Mengenal J&T Economy, Layanan J&T dengan Biaya Terjangkau

Mengenal J&T Economy, Layanan J&T dengan Biaya Terjangkau
j&t economy

Layanan jasa pengiriman barang saat ini telah berkembang pesat. J&T sebagai salah satu perusahaan jasa pengiriman memiliki layanan yang diunggulkan untuk dapat memberikan kepuasan pelanggan dengan harga terjangkau melalui J&T Economy. Lantas, seperti apa layanan tersebut?

Apa Itu Jasa Pengiriman J&T?

Jasa pengiriman berkembang pesat seiring dengan meningkatnya penjualan online yang dilakukan melalui e-commerce. Selain itu, jasa pengiriman juga banyak membantu perusahaan dalam mendistribusikan barang untuk keperluan penjualan dan pengiriman dokumen penting. 

Cukup banyak perusahaan layanan jasa pengiriman yang dapat Anda gunakan. Setiap perusahaan memiliki jenis layanan yang berbeda dengan keunggulan masing-masing. Salah satu perusahaan besar dalam bidang jasa pengiriman barang adalah J&T.

J&T merupakan salah satu perusahaan di bidang jasa pengiriman yang beroperasi mulai tahun 2015. Kemudian, J&T berkomitmen memberikan pelayanan terbaik melalui kecepatan dan kualitas pengiriman untuk seluruh wilayah Indonesia. 

Baca Juga: Informasi Tarif JnT Cargo dan Produk Layanan 2023

Jenis Pengiriman J&T

J&T memiliki 3 jenis pengiriman yang dapat Anda gunakan yaitu J&T Reguler, J&T Express, dan J&T Economy. Anda dapat memilih salah satu layanan tersebut berdasarkan kebutuhan, waktu pengiriman yang dibutuhkan, dan anggaran biaya. 

J&T Reguler merupakan layanan yang umumnya digunakan untuk mengirimkan paket online shop. Layanan ini menyediakan pengiriman dengan cara pick up atau datang ke counter. Selain itu, J&T Reguler bisa menjangkau seluruh wilayah Indonesia dan dapat mengirimkan paket dalam 3-4 hari. 

J&T Economy merupakan layanan pengiriman dengan biaya kirim yang lebih kompetitif dibandingkan dengan layanan lainnya. Layanan ini menyediakan pengiriman dengan berat maksimal sebesar 50 kg. Selain itu, layanan ini memiliki biaya yang murah, namun pengirimannya membutuhkan waktu yang lama. 

J&T Express adalah layanan pengiriman dari J&T yang dapat mengirimkan paket Anda dengan cepat dan aman. Anda dapat mengirimkan paket dengan waktu 1-2 hari kerja saja. Selain itu, Anda harus mengeluarkan biaya yang lebih mahal untuk dapat menggunakan layanan ini. 

Customer sangat selektif dalam menentukan layanan jasa pengiriman yang akan digunakan. Terdapat 2 faktor yang mempengaruhi pilihan dari customer yaitu biaya pengiriman dan lama waktu pengiriman. Oleh karena itu, setiap perusahaan berusaha memberikan pelayanan terbaik dengan harga yang terjangkau.

Anda dapat menyesuaikan kebutuhan pengiriman, lama waktu pengiriman, dan besar anggaran yang Anda miliki dalam menentukan layanan yang dipilih. Karena setiap layanan memiliki keunggulan masing-masing dan menyesuaikan dengan kebutuhan Anda.

Jika kecepatan pengiriman menjadi faktor terpenting, maka Anda lebih cocok memilih J&T Express. Apabila harga terjangkau menjadi faktor terpenting, maka lebih cocok Anda menggunakan J&T Economy

Baca juga: Cara Mengirim Paket J&T Mudah dan Cepat. Pemula Wajib Tahu!

Apa itu Layanan J&T Economy?

Jenis layanan yang disediakan oleh J&T memiliki keunggulan masing-masing. Anda harus menyesuaikan kebutuhan dan anggaran dalam memilih layanan jasa pengiriman. Penting bagi Anda untuk mempertimbangkan faktor urgensi pengiriman dalam memilih layanan.

J&T Economy merupakan layanan J&T yang memiliki keunggulan pada terjangkaunya biaya pengiriman. Anda dapat memilih menggunakan layanan J&T ini pada saat memerlukan pengiriman dalam jumlah banyak, namun anggaran Anda terbatas. Berikut pembahasan lengkap mengenai layanan tersebut. 

