Pengertian, Manfaat, dan Tips Work Life Balance

Pengertian, Manfaat, dan Tips Work Life Balance

Saat ini, work life balance sedang digemborkan oleh kaum milenial. Hal ini karena memang manfaatnya yang sangat bagus untuk kesehatan tubuh dan mental para pekerja yang saat ini mulai sangat mengkhawatirkan. Pada artikel berikut akan dibahas pengertian, manfaat, hingga tips work life balance yang perlu Anda ketahui. 

Pengertian Work Life Balance

Work-life balance ini berasal dari bahasa Inggris yaitu “work” berarti bekerja, “life” berarti hidup, dan “balance” berarti keseimbangan. Dari semua arti tersebut bisa diketahui bahwa work life balance berarti kemampuan seseorang dalam menyeimbangkan antara pekerjaannya dengan kehidupan pribadinya. 

Berdasarkan pendapat dari Hudson bahwa ada beberapa aspek dari pola hidup ini salah satunya adalah keseimbangan waktu. Maksudnya adalah para pekerja memiliki manajemen waktu yang baik sehingga tidak kesulitan dalam menyeimbangkan pekerjaan dengan kehidupan diluar pekerjaan seperti bertemu keluarga atau me time. 

Selain itu, pada pola hidup ini juga menitikberatkan pada keseimbangan kepuasan para pekerja. Maksudnya yaitu kepuasan dan kenyamanan akan setiap aktivitas pekerjaan yang dilakukan sehingga bisa terhindar dari stres atau penyakit mental. 

Faktor Work Life Balance

Ada cukup banyak faktor yang bisa mempengaruhi pola hidup ini, antara lain:

1. Lingkungan Kerja

Hal pertama yang bisa mempengaruhi efektif atau tidaknya sistem ini yaitu lingkungan kerja. Lingkungan kerja yang positif biasanya akan sangat mendukung terbentuknya sistem kerja yang kondusif dan tercapainya sistem ini.

2. Mental Pelaku

Hal yang mempengaruhi work life balance juga adalah mental dari pelakunya. Maksudnya adalah jika pelakunya memiliki manajemen yang baik dalam diri dan mau melakukan sistem ini dalam hidupnya, maka kemungkinan akan berhasil untuk diterapkan, begitupun sebaliknya. 

Manfaat Work Life Balance

Untuk lebih jelasnya mengenai penjelasannya diatas. Berikut beberapa manfaat work life balance, yaitu:

1. Lebih Sehat

Manfaat pertama dari menerapkan pola hidup ini yaitu lebih sehat atau terhindar dari berbagai penyakit. Hal ini karena pola hidup tersebut bisa meningkatkan kebahagiaan bagi kepada pelakunya. 

Seseorang yang bahagia, tentu saja akan membuatnya lebih positif dan optimis sehingga bisa meningkatkan imun tubuh dan melindunginya dari berbagai jenis serangan penyakit. Terutama dalam hal ini adalah penyakit mental yang merupakan salah satu jenis penyakit yang banyak dialami berbagai kalangan sekarang. 

Ini memungkinkan juga karena orang yang memilih pola hidup tersebut biasanya tidak akan tertekan dengan pekerjaan. Sehingga dia juga akan memiliki cukup banyak waktu untuk menjaga kesehatannya.

2. Meningkatkan Performa

Kelebihan dari work life balance selanjutnya yaitu bisa meningkatkan performa. Adapun performa yang dimaksud yaitu kemampuan dalam bekerja seperti akan memunculkan inovasi-inovasi baru untuk meningkatkan kinerja dari perusahaan. Atau dengan kata lain, pola hidup ini akan meningkatkan produktivitas Anda. 

3. Lebih Fokus dalam Bekerja

Dalam pola hidup ini Anda bisa mengatur antara jadwal kerja dengan melakukan rutinitas pribadi. Hal ini akan sangat bermanfaat dalam membuat Anda lebih fokus dalam bekerja karena setiap waktu yang Anda jalankan sudah tertata rapi. 

Anda juga tidak perlu lagi memikirkan atau mengkhawatirkan secara berlebihan mengenai kondisi dari keluarga Anda. 

