Kurir Pengiriman eCommerce: 4 Jasa Ekspedisi Terbaik!

Kurir Pengiriman eCommerce: 4 Jasa Ekspedisi Terbaik!
Kurir pengiriman eCommerce

Kurir pengiriman eCommerce merupakan salah satu metode yang tepat untuk Anda gunakan di jaman modern ini. Pasalnya, banyak orang memilih berbelanja daring, karena kemudahannya, sehingga kebutuhan pengiriman barang untuk pebisnis menjadi tinggi. Namun, jasa ekspedisi mana yang terbaik untuk bisnis online Anda?

Simak penjelasan mengenai apa itu kurir pengiriman untuk eCommerce, apa saja keuntungan menggunakannya, serta beberapa contoh jasa yang dapat Anda pilih dengan gulir ke bawah!

Pengertian Kurir Pengiriman

Kurir merupakan nama panggilan bagi seseorang yang memiliki tugas dalam mengirim paket, yang dapat berupa barang, dokumen, dan barang lainnya. Umumnya, kurir menggunakan kendaraan bermotor atau mobil untuk mengantarkan barangnya. Namun, tergantung dari besar dan jumlah barang yang akan kurir antar.

Kemudian, dengan tugas kurir untuk mengantar barang, jasa kurir terus berkembang, terutama dalam membantu transaksi jual beli di e-Commerce. Kurir yang bekerja untuk mengantar belanjaan dari e-Commerce umumnya bekerja pada jasa ekspedisi atau pihak yang menyediakan layanan pengiriman. 

Lalu, pembeli yang membeli barang melalui online tidak perlu mendatangi toko secara langsung untuk mendapatkan barang. Kurir pengiriman eCommerce lah yang akan mengantarkan barang tersebut secara door to door. Akibatnya, orang menjadi lebih mudah berbelanja.

Keunggulan Kurir Pengiriman untuk Bisnis e-Commerce 

Jumlah transaksi belanja melalui daring dapat terbilang pesat. Alasan utamanya adalah karena efisiensi. Misalnya, konsumen dapat membeli, memilih, dan membayar barang secara online, sehingga tidak memerlukan banyak waktu dan tenaga untuk berbelanja secara langsung. Berikut beberapa keunggulan lainnya.

1. Memiliki Penanganan yang Lebih Baik

Jasa kurir akan memberikan pelayanan dan penanganan yang lebih baik daripada pengiriman lainnya. Faktor utamanya adalah karena barang yang penjual atau pengirim kirim akan langsung kurir antar menuju alamat yang tertera di paket. Akibatnya, barang dapat sampai dengan keadaan baik dan tidak mengalami rusak.

2. Dapat di Tracking atau Pantau

Setiap barang yang berada pada jasa ekspedisi pasti akan memiliki nomor resi, sebelum kurir antarkan menuju alamat tertentu. Nomor resi yaitu nomor barang atau nomor identitas barang yang perlu kurir antar menuju penerimanya. 

Sebelum sampai di kurir, barang tersebut akan selalu di-scan mulai perjalanan awal dari kota pengirim, lalu sampai di kota penerima, dan kurir antarkan menuju alamat tujuan. Jadi, bisa Anda pantau dengan mudah melalui aplikasi tracking ekspedisi terkait dengan memasukkan no resi tersebut pada kolom yang tersedia.

3. Lebih Cepat

Pengiriman dengan menggunakan kurir pengiriman eCommerce melalui jasa ekspedisi membutuhkan waktu yang cepat. Jadi, Anda dapat menghemat waktu. Misalnya, beberapa jasa ekspedisi memiliki pilihan pengiriman Same Day atau pelanggan Anda dapat menerima barang dalam beberapa jam pengiriman.

4. Biaya Cukup Murah

Dalam jasa kurir dan ekspedisi, harga yang Anda bayarkan adalah rasional. Misalnya, harga yang Anda perlu bayarkan tergantung dari jarak pengiriman ke alamat tujuan pengiriman. Selain itu, jasa ekspedisi memiliki dua macam pengiriman. 

Contohnya seperti pengiriman Reguler untuk pengiriman barang biasa dan Kargo untuk barang yang besar dan memiliki jumlah banyak. Jika Anda perlu mengirim barang jualan online Anda yang besar dan banyak, Kargo adalah pilihan tepat.

Kemudian, bila Anda berlangganan, biasanya dari pihak ekspedisi juga akan menawarkan berbagai promo menarik perihal potongan ongkir. Jadi, Anda bisa memanfaatkan promo ini untuk menarik banyak target pasar bisnis berbelanja di toko Anda.

