Ini Dia Perbedaan JNE Biasa dengan JNE Kargo

Ini Dia Perbedaan JNE Biasa dengan JNE Kargo

Saat ini kehadiran ekspedisi sangat membantu masyarakat untuk melakukan pengiriman barang, baik itu antar kota atau antar provinsi, maupun mengirim paket yang berukuran kecil hingga besar. Di JNE sendiri, sudah tersedia layanan kargo JNE untuk pengiriman besar. Lantas, apa perbedaan antara JNE biasa dengan JNE kargo?

Dengan menggunakan ekspedisi seperti JNE yang memang sudah berpengalaman dan menjadi salah satu andalan masyarakat untuk mengirim paket, Anda bahkan bisa melacak keberadaan kargo JNE maupun paket yang dikirimkan melalui JNE regular hanya dengan menggunakan ponsel.

Kargo JNE (Perbedaan antara JNE Biasa dan JNE Kargo)

Bagi Anda yang terbiasa mengirim paket, mungkin sudah mengetahui apa itu kargo JNE (perbedaan antara JNE biasa dan JNE kargo). Namun bagi Anda yang masih bingung tentang apa bedanya kargo JNE dengan JNE biasa, simak ulasannya berikut ini.

1.     Perbedaan Berat Paket yang Dikirimkan

Perbedaan yang pertama adalah berat paket yang dikirimkan antara pengiriman menggunakan kargo JNE dengan JNE biasa. Untuk pengiriman paket menggunakan jasa kargo, berat minimum biasanya mulai dari 5 kg hingga 50 kg atau bahkan 100 kg.

Sementara itu, untuk pengiriman paket menggunakan jasa pengiriman biasa, aturan berat yang diberlakukan adalah mulai dari 0 kg hingga 20 kg. Pengiriman menggunakan jasa kargo bisa Anda antarkan sendiri ke ekspedisi terdekat atau diambil oleh pihak kargo JNE ke rumah.

Pengiriman dengan kargo juga menyediakan layanan yang hanya dimiliki oleh jasa kargo yakni Full Truckload (FTL) dan Less Than Truckload (LTL). Hal ini pun memungkinkan kapasitas barang yang dimuat menjadi lebih banyak.

2.     Perbedaan Harga Paket yang Dikirimkan

Perbedaan selanjutnya yang juga dapat dirasakan langsung oleh konsumen adalah dari segi tarif pengiriman barang. Untuk kargo JNE sendiri, tarif yang dikenakan dihitung berdasarkan berat paket minimal yang dikirim yakni 10 kg.

Hal tersebut tentu sangat berbeda jika Anda menggunakan JNE biasa yang perhitungan tarifnya dihitung berdasarkan berat minimal paket yakni 1 kg saja. Adapun keuntungan dalam menggunakan jasa kargo JNE akan terasa ketika Anda mengirim paket dengan bobot di atas 10 kg.

Jika menggunakan kargo, ada kemungkinan tarif pengiriman yang Anda bayarkan akan lebih murah dibandingkan jika Anda mengirimkan 10 kg paket menggunakan jasa JNE biasa. Namun, tentunya untuk paket dengan bobot yang ringan sebaiknya Anda gunakan jasa JNE biasa saja.

3.     Jenis Paket yang Dikirimkan

Untuk paket yang dikirimkan menggunakan jasa JNE biasa, umumnya merupakan paket-paket yang berukuran kecil dan tidak terlalu memakan banyak tempat. Kurir pun dapat mengantarkan paket Anda ke rumah menggunakan kendaraan beroda dua.

Sangat berbeda dengan jenis paket yang biasa dikirimkan menggunakan ekspedisi kargo, di mana pengiriman menggunakan kargo memang diperuntukkan bagi Anda yang mengirimkan barang dalam jumlah banyak atau berukuran besar.

Beberapa contoh barang yang umum dikirimkan menggunakan ekspedisi kargo antara lain motor, furniture seperti lemari atau rak berukuran besar, bahan pokok, hingga mobil dan barang lain yang berukuran besar dan berat.

Sehingga, jika Anda menggunakan ekspedisi kargo biasanya kurir akan mengantarkan paket menggunakan mobil box tertutup berukuran besar.

Baca Juga: Ukuran Kontainer, Jenis, dan Kegunaannya dalam Pengiriman

4.     Perbedaan Estimasi Kedatangan Paket

Kargo JNE (perbedaan antara JNE biasa dan JNE kargo) biasanya akan tiba lebih lama dibandingkan dengan paket yang dikirimkan melalui ekspedisi regular atau biasa. Estimasi kedatangan paket atau barang yang dikirimkan menggunakan kargo bisa mencapai 3 hingga 14 hari.

