Cara Mencari Supplier yang Terpercaya untuk Toko Online

Cara Mencari Supplier yang Terpercaya untuk Toko Online

Cara mencari supplier yang baik bisa merupakan hal penting yang harus diketahui untuk mendukung kesuksesan toko online Anda. Tanpa adanya supplier yang baik, maka toko Anda tidak akan bisa tumbuh dan berkembang dengan baik.

Walaupun berbagai strategi marketing yang hebat sudah diterapkan, namun jika tidak didukung dengan pasokan barang-barang yang berkualitas dari supplier, maka usaha tersebut menjadi sia-sia. Akan ada banyak pelanggan yang komplain karena barang yang dipesan sudah tidak tersedia.

Cara Mencari Supplier Toko Online

Usahakan untuk mencari supplier tangan pertama yang terpercaya dan berkualitas. Dengan demikian, maka bisa membantu dalam mengembangkan usaha yang akan dijalani. Adapun beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk mencari supplier toko online Anda yaitu sebagai berikut:

1. Mendatangi Sentra Industri atau Bazar Bisnis

Cara pertama yang bisa Anda lakukan untuk mencari supplier yaitu dengan mendatangi langsung ke pusat industri atau bazar bisnis. Mengunjungi supplier secara langsung ke lokasi jualan atau produksi bisa memberikan banyak keuntungan bagi Anda.

Keuntungan yang didapatkan diantaranya yaitu bisa melihat segala proses produksi yang berlangsung dan bisa lebih leluasa untuk memilih produk yang akan dijual. Dengan demikian, kualitas dari produk tersebut bisa disesuaikan dengan keinginan Anda.

Selain itu, Anda juga bisa bertemu secara langsung dengan pemiliknya sehingga bisa meminimalisir terjadinya resiko kerugian. Ditambah lagi dengan kesempatan yang dimiliki untuk membangun kedekatan dengan pemilik, agar kepercayaan antara kedua belah pihak bisa tercipta.

Bahkan bisa berpotensi Anda diberikan harga yang lebih rendah dari aslinya. Hal tersebut tentu bisa memberi keuntungan lebih untuk bisnis Anda.

2. Mencari Supplier Melalui Mesin Pencari

Apabila Anda masih belum menemukan supplier yang cocok untuk bisnis yang akan dijalankan, maka bisa mencarinya dengan memanfaatkan mesin pencari. Cara mencari supplier untuk jualan online ini tentu jauh lebih mudah dan tidak merepotkan, karena Anda bisa melakukannya dimana saja.

Jadi Anda tidak perlu pergi ke lokasi produksi atau jualan yang terkadang harus menempuh jarak yang jauh dan melelahkan. Melalui mesin pencarian, Anda cukup mengetikkan kata kunci yang tepat, seperti produsen, supplier, grosir, distributor, dan diikuti dengan jenis barang yang akan dicari.

Setelah mengetikkan kata kunci yang tepat pada kolom yang telah disediakan pada laman mesin pencarian seperti Bing, Firefox, Google atau Yahoo, maka informasi yang Anda inginkan akan ditampilkan.

Kunjungi link yang terdapat pada laman hasil pencarian, Anda bisa mengunjunginya satu per satu untuk mencari dan menemukan supplier yang cocok untuk bisnis toko online Anda. Jika sudah menemukan pilihan yang cocok, maka Anda bisa segera menghubunginya pada kontak yang tertera.

3. Mengunjungi Komunitas Bisnis atau Forum Online

Dalam setiap forum online biasanya mempunyai sub forum yang menyajikan informasi mengenai berbagai penawaran kerjasama yang dilakukan antara supplier, distributor, penjual individual dan agen. Salah satu forum yang memiliki jenis sub forum tersebut yaitu Kaskus.

Maka dari itu, cara mencari supplier melalui forum online ini cukup efektif dilakukan, karena tersedia banyak sekali pilihan di dalamnya.

Pada sub forum terdapat banyak thread yang berasal dari masing-masing supplier, yang memberikan penawaran pendaftaran untuk siapapun yang ingin menjadi seorang reseller untuk menjual produknya.

Anda bisa mengunjungi thread yang sekarang menarik dan cocok untuk dijadikan supplier.  Hal penting yang harus diperhatikan yaitu pastikan untuk mencari tahu mengenai persyaratan atau ketentuan yang ditetapkan oleh supplier.