5. Bisa Jemput Paket ke Rumah atau Toko

Bagi Anda yang terkendala soal transportasi, maka perusahaan ekspedisi biasanya menawarkan fasilitas jemput paket ke alamat Anda. Fasilitas ini tentunya akan sangat membantu bagi Anda yang hendak mengirim paket dalam jumlah banyak atau tidak memiliki kendaraan pribadi.

Jadi, lebih hemat ongkos transport dan Anda bisa lebih fokus mengurus pesanan pelanggan serta promosi.

Baca Juga: Kenali Ecommerce Enabler, Tipe, dan Layanannya

4 Jasa Kurir Pengiriman eCommerce yang Dapat Anda Coba

Kepuasan pelanggan dan efektivitas operasional dalam sebuah bisnis menjadi hal yang sangat penting, terutama pada bisnis jual beli online. Pemilihan jasa ekspedisi dengan memiliki kurir yang baik tentu dapat menambah penghasilan toko Anda. Berikut beberapa pilihan perusahaan kurir pengiriman E-commerce yang dapat Anda pilih sebagai penunjang omset.

1. J&T

Berdasarkan laporan survei Populix di Indonesia Outlook on the Logistic Delivery Services pada Juni tahun 2023, J&T merupakan jasa ekspedisi yang paling banyak menjadi pilihan para penjual di e-Commerce, dengan jumlah 58%. Walaupun J&T hadir di tahun 2015, namun dapat mengalahkan perusahaan ekspedisi lainnya.

Misalnya, J&T mampu mendapatkan status sebagai perusahaan Unicorn yang memiliki valuasi bisnis sampai ratusan triliun. Tentu pencapaian tersebut dapat muncul karena keunggulan mereka, yaitu dapat menjangkau seluruh Indonesia, bahkan memiliki sistem tracking yang tepat waktu.

2. JNE (Jalur Nugraha Ekakurir)

JNE telah berdiri sejak tahun 1990, dengan memiliki nama PT Tiki Jalur Nugraha Ekakurir (JNE). Kehadiran JNE yang telah ada selama puluhan tahun adalah akibat dari keunggulannya. 

Seperti, JNE memberikan berbagai kesempatan undian serta penawaran paket yang menarik. Selain itu, Anda dapat memesan oleh-oleh secara langsung melalui JNE. Kemudian, keunggulan dan komitmen JNE juga terlihat dari penghargaan dan sertifikasi ISO 9001:2008 atas sistem manajemen mutu.

3. SiCepat

SiCepat Express merupakan perusahaan ekspedisi yang mampu mengantar barang ke seluruh tempat di Indonesia, bahkan ke Benua Asia dan Australia. Keunggulan ekspedisi ini adalah dapat mengirim barang dengan waktu yang cepat, sesuai dengan namanya, bahkan dalam waktu hanya satu malam.

4. First Logistic

Salah satu keunggulan jasa ekspedisi First Logistic adalah memiliki sistem COD atau Cash on Delivery yang berarti Anda dapat membayar barang tersebut, jika telah sampai di alamat tujuan pengiriman Anda. Selain itu, First Logistic akan memastikan biaya yang Anda bayarkan sesuai dengan pembayaran yang seharusnya.

Bersiap untuk Dapatkan Lonjakan Pesanan dengan Kurir Pengiriman eCommerce?

Jadi, bagaimana menurut Anda tentang kurir pengiriman eCommerce? Tentu dengan memiliki keunggulan yang beragam serta biaya yang murah, menggunakan jasa kurir dari perusahaan ekspedisi dapat menjadi pilihan tepat bagi Anda. 

Namun, Anda juga perlu memikirkan faktor lain, guna memberikan kepuasan pada pelanggan. Mulai dari ketelitian dalam mengemas pesanan hingga kualitas produk yang harus Anda jaga.

Dengan jasa pengiriman, bisnis Anda akan menarik banyak peminat. Hal tersebut dapat terlihat dari bagaimana banyak orang saat ini lebih memilih belanja online. Bahkan, menurut laporan We Are Social pada Januari 2024, Indonesia masuk ke dalam 10 besar negara dengan belanja online terbanyak setiap minggu.

Punya

Ratusan / Ribuan

Kiriman Setiap Hari?

Satu platform, beragam layanan pengiriman dan logistik

Web Dashboard

Pergudangan & Pengemasan

Dilengkapi Kurir Instant

Plugin Pengiriman

Integrasi API Pengiriman

Mendukung beragam layanan pengiriman

GojekJNEJNTTIKI

Terintegrasi dengan channel marketplace

TokopediaLazadaTiktokShopee

Mau Pengiriman Jadi Jauh Lebih Efektif?

Dapatkan potongan harga untuk pengiriman lebih banyak, #kirimlebihbanyak bersama Biteship!