Mengenal Integrasi API Pengiriman dan Rekomendasi Terbaik 2024

Mengenal Integrasi API Pengiriman dan Rekomendasi Terbaik 2024

Toko online dapat mendatangkan keuntungan yang cukup banyak bagi pemiliknya. Agar Anda memperoleh keuntungan maksimal, diperlukan beberapa strategi. Salah satunya adalah melakukan integrasi API Pengiriman dengan toko online Anda sehingga pembeli semakin nyaman berbelanja.

Integrasi yang baik antara toko online dan API Pengiriman dapat menciptakan fitur pengiriman yang lengkap pada situs atau aplikasi toko online Anda. Dengan demikian, pembeli dapat dengan mudah mengecek ongkir dari berbagai layanan pengiriman barang.

Apa Itu API Pengiriman?

Apa sebenarnya API Pengiriman itu? API atau Application Programming Interface adalah tampilan yang isinya berupa sekumpulan protokol dan fungsi untuk menghubungkan suatu aplikasi dengan aplikasi lainnya.

Jika dilihat dari pengertian API di atas, maka API Pengiriman dapat diartikan sebagai aplikasi yang menghubungkan toko online dengan aplikasi pengiriman. API Pengiriman diciptakan oleh developer pihak ke tiga atau developer aplikasi pengiriman barang tertentu.

API Pengiriman yang diciptakan oleh pihak ke-3 umumnya memungkinkan toko online terhubung ke banyak layanan pengiriman sekaligus.

Namun, API Pengiriman buatan layanan ekspedisi tertentu umumnya hanya menghubungkan toko dengan satu layanan pengiriman saja. Jika Anda menggunakan jenis API Pengiriman ini, Anda perlu mengintegrasi toko online dengan beberapa API Pengiriman.

Jika mereka hanya menghubungkan dengan satu aplikasi saja, maka fitur pengiriman di website mereka akan sangat tidak memuaskan.

Cara Kerja API Pengiriman

API Pengiriman bekerja sebagai perantara antara toko online dan aplikasi pengiriman barang. Cara kerja software ini dapat diumpamakan seperti pelayan restoran yang mencatat pesanan customer, lalu menyampaikannya kepada koki, dan selanjutnya mengantar pesanan tersebut ke customer.

Berikut ini rincian cara kerja API Pengiriman:

1. Website Toko Online Mengakses API Pengiriman

Saat pembeli di toko online telah selesai memilih produk, ia akan mengakses fitur pengiriman untuk memilih layanan pengiriman. Pada saat itu, toko online akan mengakses API untuk meminta data sesuai yang dibutuhkan pembeli.

Sebagai contoh, pembeli memilih metode pengiriman reguler, maka toko online akan meminta data tentang pengiriman reguler berdasarkan alamat pengiriman dan alamat tujuan yang diinput pembeli pada toko online.

2. API Pengiriman Mengirim Request ke Server

Selanjutnya, API Pengiriman akan mengirim permintaan ke server ekspedisi yang menawarkan pengiriman reguler. Dengan kata lain, API akan memberitahu server bahwa toko online X perlu data tentang pengiriman reguler.

3. Server Merespon API Pengiriman

Setelah server mencari data tentang pengiriman reguler dan menemukannya, maka akan mengirim data tersebut ke API Pengiriman. Data ini berupa ongkos kirim reguler dan estimasi waktu pengiriman dari beberapa perusahaan ekspedisi.

4. API Pengiriman Meneruskan Respon ke Toko Online

Selanjutnya, API Pengiriman akan meneruskan respon server ke website atau aplikasi toko online. Website toko online selanjutnya akan menampilkan daftar layanan reguler dari berbagai ekspedisi beserta ongkir dan estimasi waktu pengiriman.

Keuntungan Melakukan Integrasi API Pengiriman dengan Toko Online

Situs atau aplikasi toko online yang terintegrasi dengan API Pengiriman akan memberi beberapa keuntungan bagi pemilik toko.

  • Pemilik toko tidak perlu melakukan update data tarif pengiriman tiap jasa ekspedisi secara manual. Hal ini karena semua update data disediakan oleh aplikasi jasa ekspedisi. Dengan demikian, pemilik dapat menghemat waktu dan bekerja lebih efisien.
  • Semua data tentang layanan pengiriman dari berbagai jasa ekspedisi disimpan di server aplikasi asal atau milik jasa ekspedisi. Dengan begitu, beban server toko online menjadi lebih ringan dan risiko server down dapat dihindari.
  • Aplikasi atau website toko menjadi lebih fungsional karena mampu menyediakan fitur pengiriman yang lengkap. Fitur pengiriman yang baik tentu akan membuat pembeli suka berbelanja di toko online tersebut.

Biteship: Plugin API Pengiriman Anti Ribet

Kini Anda sudah tahu keuntungan integrasi API Pengiriman dengan usaha. Untuk menyajikan fitur pengiriman yang lengkap dan dapat diandalkan pada toko online Anda, diperlukan plugin API Pengiriman terbaik. Plugin ini dapat Anda peroleh dari Biteship.

