Aplikasi Belanja Online: Rekomendasi Aplikasi Luar Negeri Terbaik

Aplikasi Belanja Online: Rekomendasi Aplikasi Luar Negeri Terbaik
Aplikasi belanja online

Berbelanja melalui aplikasi belanja online memang sedang menjadi tren jual beli hari ini. Berbelanja di aplikasi marketplace lebih disukai masyarakat ketimbang berbelanja di toko offline karena bisa dilakukan bahkan dari rumah, harga lebih kompetitif dan pilihan barang beragam. 

Dari sekian banyak aplikasi marketplace yang beredar hari ini, beberapa aplikasi tersebut merupakan aplikasi belanja online terbaik yang bisa digunakan untuk jual beli hingga ke luar negeri. Aplikasi yang mempertemukan pembeli dan penjual dari berbagai negara ini bisa digunakan sebagai sarana bisnis. 

Perbedaan 3 Jenis Aplikasi Belanja Online 

Bagi mereka yang masih asing dengan istilah belanja online, pertanyaan pertama yang muncul mungkin adalah jelaskan apa yang dimaksud dengan belanja online? Belanja online atau belanja daring merupakan kegiatan jual beli barang dan jasa melalui internet. 

Melihat pengertian tersebut, maka setidaknya ada 3 istilah belanja online yang dikenal hari ini yaitu marketplace, online shop dan e-commerce. Berikut pengertian ketiga metode belanja online:

1. Online Shop

Toko online atau online shop merupakan metode belanja online yang dioperasikan oleh satu orang atau satu perusahaan saja. Pemilik bisnis  mengoperasikan toko online atas nama perusahaannya dan menjual produk atau barangnya secara langsung ke pembeli. 

Toko online bisa dioperasikan melalui sosial media seperti Facebook, Instagram, Line, WhatsApp, dan sebagainya. Pembeli langsung mengontak penjual melalui toko online tersebut.

2. Marketplace

Marketplace merupakan platform yang mempertemukan antara penjual dan pembeli tanpa harus bertemu secara fisik. Tidak hanya mempertemukan penjual yang menawarkan barang, Anda juga bisa menemukan layanan jasa di marketplace. 

Perusahaan pemilik marketplace menyediakan tempat bagi banyak penjual yang ingin menawarkan produk dan jasanya. Perusahaan marketplace memperoleh keuntungan dari setiap komisi penjualan. Aplikasi belanja online banyak yang berbentuk marketplace.

3. E-commerce 

E-commerce sedikit berbeda dengan marketplace karena jasa atau produk yang ditawarkan di website tersebut hanya berasal dari pengelola website itu sendiri. Website e-commerce tidak membuka tempat bagi penyedia jasa atau pedagang lain untuk menjajakan produk atau jasa mereka.

Baca Juga: Perdagangan Internasional: Pengertian, Tujuan, dan Manfaatnya

Daftar Aplikasi Belanja Online Luar Negeri Terbaik

Saat ini adalah banyak aplikasi belanja online luar negeri yang bebas diakses siapa saja dari negara manapun termasuk Indonesia. Berbagai aplikasi tersebut memiliki kelebihan dan juga kekurangannya masing-masing. Fasilitas yang tersedia di dalamnya juga sangat mendukung kegiatan transaksi.

1. Banggood

Aplikasi Banggood adalah aplikasi jual beli online asal Negeri Tirai Bambu yang menawarkan ragam produk kekinian mulai dari fashion, kosmetik hingga produk rumah tangga. Produk yang paling terkenal dijual Banggood adalah produk elektroniknya seperti smartphone, HP, televisi, dan sebagainya.

Keunikan Banggood dibandingkan aplikasi belanja online antar negara yang lain adalah situs ini melayani jual beli secara COD atau cash on delivery. 

Tidak hanya untuk membeli barang dari luar negeri, platform Banggood juga bisa Anda manfaatkan untuk membuka toko dan berjualan produk. Dengan bantuan platform ini, Anda dapat memperluas pasar hingga ke mancanegara.

2. Gearbest Online Shopping

Gearbest adalah aplikasi jual beli online yang di dalamnya menawarkan berbagai perlengkapan seperti gadget dan juga aksesoris berkualitas. Anda bisa menemukan ragam perlengkapan seperti aksesoris dan juga smartphone dari berbagai merk di aplikasi ini. 

Kelebihan Gearbest Online Shopping adalah harga barang yang dijual di platform ini tergolong murah dan terjangkau untuk budget Anda. Tidak hanya barang murah, Anda juga bisa menemukan ragam produk eksklusif yang dijual di Gearbest Online Shopping. 

Metode pembayaran yang disediakan di aplikasi Gearbest juga beragam seperti Visa, Paypal, Discover, American Express dan lainnya sehingga memudahkan transaksi antar negara.

