Manajemen Logistik: Pengertian, Fungsi, Tujuan, Manfaat, dan Komponennya

Manajemen Logistik: Pengertian, Fungsi, Tujuan, Manfaat, dan Komponennya

Manajemen logistik adalah proses pengaturan atau pengelolaan dalam dunia logistik. Karena ada banyak langkah ataupun hal yang mencakup logistik. Jadi, pengaturannya harus dilakukan dengan sempurna.

Itulah kenapa sebelum menjalankan bisnis seseorang harus memahami apa itu pengelolaan logistik. Apalagi mereka menjual banyak sekali barang dan juga akan melakukan proses pengiriman.

Pengertian Manajemen Logistik

Manajemen logistik adalah serangkaian proses pengaturan dalam hal pengiriman, penyimpanan, hingga pengumpulan bahan mentah. Berbagai hal yang berhubungan dengan pemindahan barang dalam bentuk mentah ataupun jadi bisa dikatakan sebagai logistik.

Dalam manajemen ini, proses pengaturan menjadi sesuatu yang sangat penting. Misal proses pengaturan barang yang akan dikirim atau yang akan dijadwalkan. Semuanya harus benar-benar dilakukan dengan tepat.

Tanpa adanya proses manajemen dan pengaturan yang sempurna proses pengiriman akan berantakan. Biasanya, akan disediakan semacam dasbor yang bisa melakukan proses pengecekan serta pengiriman.

Nantinya, dasbor ini akan terhubung ke berbagai ekspedisi. Ada yang menggunakan ekspedisi inbound dan ada juga yang menggunakan outbound.

Baca Juga: Mengenal Distribusi dan Peranannya untuk Bisnis!

Fungsi Manajemen Logistik

Manajemen logistik memiliki fungsi yang cukup besar dalam hal bisnis. Berikut beberapa fungsi manajemen logistik yang akan diterima oleh para penggunanya.

1.     Perencanaan

Fungsi pertama dari manajemen logistik adalah untuk melakukan proses perencanaan. Ini dilakukan untuk melakukan proses pengiriman di berbagai daerah sesuai dengan permintaan.

Rencana biasanya sudah dibuat sejak jauh-jauh hari, jadi proses pengiriman bisa berjalan dengan lebih mudah. Selain itu, risiko untuk mengalami kesalahan kirim juga semakin kecil.

2.     Penganggaran

Proses penganggaran juga akan dilakukan untuk mengecek kira-kira seberapa besar dana yang dibutuhkan. Jadi, pihak yang berkepentingan bisa mengajukan anggaran tertentu sesuai dengan kebutuhan logistik.

Anggaran yang tepat bisa digunakan secara maksimal untuk keperluan logistik. Sementara itu, apabila anggarannya semakin sedikit, logistik akan berjalan tidak sesuai dengan keinginan.

3.     Pengadaan

Pengadaan suatu barang juga dilakukan dengan manajemen yang tepat. Karena manajemen ini akan menentukan kualitas sehingga proses pengadaan barang harus tepat dan tidak boleh kurang ataupun lebih.

4.     Penyimpanan dan Penyaluran

Proses penyimpanan dan penyaluran juga menjadi komponen yang utama. Penyimpanan harus dilakukan pada warehouse yang tepat dan selanjutnya disalurkan sesuai dengan kebutuhan.

Proses penyimpanan ini harus dilakukan dengan tepat dan lokasinya juga sesuai. Ini dilakukan untuk menghindari terjadinya kerusakan pada barang.

5.     Pemeliharaan

Selanjutnya adalah proses pemeliharaan yang nantinya akan dilakukan pada barang-barang yang tersimpan di dalam gudang. Ini harus dilakukan dengan tepat serta dilakukan proses pengecekan secara menyeluruh.

6.     Penghapusan

Terakhir adalah melakukan proses penghapusan pada bagian-bagian tertentu yang tidak perlu. Misal ada bagian yang kurang menghasilkan untung cukup tinggi bisa dialihkan ke tempat yang lain.

Selanjutnya, apabila ada produk yang sudah kadaluarsa juga disetop dan dikembalikan lagi ke dalam gudang.

Ini harus benar-benar dipikirkan terlebih dahulu karena apabila barang-barang yang tidak sesuai sampai di tangan konsumen, kemungkinan besar bisa membahayakan. Selain itu, Citra yang dimiliki oleh usaha juga akan semakin anjlok.

Baca Juga: Jasa Logistik Wajib Sertifikasi Halal pada 2024

Manfaat Manajemen Logistik Adalah?

