Apa Itu Departed From Transit? Berikut Pengertian dan Fungsinya

Apa Itu Departed From Transit? Berikut Pengertian dan Fungsinya
departed from transit

Pernah mendengar istilah departed from transit? Ya, istilah satu ini seringkali digunakan oleh salah satu jasa ekspedisi terkenal di Indonesia yakni JNE. Setelah berhasil meniti karir selama lebih dari 30 tahun, JNE kini sudah mengembangkan beberapa fitur baru, salah satunya dinamakan istilah “Departed”. 

Walaupun sudah banyak pengguna JNE di Indonesia, namun ternyata masih ada yang belum memahami istilah departed transit dalam proses pengiriman barang. Guna menghindari terjadinya salah paham, kali ini Anda bisa memahami pengertian departed transit, estimasi waktu sampai, dan istilah penting lainnya. 

Definisi Departed From Transit

Ketika dalam status tracking barang menunjukkan istilah “Departed From Transit”, maka maknanya paket telah meninggalkan tempat transit sementara, kemudian menuju ke tempat tujuan akhir pengiriman. Hal ini menunjukkan bahwa paket sudah memenuhi segala prosedur, maka bisa lanjut melakukan perjalanan.

Jika dalam proses transit sementara paket barang mengalami masalah serius, jasa ekspedisi akan berusaha menyelesaikan masalah terlebih dahulu. Mereka perlu melakukan pemeriksaan supaya paket yang akan didistribusikan ke tempat berikutnya lebih aman serta kualitasnya terjaga dengan baik. 

Wilayah transit akan berperan sebagai pos pemeriksaan, lalu paket melalui proses penyortiran sebelum melanjutkan perjalanan ke tujuan berikutnya. Setelah proses penyortiran selesai, status pengiriman akan dirubah menjadi “ Departed From Transit” menunjukkan bahwa paket sudah beralih dari wilayah transit. 

Sudah paham kan arti departed transit dalam jasa ekspedisi JNE? Dalam tahap ini, kiriman barang sudah bersama pihak jasa penyedia pengiriman. Proses pengiriman akan segera dilanjutkan menuju alamat berikutnya, status dialihkan menjadi barang sudah berada dalam perjalanan menuju lokasi akhir. 

Apakah Fungsi Departed From Transit dalam Pengiriman?

Tiap jasa ekspedisi memiliki maksud tertentu menyelipkan istilah penting dalam halaman tracking barang dengan tujuan melancarkan proses pengiriman. Begitu juga dengan istilah “DPT”, Anda perlu memahami fungsinya dalam proses pengiriman barang dari wilayah transit menuju konsumen akhir. 

1.  Membantu Memantau Pergerakan Paket

Apa arti departed dalam pengiriman? Departed berarti “Berangkat”, dimana memungkinkan para pengirim bisa mengetahui posisi pergerakan paket. Ketika paket sudah disortir melewati lokasi transit terakhir, berikutnya bisa melakukan perjalanan menuju lokasi tujuan akhirnya. 

Biasanya proses sortir paket bisa berlangsung cepat atau lambat, tergantung dengan masalah yang terjadi dalam proses pengiriman. Pihak ekspedisi JNE akan memberikan informasi update mengenai posisi kiriman paket pada laman tracking yang sudah disediakan secara online. 

2.  Bisa Memperkirakan Estimasi Waktu Sampai

Memangnya berapa lama proses departed from transit? Dengan adanya istilah DPT, Anda lebih mudah memperkirakan waktu sampai pengiriman kepada konsumen. Biasanya estimasinya bisa lebih singkat apabila tidak mengalami kendala selama perjalanan dilanjutkan. 

Pada umumnya perkiraan waktu sampai proses transit paket sekitar 24 jam semenjak perubahan status dilakukan. Perubahan status melewati proses pendataan, proses sortir, dan pengiriman barang sesuai dengan tenggang waktu yang sudah dicantumkan sebelumnya. 

3.  Menjaga Keamanan Paket Barang

Ketika status tracking barang menunjukkan departed from transit, maka sebelumnya paket sudah melalui tahap pemeriksaan secara detail. Pemeriksaan perlu dilakukan dari segi kemasan, jumlah, dan mengumpulkannya sesuai dengan blok pengiriman masing-masing. 

