah.

Maksudnya, jika Anda langsung menyimpan barang-barang di gudang, kemungkinan barang tersebut kotor dan basah. Ini tentu akan berpengaruh terhadap kualitas barang tersebut.

Maka dari itu, palet berfungsi untuk menjaga kualitas barang. Tidak heran meski Anda menyimpan barang di palet dalam waktu cukup lama, ternyata kualitasnya tetap terjaga.

Itulah mengapa pallet mesh merupakan media yang memang sangat bermanfaat untuk kegiatan pergudangan maupun ekspedisi. Efektivitas dan produktivitas kerja Anda akan terbantu jika memanfaatkannya dengan baik.

Jenis Pallet Mesh Berdasarkan Celah

Terdapat dua macam palet yang umum dipakai pada dunia cargo. Berikut penjelasan selengkapnya.

  • Pallet 4 arah: jenis ini biasanya dipakai sebagai alat bantu forklift untuk mengangkut barang dari 4 sisi yaitu sisi belakang, depan, kanan, maupun kiri.
  • Pallet 2 arah: jenis palet yang memudahkan forklift untuk mengangkatnya pada dua sisi yaitu depan dan belakang.

Baca Juga: Pengertian Forklift, Jenis, dan Bagian-bagiannya

Manfaat Menggunakan Pallet Mesh

Beberapa manfaat yang Anda peroleh saat menggunakan media penyimpanan berupa pallet besi yaitu:

1. Optimalisasi Barang

Palet besi yang Anda susun bisa lebih menghemat ruang penyimpanan. Mungkin barang-barang di gudang sudah cukup banyak sehingga Anda perlu memanfaatkan space yang ada.

Anda bisa menyusun palet tersebut secara rapi. Dengan begini akan lebih banyak barang yang tersimpan di gudang.

2. Organisasi Barang Lebih Baik

Ketika Anda menyusun dan menyimpan barang-barang di gudang dengan rapi, maka mencari barang tersebut jauh lebih mudah. Ketika Anda butuh barang untuk dipindah atau digunakan, tidak butuh waktu lama menemukannya.

Anda sudah tahu di mana barang tersebut dan bagaimana mengaksesnya. Hal tersebut akan meningkatkan efisiensi dalam pekerjaan.

3. Perlindungan Barang Lebih Baik

Manfaat penggunaan pallet mesh berikutnya yaitu memberikan perlindungan barang secara maksimal. Pada dasarnya, ketika menyimpan barang di gudang berarti Anda akan menyimpannya dalam waktu yang tidak sebentar.

Kondisi ini membuat barang berpotensi mengalami kerusakan dan bahkan hilang. Untuk itu, perlu menggunakan palet besi sehingga barang-barang yang Anda miliki bisa tersimpan secara aman.

4. Kemudahan Akses

Pallet besi memang dibuat secara khusus untuk memberikan kemudahan akses. Alat-alat seperti forklift bisa mengangkatnya dengan mudah dan cepat. Pekerjaan pun menjadi lebih hemat tenaga dan waktu.

5. Penyimpanan Beban Berat

Manfaat pallet mesh selanjutnya yaitu untuk penyimpanan barang-barang dengan bobot cukup berat. Alat ini memang mampu menahan beban berat sehingga sangat ideal untuk penyimpanan barang maupun produk industri.

6. Pemeliharaan Mudah

Penggunaan palet besi tidak memerlukan banyak pemeliharaan. Anda cukup melakukan perawatan rutin secara sederhana. Hal tersebut sudah cukup untuk memastikan kualitasnya tetap terjaga, terutama untuk penggunaan jangka panjang.

7. Mudah dalam Menyesuaikannya

Palet besi bisa Anda susun dan atur sesuai kebutuhan. Anda bisa menyesuaikan seperti apa tingginya, mengganti konfigurasinya, dan lain-lain. Bahkan, Anda juga bisa menambah maupun mengurangi jumlah palet tersebut dengan menyesuaikan kebutuhan barang dan kapasitas gudang.

Baca Juga: 3 Jenis Hand Stacker untuk Memudahkan Pengangkutan

Komponen Utama Palet Besi

Agar mengetahui seperti apa palet besi bekerja, Anda perlu tahu apa saja komponen utamanya.

1. Upright Frames atau Tiang Vertikal

Tiang yang tersusun secara vertikal dan berperan untuk menopang semua struktur palet. Komponen ini menggunakan bahan baja kokoh. Selain itu, ada lubang-lubang untuk penyesuaian tinggi dari media penyimpanan tersebut.

2. Beam atau Balok Horizontal

Pallet mesh juga mempunyai komponen bernama beam. Sebuah penopang utama baik untuk palet maupun barang/benda yang disimpan. Sesuai namanya, komponen ini tersusun secara horizontal pada masing-masing upright frame.

3. Pallet Supports atau Dudukan Palet

Dudukan palet merupakan komponen yang diletakkan pada atas balok horizontal. Fungsinya yaitu mendukung Pallet maupun meminimalisir agar palet tidak tergelincir atau bahkan jatuh.

4. Safety Locks

Komponen berikutnya merupakan perangkat pengamanan yang fungsinya mengunci balok dari horizontal ke vertikal. Sebuah komponen yang akan memastikan stabilitas serta keamanan sistem penyimpanan.

5. Cross Bracing

Komponen tambahan yang mempunyai fungsi membuat struktur vertikal lebih kuat. Alat ini sangat membantu agar bisa mencegah adanya getaran maupun pergeseran yang berpotensi terjadi pada sistem.

6. Pallet Beam Connector

Berikutnya ada komponen yang fungsinya sebagai penghubung. Alat ini ada untuk menghubungkan antara balok horizontal dengan tiang vertikal. Anda juga bisa melakukan penyesuaian tinggi palet melalui komponen tersebut.

Baca Juga: Apa Itu Konveyor dan Fungsinya Dalam Industri dan Gudang?

Sudah Paham tentang Pallet Mesh?

Jadi, penggunaan palet besi memang sangat dibutuhkan dalam urusan ekspedisi dan pergudangan. Benda ini merupakan media penyimpanan yang sangat efektif, baik ketika Anda menggunakannya maupun tidak.

Jadi dengan menyimpan di palet besi, barang-barang Anda akan terjaga kualitasnya. Tinggal Anda memilih jenis palet mana yang ingin Anda gunakan. Semoga bermanfaat.

Punya

Ratusan / Ribuan

Kiriman Setiap Hari?

Satu platform, beragam layanan pengiriman dan logistik

Web Dashboard

Pergudangan & Pengemasan

Dilengkapi Kurir Instant

Plugin Pengiriman

Integrasi API Pengiriman

Mendukung beragam layanan pengiriman

GojekJNEJNTTIKI

Terintegrasi dengan channel marketplace

TokopediaLazadaTiktokShopee

Mau Pengiriman Jadi Jauh Lebih Efektif?

Dapatkan potongan harga untuk pengiriman lebih banyak, #kirimlebihbanyak bersama Biteship!