Panduan Lengkap Membuat Konten Website yang Menarik untuk Pemula

Panduan Lengkap Membuat Konten Website yang Menarik untuk Pemula

Banyak yang harus dipertimbangkan ketika akan membuat konten website yang menarik. Disamping memikirkan mengenai hal-hal teknis seperti platform website, menentukan niche dan menentukan nama domain yang tepat.

Konten menjadi senjata yang cukup efektif untuk meraih kesuksesan bagi sebuah website. Maka dari itu, untuk membuat konten ini membutuhkan waktu yang tidak sebentar karena harus memikirkan mengenai banyak hal yang perlu dan tidak perlu ditulis. Lantas, bagaimana cara membuatnya?

Hal-Hal yang Perlu Dipersiapkan Sebelum Membuat Konten

Membuat konten yang baik tidak hanya bisa membangung merek yang kuat, namun juga bisa mengoptimalkan konten pada mesin telusur agar bisa mendapatkan lebih banyak lalu lintas.

Sebelum membuat konten yang berkualitas, terdapat beberapa hal penting yang harus diperhatikan, diantaranya yaitu:

1. Menentukan Tujuan dari Website

Pada saat membuat konten website, maka Anda harus mengetahui alasan mengapa harus membuat atau menulis konten tersebut. Dengan mengetahui tujuan dari website sejak awal, maka bisa membantu dalam membuat konten yang berkualitas.

Jadi paling tidak, ketahui siapa target audiens yang dituju dari pembuatan konten tersebut, sehingga bisa mempermudah dalam proses pembuatannya agar tujuan website bisa tercapai dengan lebih mudah.

2. Kenali Audiens yang Akan Dituju

Untuk membuat konten yang menarik dan bisa mengundang lebih banyak klik. Pastikan bahwa Anda mengenali dengan baik target audiens dari konten tersebut. Mencari tahu kriteria audiens yang akan dituju bisa mempermudah pembaca untuk mengambil sudut pandang dari sisi pembaca.

Biasanya audiens menggunakan mesin pencarian untuk mencari tahu solusi dari suatu permasalahan. Untuk itu pastikan tema yang diangkat berasal dari permasalahan yang kerap kali dihadapi oleh banyak orang saat ini.

Agar bisa diperoleh hasil yang lebih akurat, maka Anda bisa melakukan riset terlebih dahulu dengan menggunakan Google Analytics.

3. Melakukan Riset Konten Website Milik Pesaing

Melakukan riset terhadap konten yang ditulis oleh website pesaing, berguna untuk mencari tahu gambaran mengenai hal-hal yang bisa dilakukan untuk selanjutnya. Cari tahu topik apa yang sedang banyak dicari tahu oleh audiens melalui situs pesaing.

Kemudian bandingkan dengan situs yang Anda miliki, kenali apa saja perbedaan dari keduanya. Pembaca juga bisa menjadi indikator untuk mengidentifikasi tren yang sekarang ini sedang berkembang, hal ini juga menjadi pedoman bagaimana cara pesaing mengangkat tren tersebut.

Konten yang berkualitas merupakan konten yang dibuat secara menyeluruh, riset yang dilakukan terhadap pesaing ini bisa menjadi cara terbaik untuk mempelajari cara membuat sebuah konten yang akan ditulis.

Baca Juga: 8 Cara Meningkatkan Traffic Website Paling Efektif

Cara Membuat Konten Website yang Menarik

Setelah menyiapkan berbagai hal yang sudah disebutkan sebelumnya, Anda bisa mengikuti langkah-langkah di bawah ini untuk membuat konten yang menarik. Dengan persiapan yang matang dan topik yang tepat, website yang Anda miliki akan mendapatkan banyak pengunjung.

1. Membuat Konten Website yang Berkualitas

Langkah awal membuat konten di website yang menarik yaitu dengan mencari inspirasi berupa topik yang berkualitas. Tidak hanya memperhatikan tren yang sedang berkembang saja, namun Anda juga harus membuat konten yang sifatnya positif dan informatif.

Konten yang bisa memberikan ide baru dan pengetahuan kepada audiens sekarang ini lebih banyak diminati. Dengan demikian, maka bisa membuat website Anda ramai oleh pengunjung.

Selain itu, Anda juga bisa menambahkan topik yang sifatnya menghibur. Jadi tidak hanya mendapatkan pengetahuan dan informasi, namun konten tersebut juga bisa menjadi hiburan pada saat bosan.

2. Memudahkan Pembaca Memahami Isi Konten

Ketika membuat konten, Anda juga harus memikirkan dari sisi pembaca. Apakah konten yang dibuat bisa dipahami dengan mudah atau tidak.