3. Amazon

Amazon adalah software belanja online luar negeri yang sangat populer asal Amerika Serikat. Aplikasi ini sudah digunakan oleh banyak orang di berbagai negara. Oleh karena itu Amazon bisa dikatakan merupakan pilihan tempat jual beli yang sangat menjanjikan bagi banyak orang. 

Kelebihan aplikasi Amazon adalah situs marketplace ini menawarkan fasilitas gratis ongkir atau free shipping dengan syarat dan ketentuan berlaku. 

Anda bisa belanja online apa saja di Amazon seperti produk otomotif, barang elektronik, hingga peralatan rumah tangga. Amazon dilengkapi oleh fitur mumpuni seperti fitur kamera dan scan QR untuk mencari produk tertentu.

4. eBay

Platform eBay adalah platform transaksi jual beli yang juga cukup populer. Platform satu ini banyak digunakan oleh pedagang dan juga konsumen dari berbagai negara untuk menawarkan produknya. 

Kelebihan platform eBay adalah marketplace ini hanya meminta biaya admin yang cukup rendah sehingga disukai oleh para penjual. Maksimal biaya admin di platform eBay hanya sebesar 12% saja dari harga produk atau jasa yang berhasil terjual. 

Jika ada yang bertanya mengenai tempat belanja online paling murah dimana? Maka eBay masuk ke dalam daftar tempat belanja termurah karena website ini sebenarnya adalah situs lelang. 

Kebanyakan penjual di dalamnya menawarkan barang-barang bekas atau second yang harganya jauh lebih murah dibandingkan harga pasaran.

Baca Juga: 5 Toko Online Terkemuka di Indonesia dan Rahasia Kesuksesannya

5. GeekBuying

Geekbuying merupakan salah satu website marketplace asal China yang didirikan pertama kali di tahun 2012. Anda bisa membeli beragam barang terutama barang elektronik seperti gadget asal China dengan harga terjangkau di Geekbuying. 

Kelebihan platform ini selain bisa untuk membeli barang elektronik murah juga bisa memesan gadget eksklusif yang belum ada di pasar umum.

6. AliExpress 

Aplikasi belanja online AliExpress berasal dari China dan masuk ke dalam grup usaha Alibaba. Marketplace Alibaba kebanyakan menjual barang asal Negeri Tirai Bambu dan melayani ekspedisi ke berbagai negara termasuk Indonesia. 

Saat ini, AliExpress banyak digunakan oleh pebisnis Indonesia untuk memperluas jaringan bisnis hingga ke luar negeri. 

Kelebihan AliExpress selain jaringannya yang sangat luas dengan jumlah pengguna besar, platform ini juga memberikan garansi keamanan yang tinggi untuk transaksi di dalamnya. Berbagai metode pembayaran tersedia di AliExpress untuk memudahkan Anda yang ingin bertransaksi.

7. Etsy

Etsy adalah platform jual beli produk handycraft atau buatan tangan yang cukup populer hari ini. Bagi Anda yang sedang mencari produk buatan tangan bergaya vintage atau menjalankan usaha di bidang ini maka Etsy adalah platform terbaik yang bisa dipilih. 

Etsy juga sangat ramah terhadap pengusaha kecil yang baru memulai bisnisnya di bidang kerajinan tangan. Hal ini karena biaya admin yang diterapkan oleh Etsy sangat rendah.

8. Depop

Depop adalah platform jual beli online antar negara yang cukup potensial dan sedang berkembang hari ini. Platform ini menawarkan jual beli berbagai barang bekas seperti sepatu, fashion, tas dan aksesoris.

Baca Juga: Cara Cek Ongkos Kirim ke Luar Negeri Tergampang

Kebanyakan aplikasi belanja online hari ini berbentuk marketplace yang mempertemukan penjual dengan pembeli dari berbagai tempat. Jual barang dan jasa melalui marketplace adalah pilihan yang tepat bagi Anda yang baru mulai usaha. Pasalnya, aplikasi ini memiliki jaringan penjualan yang luas.

Punya

Ratusan / Ribuan

Kiriman Setiap Hari?

Satu platform, beragam layanan pengiriman dan logistik

Web Dashboard

Pergudangan & Pengemasan

Dilengkapi Kurir Instant

Plugin Pengiriman

Integrasi API Pengiriman

Mendukung beragam layanan pengiriman

GojekJNEJNTTIKI

Terintegrasi dengan channel marketplace

TokopediaLazadaTiktokShopee

Mau Pengiriman Jadi Jauh Lebih Efektif?

Dapatkan potongan harga untuk pengiriman lebih banyak, #kirimlebihbanyak bersama Biteship!