Marketing Menarik! 8 Rekomendasi Free Gift untuk Customer

Marketing Menarik! 8 Rekomendasi Free Gift untuk Customer

Agar angka penjualan dapat meningkat, kini sudah banyak pebisnis yang akan memberikan free gift untuk customer. Ini bertujuan untuk memberikan kesan baik kepada konsumen. Lantas, barang seperti apa yang ideal untuk diberikan sebagai hadiah gratis? Simak rekomendasinya di bawah ini!

8 Free Gift untuk Customer

Meskipun menjadi salah satu strategi pemasaran, namun ada juga pebisnis yang belum paham mengenai hal tersebut. Oleh sebab itu, Anda harus mengetahui beberapa rekomendasi hadiah gratis berikut ini:

1. Kartu Kupon

Pemberian kartu kupon bertujuan untuk menarik konsumen agar melakukan transaksi terus menerus. Di mana kupon gratis ini menjadi iming-iming hadiah yang menjanjikan.

Jika Anda adalah pemilik usaha yang ingin memberikan hadiah gratis berupa kupon, maka sebaiknya diterapkan syarat tertentu. Dengan demikian, Anda tidak akan mengalami kerugian. Selain itu, konsumen juga akan lebih tertantang untuk mendapatkan free gift tersebut.

Secara umum, biasanya nilai transaksi pelanggan akan menjadi syarat dan ketentuan untuk mendapatkan hadiah gratis. Melalui implementasi ini, selain meningkatkan nilai transaksi, kartu kupon juga akan mendorong pelanggan datang kembali. Ini terjadi karena pelanggan ingin menggunakan bonusnya.

Setiap bisnis akan menyediakan sistem yang berbeda-beda. Sebagai contoh, pemberian kartu kupon setiap kali pelanggan melakukan transaksi minimal Rp100.000,00. Nah, pelanggan dapat mengumpulkan kupon sampai batas jumlah yang ditentukan. Kemudian, mereka bisa menukarnya menjadi hadiah.

Metode pemasaran ini bertujuan untuk memberikan stimulus bagi pelanggan agar melakukan pembelian terus menerus. Sehingga mereka dapat memenuhi syarat yang ditentukan dan mendapatkan hadiahnya.

2. Gantungan Kunci

Biasanya, bisnis online sering memberikan freebies kepada konsumen berupa gantungan kunci. Ini karena hadiah tersebut memang mudah ditemukan. Meskipun termasuk mainstream, namun banyak juga konsumen yang menyukainya.

Selain itu, jenis hadiah ini juga memiliki harga yang terjangkau. Jadi, pelaku usaha tidak rugi untuk memberikannya secara cuma-cuma. Harga gantungan kunci biasanya dibanderol mulai dari Rp1.000,00/pcs

Selain itu, gantungan kunci adalah salah satu benda yang cukup dibutuhkan oleh orang-orang. Ukurannya yang kecil akan memudahkan untuk dibawa kemanapun dan dapat digantung sesuai keinginan. Meski harganya terjangkau, namun gantungan kunci dapat menjadi hadiah gratis dan promosi meluas yang ideal.

3. Tumbler

Tidak sedikit pelaku usaha yang memberikan free gift untuk customer berupa tumbler atau botol minum. Biasanya mereka akan menyediakan botol minum yang dapat digunakan untuk minuman dingin dan panas. 

Tumbler bisa menjadi hadiah gratis terbaik, karena memberikan kesan mahal. Apalagi botol minum memiliki banyak jenis, bentuk, desain, dan ukuran. Baik itu yang minimalis maupun bercorak warna-warni.

Agar botol minuman terlihat menarik, Anda bisa menambah logo brand sendiri. Selain itu, tambahkan juga sticker dengan kata-kata motivasi sebagai hiasannya. Dengan demikian, pelanggan dapat merasa terinspirasi setiap menggunakan botol minum pemberian Anda.

Baca Juga: 8 Cara Membangun Customer Loyalty dan Manfaatnya untuk Bisnis

4. Pouch

Pouch dapat menjadi ide yang unik untuk diberikan sebagai bonus kepada pelanggan. Apalagi jika pouch terbuat dari bahan yang ramah lingkungan. 

Kalau ingin menambah kesan lebih menarik, maka buatlah desain dengan berbagai motif. Mulai dari motif unik, lucu, elegan, dan lain sebagainya. Dengan demikian, para pelanggan pasti akan mengincar untuk mendapatkan bonus tersebut.