4. Mengurangi Jenuh dan Stress

Kelebihan dari pola hidup ini berikutnya adalah bisa mengurangi jenuh dan stres terhadap pekerjaan. Hal ini karena waktu bekerja sudah diatur sehingga tidak akan mengambil waktu Anda secara berlebihan yang malah akan meningkatkan risiko stres.

Malah sebaliknya, waktu kerja menjadi lebih cukup dan setelah bekerja Anda bisa melakukan apapun yang diinginkan. Misalnya melakukan hobi yang bisa meningkatkan kesehatan pikiran dan mengurangi jenuh selama bekerja. 

Tips Work Life Balance

Ada beberapa tips yang bisa diberikan dalam menerapkan sistem ini yaitu:

1. Mulai Membuat Plan 

Menerapkan pola hidup ini tentunya membutuhkan perencanaan yang baik. Untuk itulah, Anda perlu mulai membuat perencanaan terkait dengan apa saja yang akan dilakukan.

Dalam hal ini setiap rencana tersebut tentunya harus seimbang sehingga bisa tercapainya work life balance. Mungkin Anda bisa memberikan waktu berapa lama Anda melakukan hal tersebut pada perencanaan. 

2. Menambahkan Hobi dalam Rencana

Dalam menerapkan pola ini, sebaiknya Anda menambahkan hobi sebagai salah satu rencana kegiatan setiap minggunya. Hal ini penting, karena mengerjakan hobi bisa menyegarkan pikiran dan membuat bahagia. 

Selain itu, dengan menambahkan hobi dalam rencana pola hidup ini juga akan meningkatkan semangat dalam menerapkannya. Beberapa hobi yang mungkin bisa Anda tambahkan adalah bermain futsal, melukis, dan sebagainya.

3. Tambahkan Rencana untuk Family Time

Work life balance memiliki kemungkinan berhasil jika Anda menambahkan rencana menghabiskan waktu bersama orang tercinta. Menghabiskan waktu bersama orang tersayang terbukti bisa meningkatkan kesehatan mental dan menyegarkan pikiran setelah bekerja. 

Untuk itulah, jika ingin sistem ini berhasil dalam hidup Anda. Sebaiknya selalu tambahkan waktu bersama orang tersayang di dalamnya. 

4. Mulai Menerapkan

Sebuah rencana tidak akan bisa berhasil jika tidak ada penerapan. Untuk itulah jika Anda sudah membuat jadwal atau rencana pola hidup setiap harinya, sebaiknya langsung diterapkan. Mungkin Anda bisa mulai dengan satu minggu terlebih dahulu karena biasanya ini akan sulit. 

Apalagi jika awalnya Anda memiliki pola pekerjaan yang super sibuk dan tidak teratur, maka pasti dalam menerapkan pola hidup ini akan sulit pada awalnya. Untuk itulah Anda mulai sedikit demi sedikit hingga menjadi kebiasaan.

5. Berani Mengambil Risiko

Tips lainnya yaitu berani mengambil risiko. Maksudnya adalah Anda berani untuk mengurangi waktu kerja Anda yang mungkin juga akan mengurangi penghasilan Anda nantinya. 

Tanpa keberanian mengambil risiko ini, pola hidup ini tidak akan pernah bisa Anda terapkan. Hal ini karena untuk mendapatkan sesuatu yang baik, Anda harus berani kehilangan sedikit yang dalam hal ini adalah waktu kerja dan mungkin penghasilan.

Sudah Tahu Work Life Balance?

Setelah Anda mengetahui pengertian sampai tips penerapannya tersebut, bisa langsung terapkan sendiri dalam kehidupan sehari-hari. Dalam menerapkan pola hidup ini awalnya memang sulit, namun perlahan tapi pasti Anda pasti bisa melakukannya. 

Punya

Ratusan / Ribuan

Kiriman Setiap Hari?

Satu platform, beragam layanan pengiriman dan logistik

Web Dashboard

Pergudangan & Pengemasan

Dilengkapi Kurir Instant

Plugin Pengiriman

Integrasi API Pengiriman

Mendukung beragam layanan pengiriman

GojekJNEJNTTIKI

Terintegrasi dengan channel marketplace

TokopediaLazadaTiktokShopee

Mau Pengiriman Jadi Jauh Lebih Efektif?

Dapatkan potongan harga untuk pengiriman lebih banyak, #kirimlebihbanyak bersama Biteship!