4. Melalui Marketplace

Mencari supplier juga bisa dilakukan melalui marketplace. Berbelanja di marketplace memiliki banyak keuntungan, karena di sinilah tempat pada pedagang, dropshipper, reseller, distributor, grosir, tangan pertama maupun importir berkumpul menjadi satu.

Untuk itu, marketplace juga bisa menjadi solusi yang tepat bagi Anda yang sedang mencari supplier untuk usaha online yang dijalankan.

5. Melalui Situs Pembanding Harga

Cara mencari supplier tangan pertama termurah, terpercaya dan praktis bisa dilakukan dengan mengunjungi situs pembanding harga. Pastikan situs yang Anda gunakan merupakan situs pembanding harga dari Indonesia.

Namun jika Anda sedang mencari supplier dari luar negeri, maka bisa disesuaikan saja situs yang digunakan.

Baca Juga: Bagaimana Cara Mencari Supplier Tangan Pertama? Simak Informasi Lengkapnya Disini

Tips Memilih Supplier Secara Online

Walaupun mencari supplier secara online sangat mudah dilakukan, namun ketidakhadiran Anda secara langsung melihat produk dan calon supplier bisa menimbulkan resiko terjadinya penipuan. Maka dari itu, Anda bisa menerapkan beberapa tips berikut ini dalam memilih supplier secara online:

1. Memiliki Alamat dan Kontak yang Jelas

Ketika memilih supplier, pilihlah toko yang memiliki alamat dan kontak yang jelas. Anda bisa meminta alamat dan kontak kepada supplier.

Jika supplier bersedia memberikan informasi tersebut dan tidak ada kesan untuk menutup-nutupi, maka bisa menjadi bukti bahwa tidak ada niat jelek ke depannya.

2. Kondisi Produk

Sebelum Anda memutuskan menentukan supplier, maka lebih baik untuk melihat terlebih dahulu kondisi produk yang dijual. Caranya yaitu bisa dengan mengecek informasi yang terdapat pada keterangan produknya.

Jika informasi yang dimuat di dalam keterangan tidak lengkap, maka bisa Anda tanyakan secara langsung kepada supplier melalui kolom komentar atau chat pribadi yang tersedia.

3. Ketersediaan Barang

Cara mencari supplier secara online juga harus dilakukan dengan memperimbangkan ketersediaan barang yang ada. Umumnya supplier mempunyai stok yang tidak terbatas. Jadi Anda bisa melakukan pemesanan kapan saja dengan jumlah berapapun.

Baca Juga: Tips Memulai Bisnis Supplier Baju Import dan Keuntungannya

4. Feedback

Tips yang bisa Anda lakukan untuk mengetahui kualitas supplier yaitu bisa dengan melihat feedback yang diberikan oleh pelanggannya. Anda bisa mengeceknya pada akun media sosial yang dimiliki, karena biasanya supplier akan mengunggah testimoni yang diberikan oleh konsumen.

Cara lainnya juga bisa dengan mencari toko online yang dimiliki pada market place, kemudian lihat pada bagian kolom penilaian konsumen.

5. Kecepatan Pengiriman Barang

Bisnis online mempunyai kompetisi yang sangat ketat dalam hal kecepatan pengiriman dan ketersediaan barang. Untuk itu, toko yang memiliki riwayat pengiriman buruk atau sering tidak tepat waktu maka lebih baik tidak dipertimbangkan untuk menjadi supplier.

Cara mencari supplier untuk bisnis online bisa dilakukan secara offline maupun online. Selain supplier, hal yang tidak kalah penting untuk menjalankan bisnis online yaitu mengenai urusan logistik dan manajemen stok barang. Untuk itu, Anda bisa mempercayakan urusan tersebut pada Biteship.

Punya

Ratusan / Ribuan

Kiriman Setiap Hari?

Satu platform, beragam layanan pengiriman dan logistik

Web Dashboard

Pergudangan & Pengemasan

Dilengkapi Kurir Instant

Plugin Pengiriman

Integrasi API Pengiriman

Mendukung beragam layanan pengiriman

GojekJNEJNTTIKI

Terintegrasi dengan channel marketplace

TokopediaLazadaTiktokShopee

Mau Pengiriman Jadi Jauh Lebih Efektif?

Dapatkan potongan harga untuk pengiriman lebih banyak, #kirimlebihbanyak bersama Biteship!