Biaya Admin Shopee untuk Berbagai Kategori Seller

Biaya Admin Shopee untuk Berbagai Kategori Seller
biaya admin shopee

Sebagai salah satu aplikasi belanja online terbesar, Shopee memberikan banyak kemudahan bagi pembeli maupun penjual. Aplikasi ini juga memiliki biaya admin Shopee bagi seller dengan setiap kategori berbeda.

Shopee tidak memberikan biaya administrasi yang sama untuk semua penjualnya. Sebab, setiap penjual di Shopee dibagi atas tiga kategori berbeda. Selain berdasarkan kategori penjual, besarnya biaya admin juga dipengaruhi oleh kategori barang yang dijual. Simak artikel berikut untuk informasi lengkap.

Apa itu Biaya Admin Shopee?

Jika Anda memiliki akun Shopee, Anda tidak hanya memiliki kesempatan untuk berbelanja secara online. Namun, Anda juga bisa membuka toko online sendiri dan mulai mendapatkan banyak keuntungan dari penjualan produk.

Sebagai akun pembeli, banyak kegiatan yang bisa dilakukan dalam aplikasi Shopee. Tidak hanya berbelanja online, akun pembeli juga bisa bermain game tebak kata Shopee. Game tersebut menjadi salah satu kegiatan yang bisa digunakan untuk menambah keuntungan.

Sedangkan, penjual bisa mendapatkan lebih banyak keuntungan dengan menjual produknya di Shopee. Sama seperti aplikasi dan sistem jual beli lainnya, di Shopee juga ada biaya administrasi yang harus dibayarkan. Namun, biaya ini tidak langsung berlaku begitu saja.

Salah satu syarat biaya admin Shopee adalah jumlah penjualan produk yang berhasil diselesaikan. Jika penjual sudah menyelesaikan penjualan dengan jumlah minimal yang ditetapkan Shopee, maka biaya administrasi berlaku bagi penjual tersebut.

Biaya ini juga tidak dibagi sama rata. Ada kategori penjual dan kategori barang yang dijual untuk menentukan besaran biaya yang diberikan. Secara umum, harga barang yang telah dikurangi biaya diskon dan dibagi dengan persentase kategori barang, itulah yang menjadi biaya administrasi.

Biaya Admin untuk Seller Shopee

Shopee membagi kategori penjualnya menjadi tiga bagian, yakni penjual non-star, penjual star atau star+, serta penjual Shopee Mall. Perbedaan antara ketiganya adalah penjual yang menjalankan bisnis secara perorangan atau melalui badan usaha.

Setiap kategori penjual memiliki perhitungan biaya administrasi yang berbeda-beda. Selain itu, setiap produk yang dijual juga dibagi menjadi tiga kategori lainnya, yakni kategori A, B/C, serta D/E. Setiap kategori produk tersebut memiliki persentase yang berbeda-beda.

Jadi, secara keseluruhan semakin tinggi penjualan, maka nilai administrasi yang harus dibayarkan juga akan tinggi. Sistem di aplikasi Shopee sudah memotong hasil biaya tersebut secara otomatis ketika membagi hasil penjualan. Anda tinggal menentukan kategori penjualan di aplikasi.

Untuk penjelasan lebih rinci tentang biaya admin Shopee untuk penjual, simak tiga poin berikut ini:

  1. Untuk Penjual Non-Star

Ketika pertama kali mendaftar sebagai penjual, Anda tidak akan dikenakan biaya administrasi alias gratis. Namun, saat penjualan sudah mencapai angka 100 pemesanan, maka biaya admin akan berlaku. Selain itu, perhitungan biaya ini berlaku untuk penjual dengan kategori non-star.

Persentase kategori barang yang berlaku untuk penjual non-star adalah 2,5% untuk kategori produk A, 1,7% untuk kategori B/C, serta 1,25% untuk kategori D/E. Biaya administrasi yang diberlakukan untuk kategori penjual ini yakni berdasarkan rumus berikut ini:

Biaya Administrasi = (Harga produk – diskon produk) X persentase kategori produk

Biaya yang dihitung tersebut tidak diberlakukan untuk biaya ongkir maupun diskon produk yang ditanggung oleh penjual. Khusus untuk penjual non-star, biaya administrasi ini belum termasuk biaya layanan untuk ongkir dan cashback XTRA.

