Cara Mengaktifkan Layanan COD di Website Woocommerce

Cara Mengaktifkan Layanan COD di Website Woocommerce

Transaksi Cash on Delivery atau kita biasa kenal dengan COD merupakan transaksi yang disukai oleh sebagian besar masyarakat Indonesia. Di era digital ini memang masih ada populasi atau sekelompok masyarakat yang kurang menyukai sistem pembayaran digital, sehingga COD menjadi langkah yang dipilih meskipun berbelanja secara online.

Transaksi COD seringkali terjadi bila transaksi dilakukan di platform marketplace seperti Shopee dan Tokopedia. Namun masih banyak pebisnis online yang kebingungan jika ingin mengaktifkan layanan COD yang berasal dari website. Oleh karena itu, Biteship membuat fitur pembayaran COD untuk pengiriman yang terjadi dari website, karena akan sangat berguna bagi para pebisnis online untuk menarik customernya agar dapat membeli produknya melalui website yang tanpa biaya admin seperti di marketplace.

Berikut ini adalah panduan cara mengaktifkan layanan COD di website Woocommerce dengan plugin pengiriman woocommerce:

  1. Masuk ke akun Woocommerce kamu melalui link berikut ini -> Log In Woocommerce
  2. Lalu setelah masuk, klik menu Woocommerce, dan klik menu “Setting”
  3. Pada bagian presentase, isi jumlah tambahan COD dari total nilai barang jika dibutuhkan (Umumnya adalah 4%).
  4. Pada bagian “Choose Expeditions” pilih kurir Sicepat Regular karena saat ini hanya satu-satunya layanan ekspedisi yang menyediakan layanan COD.
  5. Jangan lupa untuk klik “Save Changes” pada bagian bawah pilihan ini, untuk menyimpan perubahan
  6. Lalu, pilih bagian “Payment” pada Settings WooCommerce.. Centang metode pembayaran “Cash on Delivery” dan klik “Save Changes” seperti gambar di bawah. Setelah itu, klik pilihan “Manage”.
  7. Pada bagian “Enable for Shipping Methods” cari “Biteship” dan akan muncul “Any Biteship Method” dan klik “Save Changes” seperti gambar di bawah.
  8. Coba buat 1 order palsu untuk testing, pilih “Sicepat – Regular” seperti gambar di bawah.
  9. Setelah itu, pilihan metode pembayaran COD akan muncul seperti gambar dibawah. Jika kamu memilih selain “Sicepat – Regular”, metode pembayaran COD tidak akan muncul
  10. Setelah barang sudah dikirim, uang hasil COD akan diterima 7 hari setelah barang sampai dan diterima oleh pembeli (Contoh: jika pengiriman dilakukan tanggal 1 Januari, lalu tiba di tangan customer pada tanggal 3 Januari, maka dana COD akan ditransfer ke bitepoints tanggal 10 Januari).
  11. Pengguna akan menerima uang hasil COD lewat Bite Points di Biteship Dashboard dan dapat dilakukan penarikan setelahnya.

Begitulah cara mengaktifkan layanan COD di website Woocommerce. Cara yang sangat mudah untuk dilakukan setiap langkahnya, namun menghasilkan dampak yang baik untuk pengalaman customer dan penjualan dari bisnis kamu di website.

Baca Juga: Cara Membuat Halaman Cek Resi di Website Woocommerce

Punya

Ratusan / Ribuan

Kiriman Setiap Hari?

Satu platform, beragam layanan pengiriman dan logistik

Web Dashboard

Pergudangan & Pengemasan

Dilengkapi Kurir Instant

Plugin Pengiriman

Integrasi API Pengiriman

Mendukung beragam layanan pengiriman

GojekJNEJNTTIKI

Terintegrasi dengan channel marketplace

TokopediaLazadaTiktokShopee

Mau Pengiriman Jadi Jauh Lebih Efektif?

Dapatkan potongan harga untuk pengiriman lebih banyak, #kirimlebihbanyak bersama Biteship!