Cara Mengaktifkan Kurir GoTo Logistik, Seller Tokopedia Harus Tahu!

Cara Mengaktifkan Kurir GoTo Logistik, Seller Tokopedia Harus Tahu!
GoTo Logistik

Perkembangan teknologi tentunya menjadi peluang besar bagi para pebisnis untuk memperluas pangsa pasarnya. Hal ini sejalan dengan misi Gojek dan Tokopedia yang meluncurkan layanan baru “GoTo Logistik” atau GTL untuk memberikan layanan pengiriman lebih mudah ke seluruh pelosok Indonesia.

Sejauh ini masih banyak orang yang belum mengenal dengan baik akan layanan GTL, dimana konsep pengiriman yang ditawarkan memang berbeda dari biasanya. GTL sendiri menyediakan jasa logistik berbasis teknologi e-commerce, sehingga mampu memberikan layanan yang lebih mudah dan praktis.

Apa Itu GoTo Logistik?

Pendiri GTL selalu percaya bahwa teknologi mampu mendorong masyarakat bisa meraih masa depan yang jauh lebih baik lagi. Perusahaan mendirikan GoTo dengan didasari prinsip “Gotong Royong” agar bisa dijalankan secara bersama-sama dan membuahkan hasil lebih bermakna bagi masyarakat luas.

GoTo Logistik adalah salah satu layanan pengiriman yang tersedia dalam platform Tokopedia. Berbeda dengan jasa pengiriman seperti biasanya, GTL tergolong suatu perusahaan penyedia jasa logistik berbasis teknologi e-commerce, sehingga memberikan pelayanan efektif bagi masyarakat.

GTL sendiri masih menjadi bagian GoTo Group sebagai ekosistem digital terbesar yang ada di Indonesia. Sesuai dengan komitmen GoTo Group, perusahaan akan memberikan layanan dalam bidang transportasi on-demand, e-commerce, logistik, pengiriman makanan minuman, dan layanan keuangan.

Berhubung GoTo Group merupakan gabungan dari platform Tokopedia, Gojek, dan Go To Financial, Anda tidak akan menemukan GTL pada platform e-commerce manapun. GTL menjadi layanan kirim barang khusus yang dimiliki oleh platform Tokopedia, sehingga e-commerce lain belum memilikinya.

Sampai menduduki semester I-2023, GTL berhasil mencatatkan pendapatan mencapai Rp1,14 triliun. Hal ini menunjukkan bahwa, GTL berhasil mengalami pertumbuhan 11% dibandingkan tahun sebelumnya, oleh sebab itu berbagai inisiatif terus dilakukan untuk memperkuat fundamental bisnisnya.

Baca Juga: Mengenal J&T Economy, Layanan J&T dengan Biaya Terjangkau

Kelebihan GTL Dibandingkan Jasa Kirim Lain

Memangnya apa kelebihan GTL dibandingkan jasa kirim lainnya? Sebenarnya GoJek dan Tokopedia akan tetap berjalan seperti biasanya. Dengan adanya GTL, diharapkan bisa mendorong layanan kirim Tokopedia bisa berjalan lebih baik lagi karena mampu menawarkan kelebihan sebagai berikut.

1. Tokopedia Memiliki Ekspedisi Resmi

Sejak dimunculkannya layanan GoTo Logistik, secara otomatis platform Tokopedia akan memiliki ekspedisi resmi dari Gojek. Jasa Gojek bisa menjangkau beberapa lini seperti layanan pengiriman bahan makanan minuman, stok barang gudang, dan pemenuhan lainnya dalam dunia industri.

Sesuai dengan prinsip perusahaan sendiri, pendirian GTL tidak lain untuk mengembangkan para pemilik usaha lokal dalam mengembangkan bisnisnya. Para pemilik warung, pelaku UMKM, dan mitra pengemudi bisa berjalan seimbang sebagai tulang punggung ekonomi tentunya.

2. Tokopedia Memiliki Layanan GoPay PayLater

Pelayanan logistik 24 jam memberikan kemudahan para pemilik usaha lokal untuk meningkatkan pendapatan dan pengiriman ke seluruh pelosok Indonesia. Tidak hanya memberikan kemudahan dalam hal pengiriman, GTL juga memberikan akses Tokopedia memiliki fitur GoPay PayLater.

GoPay PayLater merupakan salah satu solusi akhir bulan bagi customer setia Tokopedia. Anda bisa membeli sejumlah barang kebutuhan, kemudian membayarnya di kemudian hari. Tenor cicilan pembayaran belanja mulai dari 1 bulan, 2 bulan, 3 bulan hingga 12 bulan lamanya.

3. Lebih Banyak Voucher dan Promo

Sebenarnya Tokopedia sendiri seringkali menawarkan voucher dan promo menarik bagi semua pengguna setianya. Anda bisa berbelanja barang branded dengan harga lebih murah, diskon belanja, promo akhir tahun, dan masih banyak lagi hadiah menarik lainnya.