Strategi pemasaran ini bisa Anda coba supaya pelanggan merasakan pengalaman berbelanja yang baik. Selain itu, agar semakin istimewa tambahkan juga kata-kata yang berkaitan dengan brand Anda. Jadi, pelanggan akan selalu mengingat merek bisnis.

Secara umum, memang jenis bonus ini lebih cenderung ke konsumen perempuan. Di mana mereka lebih mudah tergoda dengan barang-barang lucu. Apalagi pouch memiliki kegunaan yang dibutuhkan oleh perempuan, misalnya seperti untuk menyimpan uang, make up, dan barang-barang lainnya.

5. Penanda Buku

Pada jenis hadiah ini, biasanya akan menyasar ke segmen bisnis tertentu. Secara umum, toko khusus ATK dan buku yang akan memberikan penanda buku sebagai bonus hadiah.

Penanda buku memiliki banyak kegunaan untuk konsumen. Apalagi jika Anda membuat desain yang menarik, sehingga konsumen dapat melakukan transaksi kembali.

Selain itu, Anda juga bisa menyediakan penanda buku custom. Dengan demikian, pelanggan dapat membuat desainnya sendiri. Penanda buku juga terbilang barang dengan harga terjangkau, sehingga penjual dan pembeli tidak akan rugi.

6. Buku Nota

Jika target pelanggan adalah golongan pelajar, korporat, dan orang-orang yang memang membutuhkan buku nota dalam kegiatan sehari-harinya. Maka, buku nota bisa jadi solusi terbaik sebagai free gift untuk customer.

Berbanding terbalik dengan nota kalender, buku nota cenderung lebih praktikal. Ini karena buku nota dapat digunakan dalam berbagai tujuan. Mulai dari perencanaan harian, mingguan, bulanan, hingga tahunan.

Apalagi harga buku nota juga murah, jadi Anda tidak akan rugi. Anda bisa membelinya di toko ATK, biasanya mulai dari Rp5.000,00. Tergantung ukuran yang dipilih, namun sebaiknya berikan ukuran sedang saja. Selain itu, Anda juga bisa mendesainnya agar lebih menarik.

Baca Juga: Up Selling Adalah: Strategi, Peran Penting, dan Tipsnya

7. Sticker

Banyak toko online yang memberikan bonus sticker untuk para pelanggannya. Meskipun sederhana, namun hadiah ini cukup unik untuk menjadi bonus. Apalagi mudah ditemukan, bahkan jika Anda memiliki kreativitas juga bisa membuatnya sendiri.

Anda juga bisa membelinya, karena harga cetak stiker dalam jumlah banyak sangatlah murah. Kemungkinan harganya sekitar Rp20.000,00/lembar. Sebagai saran, Anda sebaiknya gunakan kertas A3 sedang yang dapat menghasilkan 40 stiker.

Pastikan Anda memberikan stiker yang memiliki gambar dan desain menarik. Selain itu, stiker juga harus mudah ditempel. Anda dapat menambahkan tulisan toko, logo brand, gambar abstrak, kartun, dan desain lainnya.

8. Lilin Wewangian

Lilin wewangian menjadi aromaterapi yang menenangkan untuk orang yang menghirupnya. Selain membuat ruangan terasa harum, lilin wewangian juga membuat suasana lebih tenang dan nyaman.

Memberikan bonus berupa lilin wewangian dapat menjadi poin plus di mata pelanggan. Anda bisa menemukan wewangian ini di berbagai tempat seperti IKEA, Miniso, dan toko sejenisnya. Pastikan Anda memilih aromaterapi yang menenangkan agar pelanggan merasa puas.

Baca Juga: Campaign: Pengertian Kampanye Marketing, Konsep, dan Tujuannya

Pilih Bonus Hadiah Paling Menarik!

Itulah beberapa referensi free gift untuk customer dengan keunikannya masing-masing. Jika Anda masih bingung ingin memberikan hadiah apa, maka Anda bisa menyesuaikannya dengan jenis bisnis Anda. Jadi, bonus mana yang paling menarik menurut Anda?

Punya

Ratusan / Ribuan

Kiriman Setiap Hari?

Satu platform, beragam layanan pengiriman dan logistik

Web Dashboard

Pergudangan & Pengemasan

Dilengkapi Kurir Instant

Plugin Pengiriman

Integrasi API Pengiriman

Mendukung beragam layanan pengiriman

GojekJNEJNTTIKI

Terintegrasi dengan channel marketplace

TokopediaLazadaTiktokShopee

Mau Pengiriman Jadi Jauh Lebih Efektif?

Dapatkan potongan harga untuk pengiriman lebih banyak, #kirimlebihbanyak bersama Biteship!