Dalam hal ini yaitu mengenai pemilihan kata yang digunakan, tata letak pada setiap bagian website seperti bagian judul, sub judul serta numbering harus pada posisi yang jelas.

3. Menulis Konten Secara Singkat, Jelas, dan Padat

Buatlah isi konten website yang singkat, jelas dan padat. Hindari penggunaan kalimat yang bertele-tele dalam sebuah konten. Di sini pembaca hanya perlu fokus pada penggunaan kata kerja dan benda.

Selain itu, juga perhatikan mengenai penggunaan EYD sebab kesalahan yang paling sering dijumpai yaitu penulisan EYD yang tidak sesuai dengan aturan.

4. Hindari Plagiarisme pada Pembuatan Konten

Hal penting yang wajib diperhatikan yaitu pastika ketika Anda menggunakan data yang diambil dari sebuah website, maka penting sekali untuk mencantumkan sumber referensi tersebut.

Anda juga bisa melakukan paraphrase pada kalimat atau kata yang digunakan agar tidak sama. Untuk memastikan konten yang dibuat apakah terdapat plagiarisme dengan konten lainnya, maka bisa lakukan pengecekan dengan memanfaatkan berbagai jenis tools anti plagiarisme.

5. Menambahkan Media Berupa Gambar atau Video

Sebagai tambahan agar konten website yang dibuat bisa menarik yaitu Anda bisa menambahkan media di dalamnya baik itu berupa video atau gambar.

Adanya media di dalam konten tentu bisa menjadi daya tarik tersendiri, karena bisa membuat konten tampak lebih hidup dan tidak membosankan.

Penambahan media pada konten juga bisa mempermudah audiens untuk memahami dan membayangkan isi dari tulisan tersebut. Selain itu, penggunaan visual juga bisa membantu audiens untuk mengingat konten tersebut.

Baca Juga: 7 Tampilan Toko Online dari Website Inspiratif Terbaik

Cara Mengoptimasi Konten-Konten yang Dibuat

Optimasi konten ini sangat dibutuhkan, tujuannya yaitu agar bisa mendapatkan audiens yang setia. Selain itu, juga bisa mempertahankan traffic website untuk menjaga jumlah audiens yang dimiliki. Untuk itu, agar website Anda bisa berfungsi secara maksimal maka bisa ikuti cara-cara berikut:

Melakukan Optimasi pada Mesin Pencarian

Walaupun tujuan dari pembuatan konten ini agar bisa dibaca oleh manusia, namun Anda juga harus memastikan bahwa konten yang dibuat ramah bagi mesin pencari.

Dengan demikian, maka bisa membuat website Anda berada pada peringkat paling atas sehingga memiliki potensi yang tinggi dikunjungi oleh banyak orang.

Cara untuk melakukan optimasi pada mesin pencarian, yaitu bisa dengan menerapkan hal-hal berikut ini:

  • Menggunakan kata kunci yang tepat.
  • Sebar kata kunci secara menyeluruh dan sewajarnya.
  • Sisipkan juga link internal dan eksternal.
  • Gunakan alamat URL yang sederhana.
  • Optimasi konten visual agar lebih menarik.

Baca Juga: Cara Membuat Instagram Bisnis dan Tips Berjualan

Lakukan Update Konten Website Secara Berkala

Sekarang ini tren semakin mengalami perkembangan, sama halnya dengan konten yang harus dilakukan pembaharuan secara berkala agar tidak using. Apabila Anda tidak berhati-hati maka bisa jadi halaman website Anda yang awalnya berada pada peringkat paling atas akan menurun.

Agar fungsi website bisa tetap terjaga dengan baik, maka penting sekali untuk melakukan update secara berkala dan pastikan bahwa konten yang dibuat berkinerja dengan baik. Jika perlu lakukan perubahan format konten agar tampilan konten di website menjadi lebih segar.

Cara membuat konten website di atas bisa Anda terapkan untuk memaksimalkan kegiatan marketing dalam bisnis. Sedangkan untuk kebutuhan pengiriman barang, Anda bisa memanfaatkan Biteship sebagai layanan logistik yang sudah terintegrasi dengan lebih dari 30 kurir di Indonesia.

Punya

Ratusan / Ribuan

Kiriman Setiap Hari?

Satu platform, beragam layanan pengiriman dan logistik

Web Dashboard

Pergudangan & Pengemasan

Dilengkapi Kurir Instant

Plugin Pengiriman

Integrasi API Pengiriman

Mendukung beragam layanan pengiriman

GojekJNEJNTTIKI

Terintegrasi dengan channel marketplace

TokopediaLazadaTiktokShopee

Mau Pengiriman Jadi Jauh Lebih Efektif?

Dapatkan potongan harga untuk pengiriman lebih banyak, #kirimlebihbanyak bersama Biteship!