Kemunculan layanan GTL antara Gojek dan Tokopedia tentunya akan membawa lebih banyak peluang promo dan hadiah. Hal inilah yang membuat kemunculan layanan GTL mendapatkan respon positif dari masyarakat luas, khususnya mereka para penggemar belanja online.

4. Akses Layanan Terintegrasi

GoTo Logistik memberikan kemudahan pelayanan pengiriman yang sudah terintegrasi dengan baik antara bagian satu dengan bagian lainnya. Para penjual di Tokopedia nantinya masih bertanggung jawab penuh dalam pengemasan barang yang akan dikirim kepada konsumen.

Dalam hal ini GTL akan memastikan bahwa tidak akan terjadi kerusakan atau perubahan bentuk paket selama proses pengiriman. Untuk menciptakan situasi yang aman, tentunya perusahaan sudah memikirkan secara matang seluruh elemen agar bisa terintegrasi dengan baik.

GTL menjadi langkah cerdas perusahaan GoTo Group untuk mengoptimalkan integrasi bisnis melalui penggabungan platform Tokopedia dan Gojek. Melalui layanan logistik tersebut, Anda bisa mendapatkan layanan pengiriman internal lebih optimal serta meningkatkan sumber pendapatan dari Tokopedia.

Baca Juga: Cara Mudah Tracking Gosend dan Kelebihannya

Bagaimana Cara Mengaktifkan Kurir GoTo Logistik?

Ingin menggunakan layanan GTL di Tokopedia? Sebelumnya Anda perlu mengaktifkan fitur GTL di aplikasi agar bisa digunakan saat melakukan belanja online. Seperti yang banyak diketahui, layanan GTL belum lama diluncurkan, sehingga pengguna Tokopedia perlu mengaktifkannya terlebih dahulu.

1. Pengiriman “Dilayani Tokopedia”

Khusus jasa pengiriman melalui fitur “Dilayani Tokopedia”, seller tidak perlu mengaktifkan layanan GoTo Logistik pada layanan pengiriman. Hal ini dikarenakan aplikasi Tokopedia dan Gojek sudah terintegrasi, sehingga nantinya pengguna akan mendapatkan tawaran untuk mengaktifkannya.

2. Pengiriman “Non Dilayani Tokopedia”

Bagi layanan pengiriman “Non Dilayani Tokopedia”, seller tetap harus mengaktifkan layanan kurir GTL melalui pengaturan layanan pengiriman. Jika tidak, maka Tokopedia hanya akan menawarkan layanan pengiriman umum seperti JNT, JNE, SiCepat, dan lainnya.

Baca Juga: 3 Cara Cek Resi Tokopedia dengan Akurat

Berapa Detail Batas Berat Pengiriman Kargo GoTo Logistik?

Sama dengan perusahaan jasa kirim lainnya, GTL juga memiliki aturan mengenai batas toleransi berat pengiriman GTL Cargo. Bagi para pelaku bisnis yang sering mengirimkan barang dalam jumlah besar, penting untuk mengetahui informasi sebelum menggunakan layanan jasa kirim GTL.

Berat Dimensi Harga
0-80,3 kg 75x757x75 Rp21.500,-
80,4-120,3 kg 90x90x90 Rp31.200,-
120,4-160,3 kg 100x100x100 Rp40.900,-
160,4-200,3 kg 105x105x105 Rp50.500,-

Pihak GTL akan melakukan penimbangan berat sebelum melakukan penjemputan barang. Jika terjadi perbedaan berat barang, pihak GTL akan meminta persetujuan penjual untuk membatalkan kirim barang terlebih dahulu. Jika penjual setuju, ongkir tambahan berat barang akan dipotong dari saldo penjual.

Apakah seller Tokopedia bisa drop off ke gerai GTL langsung? Untuk sekarang tidak perlu. Layanan GTL masih fokus melakukan request pickup ke alamat toko seller. Jadi Anda tidak perlu repot-repot mencari gerai GTL terdekat lokasi, kemudian mengantarkan barang ke gerai secara mandiri.

Bagi para pelaku bisnis yang ingin mendapatkan kemudahan dalam memilih layanan pengiriman barang dan menyimpan data customer, bisa gunakan produk dashboard dari Biteship. Pengiriman barang melalui GoTo Logistik akan lebih responsif dan nyaman, hubungi https://biteship.com/id sekarang juga!

Punya

Ratusan / Ribuan

Kiriman Setiap Hari?

Satu platform, beragam layanan pengiriman dan logistik

Web Dashboard

Pergudangan & Pengemasan

Dilengkapi Kurir Instant

Plugin Pengiriman

Integrasi API Pengiriman

Mendukung beragam layanan pengiriman

GojekJNEJNTTIKI

Terintegrasi dengan channel marketplace

TokopediaLazadaTiktokShopee

Mau Pengiriman Jadi Jauh Lebih Efektif?

Dapatkan potongan harga untuk pengiriman lebih banyak, #kirimlebihbanyak bersama Biteship!