Paket yang dikirimkan menggunakan jasa JNE biasa, estimasi kedatangannya hanya memakan waktu sekitar 1 hingga 3 hari saja. Perbedaan ini dikarenakan ukuran paket yang dikirimkan secara reguler atau biasa lebih kecil sehingga dalam satu waktu kurir dapat mengantarkan paket ke banyak alamat.

Kargo JNE sendiri memiliki rute pengantaran yang tidak sebanyak JNE biasa. Hal ini dapat dilihat dari ukuran paket yang dikirimkan biasanya berukuran besar-besar. Pengiriman kargo harus menggunakan kendaraan beroda 4 yang pergerakannya tentu tidak secepat pergerakan kurir pengantar paket biasa.

Selain itu, barang-barang yang dimuat sebagai kargo harus diperlakukan secara khusus agar tidak mudah rusak selama perjalanan dan proses pengiriman.

5.     Packing Paket yang Berbeda

Lainnya, yang membedakan antara paket yang dikirimkan menggunakan kargo dengan paket biasa adalah cara pengemasannya. Paket kargo umumnya dikemas menggunakan perlakuan khusus yang menyebabkan barang tersebut tidak mudah rusak selama diperjalanan.

Paket yang dikirimkan melalui kargo bisa dikemas menggunakan kardus, karung atau bahkan peti kemas maupun cover khusus untuk melindungi barang tersebut. Di lain sisi, barang yang dikirimkan melalui jasa ekspedisi biasa hanya dibungkus menggunakan plastik, bubble wrap, atau kardus kecil dan paper bag.

6.     Perbedaan Fasilitas Pengantaran

Perbedaan terakhir antara kargo JNE dengan JNE biasa ada pada fasilitas pengantarannya. Jika Anda mengirimkan paket menggunakan jasa kargo JNE, misalnya motor, maka pihak JNE akan memberikan fasilitas berupa packing untuk barang yang akan dikirim.

Jika Anda mengirimkan barang menggunakan JNE biasa tentu Anda sendiri yang harus mengemasnya. Perbedaan lainnya adalah untuk beberapa jenis barang yang dikirim menggunakan kargo, biasanya akan didrop di beberapa titik tertentu seperti bandara, terminal, stasiun kereta api, atau kantor cabang terdekat.

Baca  Juga: Kenali Arti Pick Up App Sebagai Teknologi Canggih Dalam Pengiriman Barang

Meskipun ada juga barang-barang yang dikirimkan melalui cargo dan diantarkan langsung hingga ke rumah. Semua berdasarkan kesepakatan dan layanan yang tersedia dan sudah disampaikan sebelum barang dikirimkan.

Namun, untuk paket yang menggunakan jasa ekspedisi biasa akan langsung diantarkan ke rumah penerima paket tersebut. Ekspedisi JNE biasa pun memiliki kantor cabang yang beroperasi di banyak tempat sekaligus bahkan dalam satu wilayah.

Sedangkan untuk kantor cabang kargo JNE belum sebanyak kantor cabang ekspedisi JNE biasa.

Kargo JNE tidak hanya mengirimkan paket yang dikirim oleh konsumen. Ada juga beberapa perusahaan ataupun vendor yang ingin mengirimkan barangnya ke luar kota atau bahkan luar provinsi.

Sesuaikan Layanan Pengiriman dengan Kebutuhan Anda

Pemilihan layanan pengiriman harus disesuaikan dengan keperluannya, seperti jumlah barang yang dikirim, kecepatan pengiriman,  serta armada transportasi. Maka dari itu, pihak ekspedisi biasanya telah menyediakan beragam layanan mulai dari reguler hingga kargo.

Namun, ada juga ekspedisi yang tidak memiliki banyak pilihan layanan. Agar memudahkan Anda memilih jasa pengiriman, Biteship memberikan kemudahan memilih kurir dan layanananya dalam dashboard kami.

Salah satunya, Anda dapat menggunakan JNE Kargo untuk pengiriman berskala besar dan JNE untuk pengiriman reguler. Keduanya dapat Anda akses dengan mudah di website www.biteship.com/id.

Konsultasikan pengiriman barang skala perorangan atau skala bisnis bersama tim Biteship ke nomor berikut ini:

WhatsApp tim Biteship

Atau, jadwalkan pertemuan online bersama tim Biteship pada link berikut ini:

Jadwalkan Pertemuan.

 

Punya

Ratusan / Ribuan

Kiriman Setiap Hari?

Satu platform, beragam layanan pengiriman dan logistik

Web Dashboard

Pergudangan & Pengemasan

Dilengkapi Kurir Instant

Plugin Pengiriman

Integrasi API Pengiriman

Mendukung beragam layanan pengiriman

GojekJNEJNTTIKI

Terintegrasi dengan channel marketplace

TokopediaLazadaTiktokShopee

Mau Pengiriman Jadi Jauh Lebih Efektif?

Dapatkan potongan harga untuk pengiriman lebih banyak, #kirimlebihbanyak bersama Biteship!