Manfaat dari manajemen logistik bisa diterima oleh para penggunanya. Berikut beberapa manfaat logistik yang mungkin bisa meningkatkan kualitas dari usaha.

1.     Persediaan

Persediaan dari suatu barang akan selalu terpenuhi dengan baik. Karena dalam manajemen ini, biasanya akan dilakukan proses pengecekan adanya barang yang masuk dan juga barang yang keluar.

Jadi, setiap saat bisa mengetahui apakah stok barang pada periode atau di wilayah itu sudah cukup atau belum. Apabila sudah cukup, berarti pengiriman bisa dilakukan dalam beberapa hari atau minggu setelahnya.

Sebaliknya apabila persediaan sudah semakin kecil, biasanya pihak warehouse akan meminta dilakukan proses pengiriman ulang. Itulah kenapa, koordinasi harus dilakukan dengan sangat baik.

2.     Transportasi

Transportasi harus benar-benar dipikirkan dengan baik dalam hal logistik ataupun ekspedisi. Karena transportasi ini akan menentukan apakah barang-barang bisa dikirim dengan baik atau tidak.

Apabila barang-barang bisa dikirim dengan baik maka tidak perlu khawatirkan lagi. Jika barang-barang tidak bisa dikirim karena transportasi terganggu. Berarti ada kemungkinan tidak bisa memenuhi stok yang nantinya diminta.

3.     Layanan

Berbagai jenis layanan juga harus benar-benar dipikirkan dengan baik. Adanya manajemen ini, layanan yang nantinya akan diterima oleh pihak perusahaan hingga yang diterima oleh pembeli akan semakin tinggi.

Peningkatan layanan ini akan membuat barang-barang anaknya dikirim bisa datang tepat waktu. Selain itu, peluang untuk mengalami telat juga semakin kecil.

4.     Manajemen dan Administrasi

Urusan manajemen dan administrasi juga akan berjalan dengan sangat baik. Jadi ketika dilakukan proses pengecekan ataupun verifikasi seluruh datanya sudah langsung tersedia.

Misal saat ingin mengecek pengiriman untuk tanggal tertentu, semuanya bisa langsung dicek dari sini. Ini akan memudahkan berbagai jenis proses pengiriman.

5.     Kredibilitas

Apabila memiliki kredibilitas yang cukup tinggi dalam hal pengiriman barang, value proposition yang dimiliki oleh barang ataupun perusahaan bisa meningkat. Jadi, barang-barang yang dijual memiliki nilai yang cukup tinggi.

Maksud dari nilai yang cukup tinggi ini tidak berhubungan dengan harga. Namun, berhubungan secara langsung dengan kepercayaan sehingga peluang untuk melakukan proses pembelian akan semakin tinggi.

Baca Juga: Jasa Ekspedisi: Pengertian dan Cara Kerja

Platform Manajemen Logistik

Manajemen logistik adalah hal yang perlu dipertimbangkan agar proses pemasaran bisa berjalan dengan sempurna. Karena, apabila ada salah satu langkah yang tidak berjalan dengan baik kemungkinan besar akan sangat terganggu.

Itulah kenapa, proses manajemen ini harus dipikirkan dengan matang dan dicarikan platform yang tepat. Salah satunya adalah dengan menggunakan Biteship. Dengan platform ini, proses pengiriman dan hal-hal terkait dengan logistik bisa berjalan dengan baik.

Biteship memberikan segala kemudahan bagi bisnis untuk mengelola proses logistik. Mulai dari akses ke lebih dari 30+ kurir, integrasi dengan Shopify dan Woocommerce melalui plugin, hingga integrasi API untuk meningkatkan performa e-commerce Anda.

Semua manfaat ini bisa Anda dapatkan dengan menggunakan Biteship. Tertarik mengenal Biteship lebih jauh? Hubungi tim kami di nomor berikut:

WhatsApp tim Biteship

Atau, jadwalkan pertemuan online bersama tim Biteship pada link berikut ini

Jadwalkan Pertemuan.

Punya

Ratusan / Ribuan

Kiriman Setiap Hari?

Satu platform, beragam layanan pengiriman dan logistik

Web Dashboard

Pergudangan & Pengemasan

Dilengkapi Kurir Instant

Plugin Pengiriman

Integrasi API Pengiriman

Mendukung beragam layanan pengiriman

GojekJNEJNTTIKI

Terintegrasi dengan channel marketplace

TokopediaLazadaTiktokShopee

Mau Pengiriman Jadi Jauh Lebih Efektif?

Dapatkan potongan harga untuk pengiriman lebih banyak, #kirimlebihbanyak bersama Biteship!