3 Jasa Kurir Terbesar di Indonesia beserta Produk Layanannya

Beberapa tahun terakhir terutama sejak pandemi melanda dan mengharuskan masyarakat untuk berdiam diri di rumah, pengiriman barang menggunakan jasa kurir kiat meningkat. Peningkatan ini sejalan dengan bermunculannya perusahaan ekspedisi untuk memenuhi kebutuhan pasar.

Di Indonesia sendiri, ada banyak sekali jasa pengiriman barang yang siap untuk mengantarkan paket antar kota, antar provinsi, hingga antar negera. Adapun 3 jasa kurir terbesar yang dikenal di Indonesia adalah TIKI, JNE, dan J&T. Seperti apa layanan yang ditawarkannya?

3 Jasa Kurir Terbesar di Indonesia Beserta Layanannya

Dilansir dari berbagai sumber, Soeprapto Soeparno selaku pemilik perusahaan PT. Citra van Titipan Kilat (TIKI) dan PT. TIKI Jalur Nugraha Ekakurir (JNE) merupakan bos dari dua jasa ekspedisi terbesar di Indonesia.

Selain itu, PT. Global Jet Express atau J&T Express yang dimiliki oleh Jet Lee juga masuk sebagai salah satu perusahaan ekspedisi dan logistik yang terbesar di tanah air. Seperti apa saja layanan yang mereka tawarkan untuk memberikan pelayanan pada konsumen yang ingin mengirimkan barangnya?

TIKI

TIKI termasuk salah satu jasa ekspedisi yang tertua di Indonesia, di mana perusahaan ini sudah didirikan sejak tahun 1970 dan masih eksis hingga sekarang. Ada beberapa tipe layanan yang ditawarkan oleh jasa kurir TIKI antara lain:

  • Economy Service (ECO): ECO adalah layanan pengiriman paket super hemat yang ditawarkan oleh TIKI. Dengan menggunakan paket pengiriman ini, diharapkan masyarakat dari seluruh lapisan ekonomi dapat mengirimkan barangnya dengan ongkos kirim yang bersahabat.
  • Regular Service (REG): REG memberikan pelayanan pengiriman barang yang tiba di tujuan antara 3 hingga 4 hari lamanya. 

Harga yang ditawarkan sebanding dengan estimasi kedatangan barangnya. Tidak heran layanan ini menjadi salah satu yang paling banyak digunakan oleh masyarakat pengguna jasa TIKI.

  • Two Days Service (TDS): TDS merupakan layanan yang mengirimkan barang dengan estimasi kedatangan barang lebih cepat dari dua layanan sebelumnya yakni hanya 2 hari saja.
  • One Night Service (ONS): Tersedia juga layanan ONS yang mengirimkan barang Anda dengan sangat cepat dengan estimasi kedatangan 24 jam saja. Layanan ini biasanya digunakan untuk mengirimkan dokumen penting atau makanan.
  • Layanan Lainnya: Masih ada lagi layanan pengiriman menggunakan jasa TIKI lainnya yakni Holiday Delivery Service (HDS) yang akan tetap mengirimkan paket Anda meskipun hari libur. 

Same Day Service (SDS) untuk pengiriman super kilat di mana estimasi kedatangan di hari yang sama dengan pengiriman.

Ada juga Trucking Service (TRC) apabila Anda mengirimkan paket yang beratnya lebih dari 10 kg. Layanan jasa lainnya yang ditawarkan oleh TIKI adalah JEMPOL yakni jasa penjemputan online gratis.

JNE

JNE berdiri di tahun 1990 ketika owner perusahaan TIKI, Soeprapto Soeparno ingin mengembangkan bisnisnya untuk jaringan internasional. Hingga saat ini, JNE memiliki 1500 titik pelayanan di Indonesia. Di bawah ini adalah produk layanan JNE:

  • Super Speed: Layanan ini merupakan layanan tercepat yang ditawarkan oleh JNE. Estimasi kedatangan barang yang dikirimkan tidak lebih dari 24 jam dan apabila waktu tersebut tidak terpenuhi maka pihak JNE akan mengembalikan ongkos kirim secara penuh pada konsumen.
  • YES: JNE YES merupakan kependekan dari layanan JNE Yakin Esok Sampai. Agar dapat sampai di tujuan tepat waktu yakni keesokan harinya, syarat pengiriman paket adalah tidak lewat dari pukul 12.00 siang.
  • REG: Layanan ini menerima pengiriman ke berbagai daerah di seluruh tanah air. Estimasi kedatangan paket antara 1 hingga 7 hari. Cepat atau lambatnya paket sampai ke tujuan tentu tergantung dari jarak tempuhnya.
  • OKE: JNE OKE merupakan kependekan dari JNE Ongkos Kirim Ekonomis. Dengan harga yang ekonomis, Anda dapat mengirimkan paket ke seluruh Indonesia dengan estimasi kedatangan yang tidak jauh berbeda dengan JNE REG.
  • JTR: Untuk Anda yang berniat untuk mengirimkan paket berukuran besar dan berat, tersedia layanan JNE Trucking yang menawarkan ongkos kirim bersahabat.

J&T

Layanan jasa kurir yang akan dibahas dalam artikel ini adalah J&T yang merupakan perusahaan ekspedisi multinasional. J&T beroperasi tidak hanya di Indonesia tapi juga di Malaysia, Thailand, Singapura dan negara Asia Tenggara lainnya.

Layanan yang ditawarkan J&T antara lain:

  • Reguler: Mengcover semua area pengiriman termasuk wilayah terpencil sekalipun dengan estimasi kedatangan paket antara 2 hingga 3 hari.
  • J&T ECO: Estimasi waktu pengiriman barang antara 5 hingga 15 hari meliputi pulau Jawa, Kalimantan, Bali, Sumatera dan Sulawesi.
  • J&T Super: J&T Super ini berlaku untuk pengiriman di daerah Jabodetabek di mana paket yang Anda kirimkan akan tiba di hari yang sama.

Jasa kurir atau jasa ekspedisi adalah perusahaan yang bergerak dan berfokus dalam bidang pengiriman barang atau logistik. Bisa dilihat dari ketiga jasa ekspedisi terbesar di Indonesia di atas bahwa dengan pengembangan bisnis yang fokus maka bisnis jasa ekspedisi bisa berkembang dengan sangat baik.

Punya

Ratusan / Ribuan

Kiriman Setiap Hari?

Satu platform, beragam layanan pengiriman dan logistik

Web Dashboard

Pergudangan & Pengemasan

Dilengkapi Kurir Instant

Plugin Pengiriman

Integrasi API Pengiriman

Mendukung beragam layanan pengiriman

GojekJNEJNTTIKI

Terintegrasi dengan channel marketplace

TokopediaLazadaTiktokShopee

Mau Pengiriman Jadi Jauh Lebih Efektif?

Dapatkan potongan harga untuk pengiriman lebih banyak, #kirimlebihbanyak bersama Biteship!