Pengertian, Tujuan, dan Jenis-Jenis Layout Gudang yang Efisien

Pengertian, Tujuan, dan Jenis-Jenis Layout Gudang yang Efisien
layout gudang

Tata letak atau layout gudang yang efisien adalah aset berharga bagi setiap pelaku bisnis. Khususnya bagi mereka yang bisnisnya sangat bergantung pada rantai pasokan yang lancar. Pasalnya, tata letak yang baik, dapat memberikan banyak manfaat bagi operasional bisnis.

Salah satunya adalah untuk meningkatkan produktivitas dan mengurangi biaya operasional. Jadi, sangat penting bagi Anda untuk memiliki gudang dengan tata letak yang tepat. Lantas, apa saja jenis-jenis tata letak gudang yang terbukti dapat efektif dan efisien untuk digunakan? Temukan informasi selengkapnya dalam artikel di bawah ini!

Pengertian dan Tujuan Layout Gudang

Pada dasarnya, tata letak gudang merupakan faktor krusial dalam sistem penyimpanan barang produksi. Dengan tata letak yang optimal, maka Anda akan merasa lebih mudah dalam mengorganisir barang operasional bisnis.

Menariknya lagi, layout gudang yang baik juga dapat membuat proses produksi maupun distribusi menjadi lebih efisien, apabila Anda menyusunnya dengan teliti.

Jadi, bisa dipahami bahwa tata letak gudang merupakan sistem yang dirancang dan digunakan untuk mengurangi biaya, dengan memaksimalkan pemanfaatan ruang serta penanganan bahan.

Sebenarnya, tujuan utama melakukan layout gudang adalah untuk mencapai efisiensi dan juga produktivitas yang lebih baik, dari segi penyimpanan, pengelolaan, serta pengiriman barang. Namun, terdapat sejumlah tujuan lain dalam membuat tata letak gudang yang efisien, antara lain.

  1. Meningkatkan efisiensi penyimpanan, sehingga proses penyimpanan barang dapat lebih efisien dan terorganisir dengan baik.
  2. Mempercepat alur kerja, karena layout gudang yang tepat akan mengurangi waktu pencarian barang, sekaligus dapat mempermudah akses ke barang yang dibutuhkan.
  3. Menurunkan biaya operasional, karena penggunaan ruang bisa lebih optimal dan juga dapat mengurangi waktu yang Anda butuhkan untuk mengurus barang.
  4. Meningkatkan keamanan di dalam gudang, sehingga dapat menurunkan risiko terjadinya kerusakan barang atau kecelakaan yang tidak diinginkan.
  5. Membantu proses pengawasan dan manajemen, karena bisa dilakukan dengan lebih mudah dan efektif.

Baca Juga: Apa Itu Hoist, Jenis dan Manfaatnya untuk Pergudangan

Jenis-Jenis Layout Gudang yang Sering Digunakan

Terdapat beberapa jenis layout gudang yang paling sering digunakan oleh bisnis skala menengah hingga besar. Berikut ini adalah penjelasan mengenai tata letak gudang tersebut.

1. Dedicated Storage atau Penyimpanan Tetap

Dedicated storage adalah tata letak gudang yang sudah ditetapkan titik-titik penyimpanannya secara khusus untuk setiap barang. Sebagai contoh, lokasi gudang A, khusus untuk barang A, dan begitu seterusnya.

Adapun bagi Anda yang ingin menerapkan jenis layout gudang ini, maka pastikan terlebih dahulu bahwa Anda sudah mengetahui luas area gudang. Hal inilah yang akan membantu Anda dalam menentukan seberapa banyak area yang dibutuhkan untuk penyimpanan berbagai jenis barang.

Selain itu, usahakan juga untuk menggunakan area gudang secara maksimal. Tujuannya sudah pasti untuk menghemat biaya penanganan.

2. Randomized Storage

Randomized storage adalah layout gudang yang bersifat relatif random, sehingga ada potensi penyimpanan barang-barang menjadi kurang teratur. Artinya, akan ada kemungkinan terjadinya perpindahan tata letak penyimpanan barang dari titik A ke titik B, begitupun sebaliknya.

Umumnya, jenis penyimpanan yang satu ini cenderung hanya memperhatikan jarak terdekat dengan lokasi pengambilan. Jadi, sebenarnya tata letak gudang seperti ini kurang efektif untuk dilakukan.

Pasalnya, perpindahan lokasi barang yang tidak teratur, akan membuat karyawan kesulitan saat akan memindahkan barang. Bukan hanya itu saja, jenis randomize storage ini juga dianggap kurang baik dari segi keamanan. Oleh karena itu, tidak heran jika metode ini cukup jarang digunakan.