Anda bisa menggunakan 3 layanan diantaranya JNE YES, JNE Regular, dan JNE OKE guna memudahkan pengiriman produk kepada konsumen. JNE YES menjadi solusi bagi masyarakat yang ingin kirim barang cepat sampai keesokan harinya, tentu biayanya akan lebih mahal sedikit. 

Baca Juga: Manifested Adalah Istilah Penting Jasa Ekspedisi, Apa Manfaatnya?

Beragam Istilah dalam Status Pengiriman JNE

Selain istilah “Barang Berangkat dari Transit“, JNE sebagai jasa ekspedisi ternama juga memiliki istilah lain dalam proses pengirimannya. Jika Anda terbiasa menggunakan layanan kurir JNE, bisa memahami istilah kali ini untuk meningkatkan pemahaman saat tracking barang selanjutnya. 

1.  AU TO UPS

Pernah melihat status AU TO UPS? Tidak perlu bingung, maknanya penyerahan paket dari bagian undelivered untuk menangani masalah pengiriman ke bagian operasional. Paket akan segera melanjutkan proses pengiriman secara selamat sampai tujuan selama tidak ada kendala urgensi. 

2.  Shipment Received by JNE Counter Officer

Kiriman barang Anda sudah diterima oleh petugas konter JNE, maka menandakan bahwa proses pengiriman barang sudah mulai dilakukan. Pihak pengirim bisa melakukan tracking barang melalui laman yang sudah disediakan oleh pihak JNE dengan memasukkan kode tertentu. 

3.  Processed at Sorting Center

Selain departed from transit, JNE juga memiliki istilah processed at sorting center yang memiliki makna paket sedang diproses di pusat pengurutan. Biasanya paket akan melalui tahap cek ulang, penempatan kendaraan, pelabelan ulang, dan pembagian area pengiriman selanjutnya. 

4.  Received at Sorting Center

Sebelum melalui processed at sorting center, paket akan menunjukkan status received at sorting center. Paket telah tiba di pusat pengurutan, kemudian selanjutnya akan di sortir sesuai dengan lokasi pengiriman masing-masing. 

5.  Received Warehouse

Received Warehouse menunjukkan paket telah tiba di gudang, kemudian menunggu proses lebih lanjut guna dilakukan pemeriksaan lebih dulu. JNE sendiri memiliki gudang lokal atau regional dengan muatan luas untuk menyimpan sementara paket yang akan dikirimkan. 

6.  Box Undelivered

Paket sudah sampai ke alamat tujuan, namun tidak ada pihak yang menerimanya. Hal ini seringkali terjadi karena tidak ada respon dari pihak konsumen, sehingga kurir terkadang membawanya lagi. Pihak konsumen bisa menghubunginya kembali untuk mengambil paket dari pihak kurir JNE. 

7.  Received at Inbound Station

Memiliki makna paket sudah tiba di stasiun masuk terdekat, kemudian nantinya bisa diantarkan menuju alamat tujuan. Istilah lain “With Delivery Courier” menunjukkan paket sedang dalam proses pengantaran, sehingga akan tiba dalam waktu dekat. 

Baca Juga: Perbedaan Inbound dan Outbound Logistic dan Perannya dalam Bisnis

Istilah departed from transit biasa digunakan oleh JNE sebagai jasa ekspedisi ternama di Indonesia. Jika ingin menggunakan layanan ekspedisi ternama mulai dari JNE, JNT,Si Cepat, dan lainnya bisa bekerjasama dengan Biteship untuk mendapatkan banyak kemudahan. 

Punya

Ratusan / Ribuan

Kiriman Setiap Hari?

Satu platform, beragam layanan pengiriman dan logistik

Web Dashboard

Pergudangan & Pengemasan

Dilengkapi Kurir Instant

Plugin Pengiriman

Integrasi API Pengiriman

Mendukung beragam layanan pengiriman

GojekJNEJNTTIKI

Terintegrasi dengan channel marketplace

TokopediaLazadaTiktokShopee

Mau Pengiriman Jadi Jauh Lebih Efektif?

Dapatkan potongan harga untuk pengiriman lebih banyak, #kirimlebihbanyak bersama Biteship!