1. Transportasi dan Jangkauan Wilayah

Layanan J&T ini merupakan layanan pengiriman paket ekonomis dengan menggunakan armada transportasi darat. Layanan ini umumnya menyediakan pengiriman untuk di Pulau Jawa dan sekitarnya

Meskipun destinasi tujuan saat ini sudah ada di Sumatra, Kalimantan, Sulawesi dan Bali, namun jumlah ketersediaan drop point sangat terbatas. Layanan ini berbeda dengan J&T Express yang menggunakan transportasi darat dan udara. Sehingga jangkauan pengirimannya luas sampai ke seluruh wilayah Indonesia.

2. Biaya Pengiriman Paket

Layanan J&T Economy memberikan tarif pengiriman paket yang lebih rendah dibandingkan dengan layanan lainnya. Hal ini memang menjadi keunggulan dari layanan J&T ini.

Biaya pengiriman untuk 1 kg barang di sekitar Jakarta hanya Rp9.000,00. Sementara pengiriman dari Jakarta ke luar kota dikenakan biaya sebesar Rp10.000,00 tujuan ke Bandung, Rp14.000,00 tujuan ke Surabaya, dan Rp18.000,00 tujuan ke Medan. Biaya yang dibebankan cukup murah jika dibandingkan dengan layanan J&T Express.

Layanan J&T Express untuk 1 kg barang di sekitar Jakarta sebesar Rp10.000,00. Sementara pengiriman dari Jakarta ke beberapa kota besar dikenakan biaya Rp13.000,00 tujuan ke Bandung, Rp20.000,00 tujuan ke Surabaya, dan Rp22.500,00 tujuan ke Medan. 

Perbandingan biaya J&T Economy jauh lebih murah untuk pengiriman ke luar kota dibandingkan layanan J&T Express. Bagi Anda yang memerlukan pengiriman dengan biaya terjangkau, maka dapat menggunakan layanan J&T tersebut.

3. Lama Waktu Pengiriman

Lama waktu pengiriman merupakan salah satu faktor penting dalam menentukan layanan yang akan digunakan. Layanan J&T ini memiliki kecepatan pengiriman lebih lambat dibandingkan layanan lainnya. Anda dapat menggunakan layanan ini untuk mengirimkan barang yang tidak sensitif terhadap waktu.

Karena biaya yang murah, tentunya ada aspek yang dikorbankan dalam layanan ini, yaitu waktu pengiriman yang lebih lambat. Pada umumnya, lama waktu pengiriman layanan J&T ini kurang lebih sekitar 3-7 hari kerja tergantung tujuan pengiriman. 

Anda harus memperhatikan ketahanan barang yang akan dikirimkan menggunakan layanan ini. Karena lama waktu pengirimannya tergolong lambat. Jangan menggunakan layanan J&T Economy untuk mengirimkan bahan makanan dan makanan matang.

4. Berat Barang yang Dikirimkan

Dalam layanan J&T Ekonomi, ketentuan barang yang dikirimkan harus di bawah 50 kg. Anda tidak bisa mengirim lebih dari 50 kg dengan menggunakan layanan ini atau akan disarankan menggunakan layanan lainnya.

Oleh karena itu, Anda harus memperhatikan estimasi berat yang akan dikirimkan. Karena jika harus menggunakan layanan lainnya, maka anggaran biaya yang harus Anda keluarkan akan lebih besar dari perkiraan awal. 

Baca Juga: Status Paket Sudah Terkirim Namun Belum Diterima dan Solusinya

Sudah Tahukah Apa itu J&T Economy?

Layanan J&T Economy merupakan layanan dari J&T dengan biaya yang paling terjangkau. Layanan ini cocok bagi Anda untuk mengirimkan barang yang tidak sensitif terhadap waktu seperti alat properti, alat elektronik, dan peralatan sekolah. 

Harga pengiriman yang lebih terjangkau menjadi kelebihan layanan ini. Namun, harus ada aspek lain yang akan Anda korbankan yaitu waktu pengiriman yang relatif lama, berat pengiriman maksimal hanya 50 kg, dan jangkauan pengiriman hanya di sekitar Pulau Jawa. 

Punya

Ratusan / Ribuan

Kiriman Setiap Hari?

Satu platform, beragam layanan pengiriman dan logistik

Web Dashboard

Pergudangan & Pengemasan

Dilengkapi Kurir Instant

Plugin Pengiriman

Integrasi API Pengiriman

Mendukung beragam layanan pengiriman

GojekJNEJNTTIKI

Terintegrasi dengan channel marketplace

TokopediaLazadaTiktokShopee

Mau Pengiriman Jadi Jauh Lebih Efektif?

Dapatkan potongan harga untuk pengiriman lebih banyak, #kirimlebihbanyak bersama Biteship!