3. Class Based Dedicated Storage

Jenis layout gudang yang satu ini sekilas memang menyerupai jenis tata letak dedicated storage. Hanya saja terdapat sedikit perbedaan, yaitu pada pembagian klasifikasi berdasarkan parameter tertentu.

Dengan kata lain, pembagian lokasi penyimpanan tidak harus dilakukan berdasarkan pada satu macam barang secara khusus. Akan tetapi, bisa dilakukan dengan cara meninjau klasifikasi barang-barang yang ada di dalam gudang.

Oleh karena itu, tidak menutup kemungkinan Anda dapat menyimpan beberapa jenis barang dalam satu tempat, tetapi tetap memperhatikan kelasnya. Jadi, bisa dikatakan bahwa metode penyimpanan ini cenderung lebih memberikan keleluasaan bagi pengelola gudang.

Dengan menggunakan tata letak gudang seperti ini, maka sistem transportasi barang keluar dan masuk akan lebih efektif.

4. Shared Storage

Jenis layout gudang yang terakhir adalah shared storage. Pada dasarnya, tata letak gudang yang satu ini bertujuan untuk mengurangi kebutuhan ruang penyimpanan barang. 

Jadi, tidak heran jika salah satu kelebihan jenis shared storage adalah dapat menjadi sistem pemindahan barang yang lebih terstruktur dan efisien secara waktu.

Biasanya, jenis tata letak ini kerap menjadi jalan keluar bagi para pelaku bisnis untuk mengurangi kebutuhan terhadap ruang penyimpanan. Oleh karena itulah, Anda harus menentukan barang secara teliti terhadap ruang yang digunakan.

Baca juga: Apa Itu Konveyor dan Fungsinya Dalam Industri dan Gudang?

Prinsip Dasar Layout Gudang

Adapun berbagai prinsip dasar tata letak gudang yang penting untuk Anda ketahui adalah sebagai berikut.

1. Memperhatikan Keamanan Barang di Gudang

Sebenarnya, hampir seluruh kegiatan pergudangan sangat bergantung pada layout gudang. Misalnya, seperti kegiatan di tempat penyimpanan, tempat parkir kendaraan pengangkut, hingga tempat pemeliharaan gudang.

Oleh karena itu, keamanan menjadi prinsip utama yang harus Anda penuhi dalam merencanakan tata letak gudang. Selain itu, pastikan juga seluruh produk, alat, dan barang di gudang tetap aman dari kerusakan dan kehilangan.

2. Memastikan agar Barang Mudah Dicari

Prinsip dasar selanjutnya adalah memastikan bahwa barang yang disimpan mudah untuk Anda cari. Dengan begitu, pencarian barang dapat lebih optimal dan menghemat waktu.

Hal ini juga akan memudahkan alur kerja di dalam gudang. Misalnya, saat ada banyak pesanan masuk dengan berbagai produk berbeda. Dengan tata letak gudang yang baik, maka hal tersebut dapat membuat karyawan lebih cepat dalam mencari dan menyusun produk.

Bahkan, kemudahan mencari barang juga dapat membantu proses identifikasi barang dan pemeliharaan secara optimal.

3. Memastikan Barang Mudah Dijangkau

Terakhir, Anda juga harus memastikan bahwa barang yang disimpan dalam gudang tersebut, mudah dijangkau karyawan. Kemudahan menjangkau barang ini sangat penting dalam proses penyimpanan dan pengambilan barang.

Maka dari itu, posisi dan lokasi rak harus disesuaikan dengan kebutuhan aktivitas di gudang. Dengan begitu, maka karyawan dapat mengambil barang tanpa mengganggu letak barang lain.

Yuk, Rancang Layout Gudang Anda dengan Seefektif Mungkin!

Dari penjelasan di atas, bisa Anda pahami bahwa merencanakan tata letak gudang penyimpanan barang dengan tepat, akan sangat berpengaruh terhadap kegiatan di dalam gudang itu sendiri. Jadi, pastikan Anda telah merancang layout gudang dengan efektif, agar kinerja karyawan bisa lebih efisien, ya.

Punya

Ratusan / Ribuan

Kiriman Setiap Hari?

Satu platform, beragam layanan pengiriman dan logistik

Web Dashboard

Pergudangan & Pengemasan

Dilengkapi Kurir Instant

Plugin Pengiriman

Integrasi API Pengiriman

Mendukung beragam layanan pengiriman

GojekJNEJNTTIKI

Terintegrasi dengan channel marketplace

TokopediaLazadaTiktokShopee

Mau Pengiriman Jadi Jauh Lebih Efektif?

Dapatkan potongan harga untuk pengiriman lebih banyak, #kirimlebihbanyak bersama Biteship!