Cara Mengetahui Nomor Kurir JNE yang Mengirim Paket Anda

Cara Mengetahui Nomor Kurir JNE yang Mengirim Paket Anda
Cara mengetahui nomor kurir JNE

Cara mengetahui nomor kurir JNE bisa Anda lakukan melalui beberapa cara. Saat ini banyak masyarakat sudah mempercayakan barangnya pada JNE, salah satu jasa ekspedisi terbaik di Indonesia. Perusahaan yang sudah ada sejak 1990 tersebut setidaknya memiliki 6.000 lokasi serta jumlah karyawan tidak kurang dari 40.000 orang.

Jumlah titik yang banyak mengharuskan jumlah kurir pengirim paket harus banyak juga. Masing-masing kurir tersebut juga memiliki nomor tersendiri yang bisa Anda cek dengan sangat mudah. Tujuannya agar Anda tahu kira-kira paket Anda dibawa oleh siapa dan kapan estimasi barang tersebut sampai.

Begini Cara Mengetahui Nomor Kurir JNE

Terdapat beberapa cara untuk bisa mengetahui nomor kurir JNE pengirim paket Anda. Berikut penjelasan selengkapnya.

1. Melalui Aplikasi My JNE

Cara pertama yang bisa Anda coba yaitu melalui aplikasi bernama My JNE. Aplikasi ini memang dibuat secara khusus untuk memudahkan Anda yang ingin mendapatkan informasi tentang paket Anda. Informasi yang tersedia juga berkaitan dengan nomor kurir yang mengantarkan barang Anda.

Aplikasi My JNE sudah tersedia di Play Store dan App Store. Tinggal Anda unduh aplikasi tersebut kemudian login menggunakan email serta kata sandi.

Selanjutnya, Anda masuk ke menu lacak nomor resi. Silakan masukkan nomor resi yang sebelumnya sudah Anda dapat. Klik “Cari” dan tunggu sampai Anda mendapatkan informasi seputar detail pengiriman. Lalu Anda cari nomor kurir yang sudah tertera.

2. Telepon Call Center JNE

Cara mengetahui nomor kurir JNE bisa juga dengan langsung menghubungi call center JNE. Namun perlu Anda perhatikan bahwa cara tersebut mengharuskan Anda memiliki pulsa yang cukup karena biaya teleponnya tidak gratis.

Selanjutnya untuk nomor call center yang Anda hubungi adalah (021) 2927 8888. Pihak customer service juga akan meminta Anda untuk menyebutkan nomor resi.

Pastikan Anda menyebutkan nomor resinya dengan benar agar paket Anda bisa dilacak. Setelah itu pihak CS akan memberikan informasi tentang nomor kurir yang Anda cari.

3. Mendatangi Kantor JNE atau Cabang Dropship Terdekat

Tips berikut ini bisa Anda coba jika lokasi Anda dekat dengan kantor JNE maupun kantor cabang dropship. Anda tinggal mengunjunginya di jam kerja dan langsung menanyakan terkait nomor kurir JNE yang sedang Anda cari.

Informasi tersebut bisa Anda dapatkan pada bagian front office maupun customer service. Sama seperti cara sebelumnya, untuk cara yang ketiga ini juga sama seperti sebelumnya. Anda harus memberikan nomor resi pada pihak CS, kemudian mereka akan membantu menemukan nomor kurir JNE.

4. Melalui Website JNE

Cara mengetahui nomor kurir JNE berikutnya adalah bisa melalui website resmi JNE. Untuk cara ini bisa menjadi solusi bagi Anda yang tidak memiliki My JNE serta lokasi Anda jauh dari kantor cabang jasa ekspedisi tersebut.

Adapun untuk alamat website-nya adalah https://www.jne.co.id/. Setelah Anda mengunjungi situs JNE tersebut, silakan mengecek pada menu “Lacak Pengiriman”.

Anda tinggal memasukkan nomor resmi di kolom tersebut. Lalu klik “Cari”. Tinggal Anda scroll ke bawah dan cek pada bagian “Detail Pengiriman”. Di sana sudah tertera informasi mengenai nomor kurir yang bertugas mengirimkan paket Anda.

