Campaign: Pengertian Kampanye Marketing, Konsep, dan Tujuannya

Sering mendengar istilah campaign tapi belum tahu konsepnya dan apa keuntungannya bagi bisnis? Secara garis besar, campaign adalah aktivitas pemasaran dengan cara mempromosikan produk (barang / jasa) melalui berbagai macam media, seperti media cetak, televisi, hingga media sosial.

Setiap pebisnis pasti ingin produk atau merek dagang dikenal oleh banyak orang. Untuk bisa sukses dalam melakukan branding tersebut, salah satu cara yang dapat ditempuh adalah melalui kampanye. Dengan menerapkan strategi kampanye yang tepat, maka bisa meningkatkan penjualan perusahaan.

Marketing Campaign Adalah?

Kampanye pemasaran merupakan salah satu komponen penting yang memiliki pengaruh besar terhadap pertumbuhan bisnis. Apabila dilakukan dengan baik dan benar, maka dapat membantu menaikkan brand awareness sehingga brand lebih dikenal dan kemungkinan penjualan juga naik.

Marketing campaign bukan hanya seputar pemasangan iklan online dan offline saja, namun juga meliputi konferensi video, demonstrasi, endorse, dan metode interaktif lain. Semua kegiatan tersebut tentu dilakukan dengan strategi dan target atau tujuan tertentu.

Konsep Campaign

Ada beberapa elemen yang harus diperhatikan dalam kampanye pemasaran, setiap elemen memiliki peran dan fungsinya masing-masing. Umumnya, konsep kampanye meliputi hal-hal berikut ini:

  1. Anggaran

Pelaksanaan kampanye pemasaran membutuhkan anggaran dalam nominal tertentu. Anda dapat menyesuaikannya dengan kemampuan perusahaan. Untuk menghemat budget, maka bisa melakukan kampanye online dengan mengandalkan kreativitas yang dimiliki sumber daya manusia.

  1. Target dan KPI

Pelaksanaan kampanye membutuhkan target yang diukur menggunakan KPI atau Key Performance Indicator. Contoh sederhananya, kampanye online dihitung dengan trafik organik. Pengukuran bisa dilakukan melalui software metrik tertentu, termasuk Google Analytics.

  1. Format Konten

Online campaign adalah kegiatan mempromosikan produk menggunakan konten yang umumnya dibuat dalam beragam format sesuai kebutuhan. Oleh sebab itulah, jika berencana membuat kampanye produk online, sebaiknya pertimbangkan dengan baik format yang akan digunakan.

  1. Memilih Platform Kampanye

Media yang akan digunakan untuk kampanye memiliki peran besar dalam menentukan keberhasilan promosi. Karenanya, pastikan jika platform pilihan digunakan segmen pasar target marketing.

  1. Desain

Perlu diingat, bahwa kampanye berkualitas harus didukung desain penuh kreativitas. Oleh karena itu, pastikan selalu menyuguhkan desain dengan visual atraktif, mulai dari konten hingga logo.

  1. Sumber Daya Manusia

Salah satu kunci kesuksesan digital campaign adalah sumber daya manusia yang dimiliki. Sebelum memulai kampanye, Anda perlu membentuk tim khusus dengan skill digital marketing terlebih dahulu.

Baca Juga: Tips Jitu Untuk Mendapatkan Omzet Lebih Banyak

Manfaat Campaign

Aktivitas kampanye yang dilakukan secara terarah dapat memberikan banyak benefit atau manfaat baik bagi perusahaan. Berikut adalah beberapa keuntungan yang akan didapatkan dari campaign:

  1. Lebih Mudah Memperkenalkan Produk

Kegiatan kampanye meliputi proses pengenalan produk kepada target pasar. Sebelum melakukan kampanye, biasanya tim khusus telah melakukan riset mengenai demografi konsumen. Sehingga metode campaign dan pilihan media lebih tepat sasaran. Jadi, produk lebih dikenal banyak orang.

  1. Mempromosikan Brand / Merek

Kampanye bisa menjadi cara efektif untuk meningkatkan brand dari produk tertentu. Opsi format dan platform yang dipakai sebagai media kampanye berpotensi menaikkan visibilitas merek dagang.

  1. Menarik Konsumen

Salah satu manfaat melakukan produk campaign adalah untuk menggaet pelanggan baru. Pasalnya, pada dasarnya kampanye bertujuan meyakinkan target pasar jika produk yang ditawarkan memiliki kualitas bagus sehingga layak untuk dibeli.

Jenis kampanye ini umumnya membutuhkan proses jangka panjang supaya merek bisa dikenal dan dipercaya pembeli. Apabila berhasil, besar kemungkinan loyal customer juga akan terbangun. Terlebih lagi, jika perusahaan Anda mampu mempertahankan kualitas produk yang dijual.

Tujuan Campaign

Kampanye produk dilakukan dengan tujuan tertentu. Mulai dari memperkenalkan brand hingga meningkatkan profit perusahaan. Untuk mencapai tujuan tersebut, maka target kampanye harus dikonversikan dalam format angka, termasuk target profit, jumlah pembelian, dan sebagainya.

Setelah target pemasaran ditentukan dan aktivitasnya telah berjalan. Langkah selanjutnya adalah melakukan evaluasi untuk mengetahui apakah target telah tercapai atau belum. Kemudian buat perbandingan dengan campaign yang telah dilakukan oleh perusahaan sebelumnya. Campaign adalah salah satu komponen penting yang turut menentukan keberhasilan perusahaan dalam memperkenalkan dan memasarkan produk. Supaya hasilnya lebih maksimal. Anda bisa menggunakan layanan Shipping dari Biteship untuk memudahkan proses pengiriman produk.

Baca Juga: Apakah Tujuan Para Pebisnis Beriklan?

Punya

Ratusan / Ribuan

Kiriman Setiap Hari?

Satu platform, beragam layanan pengiriman dan logistik

Web Dashboard

Pergudangan & Pengemasan

Dilengkapi Kurir Instant

Plugin Pengiriman

Integrasi API Pengiriman

Mendukung beragam layanan pengiriman

GojekJNEJNTTIKI

Terintegrasi dengan channel marketplace

TokopediaLazadaTiktokShopee

Mau Pengiriman Jadi Jauh Lebih Efektif?

Dapatkan potongan harga untuk pengiriman lebih banyak, #kirimlebihbanyak bersama Biteship!