Syarat lain yang harus dipatuhi oleh penjual non-star dalam menentukan pembayaran biaya admin, sebagai berikut:

  • Setiap jumlah produk tidak memiliki biaya administrasi maksimum.
  • Penjual harus memastikan penjualan dengan jumlah 100 pesanan selesai ketika pukul 00:00 WIB pada Rabu, setiap minggunya.
  • Waktu berlakunya biaya administrasi non-star ini adalah pada pukul 00:00 WIB di Jumat setiap minggu yang sama dengan penyelesaian 100 pesanan.
  1. Untuk Penjual Star dan Star+

Tidak berbeda jauh dengan biaya admin Shopee untuk penjual non-star sebelumnya, penjual dengan kategori star atau star+ memiliki perhitungan yang hampir sama. Perbedaannya terletak pada persentase kategori setiap produk yang dijual.

Kategori produk A, produk B/C serta produk D/E, dikenakan persentase masing-masing 3,2%, 2,5% dan 1,75%. Adapun rumus yang berlaku untuk biaya administrasi ini diantaranya, sebagai berikut:

Biaya Administrasi = (Harga produk – diskon produk) X persentase kategori produk

Hal-hal lain yang harus diperhatikan oleh penjual star dan star+ berkaitan dengan biaya administrasi adalah:

  • Penjual yang tidak lagi tergabung dengan program penjual star dan star+ dan mencapai penjualan 100 pesanan akan dikenakan biaya administrasi non-star.
  • Waktu tidak bergabungnya lagi penjual dalam program star dan star+ yakni pada setiap Senin pukul 17:00 WIB.
  • Biaya non-star yang diberlakukan yakni pada setiap Selasa pada pukul 00:00 WIB di minggu penjual tidak lagi bergabung dengan program star dan star+.
  • Biaya administrasi yang berlaku tidak dikenakan pada ongkir ataupun diskon dari penjual.
  • Pemotongan biaya ini langsung terjadi di sistem Shopee, ketika hasil penjualan dimasukkan pada saldo penjual.
  1. Untuk Penjual Shopee Mall

Sama seperti penjual sebelumnya, untuk Shopee Mall persentase kategori produk yang berlaku yakni 1%, 3%, dan 5%. Rumus yang berlaku juga tidak berbeda jauh dengan dua jenis kategori penjual lainnya. Hanya saja, kategori penjual Shopee Mall dibagi lagi menjadi dua jenis.

Pada penjual Shopee Mall ada yang berupa penjual individu dan ada penjual dari PT. Nah, kedua jenis penjual ini memiliki kewajiban berbeda. Dimana, penjual Shopee Mall individu hanya butuh membayar biaya admin per produk dan biaya admin final dengan membayar PPN 10%.

Namun, penjual Shopee Mall dari PT harus membayar PPh ke kantor pajak. Besaran biaya yang dibayar yakni 2% dari biaya administrasi yang diperlakukan Shopee. Kemudian, pihak penjual bisa mengajukan pengembalian PPh ke pihak Shopee dengan mengupload beberapa dokumen.

Cara Mengecek Total Pemesanan dan Penghasilan

Untuk melakukan pengecekan total pemesanan dan penghasilan, penjual bisa mengikuti cara-cara berikut ini:

  • Klik ikon Saya di sebelah kanan bawah pada aplikasi Shopee.
  • Klik menu toko Saya.
  • Klik menu penghasilan.
  • Klik menu pesanan selesai.
  • Lihat periode waktu ketika pertama kali bergabung sebagai penjual Shopee dan lihat total penjualan yang terselesaikan.

Itulah tiga kategori biaya admin Shopee bagi seller. Jika sudah melakukan pembayaran biaya administrasi, artinya Anda sudah menyelesaikan kewajiban sebagai penjual di aplikasi Shopee. Jadi, proses penjualan bisa berjalan dengan lebih baik kedepannya. 

Punya

Ratusan / Ribuan

Kiriman Setiap Hari?

Satu platform, beragam layanan pengiriman dan logistik

Web Dashboard

Pergudangan & Pengemasan

Dilengkapi Kurir Instant

Plugin Pengiriman

Integrasi API Pengiriman

Mendukung beragam layanan pengiriman

GojekJNEJNTTIKI

Terintegrasi dengan channel marketplace

TokopediaLazadaTiktokShopee

Mau Pengiriman Jadi Jauh Lebih Efektif?

Dapatkan potongan harga untuk pengiriman lebih banyak, #kirimlebihbanyak bersama Biteship!