5. Melalui Email CS

Masih ada cara lain yang juga dapat Anda coba yaitu menghubungi pihak JNE melalui email. Alamat emailnya adalah [email protected]. Anda bisa langsung menyampaikan apa saja yang menjadi kebutuhan Anda, dalam hal ini Anda ingin mengetahui nomor kurir JNE.

Sebaiknya Anda juga menyertakan alasan Anda ingin mengetahui nomor kurir tersebut. Tujuannya agar pihak CS bisa membalas dengan langsung menyertakan nomor yang Anda butuhkan. Jangan lupa ketika mengirimkan email juga harus menyertakan nomor resi barang Anda.

Baca juga: Cara Cek Resi JNE, J&T, SiCepat Express, dan Shopee Express

Manfaat Mengetahui Nomor Kurir JNE

Mengetahui informasi terkait identitas kurir pengirim paket Anda memberikan beberapa manfaat. Adapun manfaatnya adalah seperti berikut.

1. Menghindari Penipuan

Seperti yang kita tahu banyak kasus penipuan berkaitan dengan pengiriman online. Apalagi untuk barang-barang yang dikirim di luar marketplace. Selain itu, tidak sedikit juga toko online yang ternyata memberi nomor resi palsu.

Bayangkan ketika Anda sudah mengeluarkan dana besar. Akan tetapi ternyata barang Anda tidak kunjung sampai karena Anda ternyata mengalami penipuan. Tentu hal tersebut tidak semua orang ingin mengalaminya.

Maka dari itu, mengetahui nomor kurir menjadi cara untuk menghindarkan Anda dari penipuan. Identitas kurir yang Anda peroleh membuat Anda bisa mengonfirmasi terkait paket Anda ke kurir tersebut.

2. Mengetahui Keberadaan Paket

Cara mengetahui nomor kurir JNE juga bermanfaat untuk melacak di mana paket Anda berada. Anda akan tahu kira-kira paket Anda dibawa oleh siapa dan memerlukan waktu berapa lama lagi paket tersebut sampai ke alamat tujuan.

Dengan begitu akan ada rasa ketenangan karena Anda mendapatkan informasi yang jelas. Sebaliknya, ketika Anda kesulitan mengetahui nomor kurir, akan ada rasa kekhawatiran kira-kira paket Anda sampai di mana dan apakah sudah sampai ke alamat penerima atau belum.

3. Mengatur Janji Pengiriman

Manfaat selanjutnya adalah Anda bisa mengatur janji terkait pengiriman barang Anda. Mungkin Anda khawatir ketika kurir sampai di rumah Anda ternyata tidak ada orang. Sementara barang Anda tersebut memiliki harga yang mahal atau barang tersebut sangat penting untuk Anda.

Maka dari itu Anda bisa langsung menghubungi pihak kurir. Kemudian Anda bisa mengatur janji di mana Anda bisa menerima barang tersebut. Ini akan jauh lebih aman daripada ketika barang sampai ke alamat tujuan, namun ternyata tidak ada siapa pun di rumah.

Baca juga: Cek Ongkir JNE Mudah Lewat Situs Resmi dan Aplikasi

Sudah Paham tentang Cara Mengetahui Nomor Kurir JNE?

Jadi, mengetahui nomor dari kurir JNE pengirim paket Anda sangat mudah. Pihak JNE sudah menyediakan beberapa opsi yang bisa Anda pilih sesuai kebutuhan.

Selain itu, ada banyak manfaat dengan Anda mengetahui nomor kurir tersebut. Anda akan terhindar dari penipuan serta Anda juga bisa memastikan bahwa paket benar-benar sudah sampai. Semoga bermanfaat.

Punya

Ratusan / Ribuan

Kiriman Setiap Hari?

Satu platform, beragam layanan pengiriman dan logistik

Web Dashboard

Pergudangan & Pengemasan

Dilengkapi Kurir Instant

Plugin Pengiriman

Integrasi API Pengiriman

Mendukung beragam layanan pengiriman

GojekJNEJNTTIKI

Terintegrasi dengan channel marketplace

TokopediaLazadaTiktokShopee

Mau Pengiriman Jadi Jauh Lebih Efektif?

Dapatkan potongan harga untuk pengiriman lebih banyak, #kirimlebihbanyak bersama Biteship!