Cari Tahu Tentang Fulfillment Center dan Cara Kerjanya

Cari Tahu Tentang Fulfillment Center dan Cara Kerjanya
fulfillment center

Apakah Anda pernah mendengar tentang fulfillment center? Masih banyak yang kebingungan tentang perbedaan fasilitas tersebut dengan warehouse atau gudang biasa. Padahal, fasilitas ini memiliki layanan yang berbeda dengan warehouse atau gudang. Cari tahu selengkapnya di sini!

Apa itu Fulfillment Center?

Istilah ini merupakan hal baru dalam dunia logistik dalam sektor business-to-business (B2C). Fulfillment center (pusat pemenuhan) merupakan fasilitas atau pusat yang digunakan oleh perusahaan untuk menyimpan, mengelola, dan mengirimkan produk untuk memenuhi permintaan pelanggan.

Fasilitas tersebut banyak digunakan oleh perusahaan e-commerce atau perusahaan yang menjual produk secara online. Dalam fasilitas ini, stok barang akan disimpan dalam gudang dan diproses untuk dikirim ke pelanggan sesuai dengan pesanan yang telah diterima.

Proses yang terjadi dalam fasilitas ini meliputi pemrosesan pesanan, pengemasan, pengepakan, dan pengiriman barang kepada pelanggan dengan efisien dan tepat waktu. Fasilitas ini juga merupakan bagian yang sangat penting dari rantai pasokan modern dalam industri perdagangan elektronik dan ritel.

Apa Bedanya Fulfillment Center dan Warehouse?

Secara umum, warehouse hanya berfungsi sebagai gudang penyimpanan untuk barang-barang yang belum diproses atau dipaketkan untuk pengiriman. Biasanya, gudang hanya berfungsi untuk menyimpan stok barang tanpa melakukan proses pengemasan atau pengiriman langsung kepada pelanggan.

Sementara itu, fulfillment center selain berfungsi menjadi gudang penyimpanan, tempat ini juga difasilitasi sistem yang terintegrasi yang memudahkan para pedagang online

Tempat ini menyediakan otomatisasi dan sistem manajemen sehingga memudahkan pemilik usaha dalam hal pergudangan, packing, dan inventori.

Secara fungsi, warehouse hanya menjadi tempat untuk menyimpan barang dalam jumlah besar dan akan dipindahkan ke fasilitas atau tempat lainnya untuk proses lebih lanjut.

Sedangkan pusat pemenuhan melibatkan pemrosesan pesanan secara langsung, mulai dari menerima pesanan, memilih barang, memproses pesanan, mengemas, hingga mengirimkan barang kepada pelanggan.

Dengan begitu, bisa disimpulkan bahwa warehouse dan pusat pemenuhan ini adalah dua tempat yang berbeda meskipun sama-sama memiliki peran penting untuk pemilik usaha. 

Manfaat Fulfillment Center

Penggunaan pusat pemenuhan memberikan beberapa manfaat yang sangat signifikan bagi perusahaan e-commerce dan pelanggan mereka. Berikut adalah beberapa manfaat utama dari menggunakan fasilitas tersebut.

1. Inventaris Barang

Selain memfasilitasi penyimpanan barang, pihak dari fasilitas pusat pemenuhan juga dapat membantu dalam pengelolaan produk yang dititipkan kepada mereka. Ini termasuk meng-update jumlah produk yang tersedia setiap hari, mencatat informasi mengenai barang yang dikembalikan, dan tugas-tugas lainnya. 

Hal ini memastikan bahwa laporan stok barang selalu diperbarui secara real-time. Namun, untuk memastikan akurasi penghitungan, disarankan bagi tim Anda untuk melakukan penghitungan juga.

2. Pengiriman Barang 

Mereka juga akan membantu dalam persiapan barang untuk pengiriman, termasuk memeriksa kembali kecocokan produk yang dipesan, melakukan pengepakan yang aman, hingga memastikan kesiapan barang untuk diambil oleh jasa pengiriman. 

Jadi, Anda tidak perlu lagi memikirkan hal tersebut secara detail karena fulfillment center akan menanganinya dengan baik. Oleh karena itu, tidak mengherankan jika layanan ini dapat membantu Anda dalam mengelola bisnis dengan lebih efisien.

3. Pengambilan Barang

Tidak hanya bertanggung jawab untuk proses pengiriman barang saja, tetapi pihak mereka akan bertugas juga untuk mengurus pengembalian barang. Jika ada konsumen merasa barang yang dipesannya tidak sesuai. 