Biteship merupakan platform penyedia solusi logistik toko online. Platform ini menawarkan 3 produk layanan, yaitu Shipping yang berupa layanan pengiriman berbagai kurir, Fulfillment yang berupa solusi penyimpanan produk serta penjualan, dan Plugin yang berupa integrasi layanan ke toko online.

Plugin API Pengiriman dari Biteship memungkinkan pemilik atau pengelola toko online untuk memiliki fitur pengiriman yang memuaskan. Plugin yang ditawarkan oleh Biteship ada bermacam-macam sehingga semua kebutuhan fitur pengiriman Anda akan terpenuhi

API dari Biteship terhubung dengan banyak perusahaan ekspedisi, cargo, dan kurir instan dalam negeri maupun luar negeri. Jadi, Anda hanya perlu mengintegrasikan toko online dengan satu API Pengiriman dan toko Anda akan terhubung dengan banyak aplikasi.

Keunggulan API Pengiriman dari Biteship

API Pengiriman dari Biteship menawarkan sejumlah keunggulan, yaitu:

1. Cocok untuk Berbagai Ecommerce Web Developer

API Pengiriman dari Biteship dapat digunakan untuk berbagai ecommerce web developer, contohnya Shopify, Magento, dan Woocommerce. Anda dapat dengan mudah mengintegrasikan website toko dengan API Pengiriman

2. Pilihan Kurir Sangat Banyak

Dengan menggunakan API Pengiriman dari Biteship, Anda dapat dengan leluasa memilih layanan kurir yang ingin Anda hubungkan dengan toko online. Dalam hal ini, Anda tidak perlu melakukan integrasi satu per satu.

3. Memberi Pengalaman Belanja yang Lebih Baik Kepada Pembeli

Berkat plugin Rates API, toko online Anda dapat menampilkan daftar ongkir dari beragam perusahaan kurir dan ekspedisi. Alhasil, pembeli dapat memilih pengiriman yang paling hemat atau sesuai kebutuhan mereka dan merasakan pengalaman belanja yang lebih baik.

4. Mempermudah Pengiriman Barang

Dengan adanya plugin Order API, Anda dapat mengirim barang dengan lebih mudah. API tersebut memungkinkan Anda membuat resi secara otomatis dan memperoleh layanan jemput paket

5. Mempermudah Tracking Barang

Untuk melacak barang yang dikirim, Anda tidak perlu mengunjungi website atau aplikasi perusahaan ekspedisi dan kurir. Dengan tracking API, Anda dapat melacak barang dari berbagai perusahaan kurir melalui toko online Anda.

Tarif Layanan

Biteship menawarkan 4 jenis paket layanan API Pengiriman. Tiap paket dapat Anda peroleh dengan tarif yang berbeda-beda. Tarif tersebut dapat dibayar bulanan atau tahunan.

Pembayaran langsung selama satu tahun memungkinkan Anda menghemat biaya layanan hingga 3 bulan. Berikut ini paket layanan API Pengiriman dari Biteship:

Nama Paket Biaya/Bulan Biaya/Tahun Fasilitas
Starter Gratis Gratis Kurir layanan standard

 

Essentials Rp49.000 Rp549.000 · Kurir layanan standard

· Kurir layanan next day

· Hemat Rp39.000

 

Standard Rp79.000 Rp790.000 · Kurir layanan standard

· Kurir layanan next day

· Kurir instan

· Hemat 2 bulan

 

Premium Rp99.000 Rp890.000 · Kurir layanan standard

· Kurir layanan next day

· Kurir instan

· Kurir same day

· Kurir kargo

· Hemat 3 bulan

Selain paket di atas, Biteship juga menawarkan plugin API Pengiriman yang ditawarkan secara terpisah, tidak dalam satu paket, contohnya Rates API, Maps Search API, Tracking API, dan Order API. Rata-rata tarif layanan plugin API pengiriman tersebut adalah Rp99.000/10.000 API request.

Integrasi API Pengiriman pada website atau aplikasi toko online merupakan salah satu kunci sukses toko online. Untuk tujuan ini, Anda dapat menggunakan API Pengiriman dari Biteship yang telah terintegrasi dengan lebih dari 30 layanan kurir.

Punya

Ratusan / Ribuan

Kiriman Setiap Hari?

Satu platform, beragam layanan pengiriman dan logistik

Web Dashboard

Pergudangan & Pengemasan

Dilengkapi Kurir Instant

Plugin Pengiriman

Integrasi API Pengiriman

Mendukung beragam layanan pengiriman

GojekJNEJNTTIKI

Terintegrasi dengan channel marketplace

TokopediaLazadaTiktokShopee

Mau Pengiriman Jadi Jauh Lebih Efektif?

Dapatkan potongan harga untuk pengiriman lebih banyak, #kirimlebihbanyak bersama Biteship!