Dari hal tersebut, Anda hanya perlu fokus dalam meningkatkan kualitas produk dan promosi produk saja. Sehingga nantinya mendapatkan penjualan yang  tinggi. Selain itu, waktu yang Anda miliki dapat lebih optimal untuk pengembangan bisnis.

Proses dalam Fulfillment Center

Di dalam fasilitas pusat pemenuhan ini ada beberapa proses untuk memenuhi permintaan pelanggan. Proses pertama adalah penyimpanan barang, lalu manajemen inventaris, proses pengemasan, hingga pengiriman kepada pelanggan. 

1. Penyimpanan Produk atau Barang

Sebagai lokasi penyimpanan sementara produk atau barang, fulfillment center terdiri dari gudang yang memiliki kapasitas besar untuk menampung semua barang yang dititipkan di dalamnya. 

Selain ukurannya yang luas, gudang di pusat pemenuhan juga memiliki standar yang tinggi untuk memastikan semua barang tersimpan dengan aman dan tersusun sesuai dengan kategorinya.

Penyimpanan yang rapi akan membuat produk Anda lebih awet dan terjaga sehingga pembeli akan puas dengan produk tersebut.

2. Manajemen Inventaris

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, fulfillment center tidak hanya bertanggung jawab atas penyimpanan stok produk atau barang, tetapi juga memantau pencatatan barang yang masuk dan keluar. Proses ini didukung oleh teknologi yang canggih.

Manajemen inventaris sendiri merupakan bagian integral dari sistem enterprise resource planning (ERP). Dengan menggunakan sistem ini, pembaruan stok barang dapat dilakukan secara langsung dan real time.

Sehingga, Anda bisa dengan mudah untuk memonitor produk yang tersisa secara langsung.

3. Proses Pengemasan

Biasanya, fulfillment center telah menyiapkan sumber daya yang secara khusus dialokasikan untuk mengambil produk atau barang dari pengecer e-commerce. Setelah produk diambil, mereka akan diproses dengan hati-hati dan dipastikan dikemas dengan rapi.

Bagi pihak fasilitas ini, proses pengemasan harus dilakukan dengan cermat dan hati-hati karena pengemasan dianggap sebagai salah satu faktor kunci yang menentukan keberhasilan produk sebelum diantarkan kepada pelanggan.

Maka dari itu, mencari fasilitas yang bagus dan terpercaya akan membuat pelanggan puas dengan pelayanan yang Anda berikan.

4. Pengiriman Barang 

Langkah terakhir dari keseluruhan rangkaian proses di fulfillment center adalah pengiriman barang. Fasilitas ini umumnya telah menjalin kerja sama dengan berbagai penyedia layanan logistik untuk mengirimkan barang yang telah siap dikemas.

Oleh sebab itu, Anda bisa dengan mudah untuk mengirim barang yang sudah dipesan oleh pembeli. 

Sudah Tahu Tentang Fulfillment Center, Kan?

Anda sedang mencari tempat yang menyediakan layanan fasilitas pusat pemenuhan dengan manfaat yang lengkap, Biteship adalah solusinya. Biteship menyediakan layanan fulfillment center dengan manfaat yang lengkap sehingga Anda tidak perlu pusing lagi memikirkan mekanisme pengiriman barang Anda.

Selain itu, pusat pemenuhan Biteship juga tersedia di banyak kota besar, seperti Jakarta, Surabaya, Makassar, Medan, Yogyakarta, dan Semarang. Jadi, Anda tidak perlu bingung lagi dengan ketersediaan tempatnya. Dari ketersediaannya di berbagai kota, produk Anda bisa menjangkau masyarakat yang lebih luas lagi.

Konsultasikan kebutuhan penyimpanan dan pengiriman bersama tim Biteship ke nomor berikut ini:

WhatsApp tim Biteship

Atau, jadwalkan pertemuan online bersama tim Biteship pada link berikut ini

Jadwalkan Pertemuan.

Punya

Ratusan / Ribuan

Kiriman Setiap Hari?

Satu platform, beragam layanan pengiriman dan logistik

Web Dashboard

Pergudangan & Pengemasan

Dilengkapi Kurir Instant

Plugin Pengiriman

Integrasi API Pengiriman

Mendukung beragam layanan pengiriman

GojekJNEJNTTIKI

Terintegrasi dengan channel marketplace

TokopediaLazadaTiktokShopee

Mau Pengiriman Jadi Jauh Lebih Efektif?

Dapatkan potongan harga untuk pengiriman lebih banyak, #kirimlebihbanyak bersama Biteship!