Sortir: Pengertian, Manfaat dan Langkahnya dalam Logistik

Sortir: Pengertian, Manfaat dan Langkahnya dalam Logistik
Sortir adalah

Sortir adalah proses untuk memilih suatu produk ataupun jasa. Ini biasanya dilakukan untuk mendapatkan produk yang sesuai. Jadi, proses sortir dilakukan untuk memisahkan atau mengkategorikan produk.

Cara ini biasanya diterapkan di berbagai bidang. Khusus pada bidang logistik, biasanya proses sortir juga akan dilakukan untuk memudahkan proses pengiriman. Jadi, prosesnya bisa lebih efisien dan menghemat waktu.

Dalam Logistik, Manfaat Sortir Adalah?

Manfaat dari sortir ternyata bisa meningkatkan kualitas ataupun pendapatan yang dimiliki oleh perusahaan. Untuk mengetahui apa saja manfaat sortir selengkapnya bisa disimak di bawah ini.

Efisien Waktu

 Sorter adalah hal terpenting yang dilakukan untuk melakukan proses efisiensi waktu. Ini harus dipikirkan dengan baik karena waktu yang efisien akan menentukan apakah produk bisa diterima dengan baik atau tidak.

Proses sortir ini juga akan memudahkan data manifest. Untuk yang belum tahu, data manifest adalah kumpulan dari beberapa daftar barang yang biasanya ada dalam pengiriman tersebut.

Apabila produk-produk yang ada di sana sudah disortir dengan baik data manifest yang nantinya diberikan juga lebih sederhana. Ini akan memudahkan proses pengecekan sehingga minim terjadi kesalahan.

Menghindari Salah Kirim

Saat melakukan sortir biasanya akan ada proses pengelompokan sesuai dengan kategori. Pengelompokan ini dilakukan untuk menghindari adanya kesalahan dalam proses pengiriman.

Selama ini proses logistik khususnya yang berhubungan dengan pengiriman sering sekali mengalami kesalahan. Beberapa produk yang harusnya dikirim ke tempat tertentu justru salah arah karena proses penyortirannya tidak dilakukan.

Itulah kenapa proses sortir ini memang dilakukan dengan sangat baik dan tidak bisa sembarangan. Apabila sembarangan, kemungkinan besar akan menyebabkan masalah dan merugikan pihak perusahaan.

Memisahkan Produk dengan Kondisi Tertentu

Pemisahan beberapa produk dengan kondisi tertentu juga harus dilakukan. Misal produk-produk yang lebih mudah rusak ketika ditumpuk serta produk-produk yang mengandung cairan.

Proses pemisahan ini harus dilakukan juga apabila ada produk yang memiliki harga cukup tinggi dan rendah. Itulah kenapa, tidak ada salahnya untuk selalu mempertimbangkan hal ini dengan sangat baik.

Karena tanpa adanya proses pemisahan, produk-produk yang nantinya akan dikirim bisa mengalami kerusakan. Ini akan merugikan perusahaan ataupun bisa juga merugikan konsumen.

Meningkatkan Layanan

Selanjutnya adalah proses peningkatan layanan yang bisa semakin tinggi. Proses penyortiran akan membuat layanan menjadi lebih sempurna. Tidak mengherankan, jika penyortiran ini akan mempercepat kerja dari kurir ketika melakukan pengiriman.

Apabila proses ini terhambat, kemungkinan besar akan memicu masalah yang cukup serius. Salah satunya adalah konsumen yang melakukan komplain hingga adanya barang-barang yang rusak atau hilang.

Memudahkan Proses Pengecekan

Proses penyortiran akan memudahkan seseorang ketika melakukan proses pengecekan. Selain dengan menggunakan data manifest, biasanya proses pengecekan juga dilakukan secara manual.

Kemudahan dalam proses pengecekan ini akan mempercepat kerja berbagai divisi. Jadi, tidak ada salahnya untuk melakukannya secara cermat agar keseluruhan rangkaian atau supply chain tidak bermasalah.

Baca Juga: Stock Keeping Unit Adalah Kode Unik Barang, Apa Sajakah Fungsinya?

Cara Melakukan Sortir Adalah?

Cara melakukan sortir bisa dilakukan dengan mengikuti beberapa langkah di bawah ini. Gunakan salah satu yang paling sesuai dengan kebutuhan yang dimiliki.

1. Pengelompokan Alamat

Sorter adalah proses yang sebenarnya cukup panjang. Salah satunya adalah dilakukan dengan pengelompokan alamat yang sesuai dengan wilayah tertentu.

Biasanya pengelompokan alamat ini dilakukan untuk memudahkan proses pengiriman oleh kurir. Jadi, berbagai jenis barang yang nantinya memiliki alamat sama bisa langsung diantar dalam sekali jalan.

2. Pengelompokan Ukuran

Pengelompokan ukuran biasanya dilakukan untuk memudahkan proses pengiriman. Karena dalam proses pengiriman biasanya pengelompokan ini dilakukan pada barang-barang yang ukurannya kecil dan juga ukurannya besar.

Barang yang ukurannya besar biasanya akan dimasukkan ke dalam box besar seperti pickup. Sementara itu untuk yang memiliki ukuran kecil bisa langsung dikirim dengan menggunakan sepeda motor.

3. Pengelompokan Jenis Jasa yang Dipakai

Selanjutnya adalah proses pengelompokan sesuai dengan bidang jasa yang dipilih. Beberapa orang memilih paket pengiriman hari yang sama atau bisa juga paket pengiriman next day.

Apabila menemukan paket pengiriman hari yang sama, kemungkinan besar akan lebih direkomendasikan. Sementara itu, apabila memilih paket versi reguler biasanya akan disesuaikan dengan maksimal pengiriman.

4. Pengelompokan Jenis Barang

Selanjutnya adalah pengelompokan jenis barang yang nantinya akan dikirim. Barang-barang yang cukup mudah mengalami kerusakan biasanya akan sedikit dibedakan.

Selain itu, barang-barang yang mudah mengalami kerusakan juga akan dibedakan. Itulah kenapa, pengelompokan ini sangat penting untuk memudahkan proses pengiriman.

5. Diserahkan ke Kurir

Tahap terakhir adalah dengan menyerahkannya pada kurir. Setelah diserahkan maka proses selanjutnya adalah dikirim ke lokasi yang sesuai.

Sortir adalah proses yang dilakukan untuk memudahkan proses pengiriman. Dengan melakukan ini, prosesnya bisa berjalan dengan mudah. Bahkan, bisa memaksimalkan keuntungan yang nantinya akan diterima.

Baca Juga: Packing: Pengertian dan Cara Packing yang Benar

Sortir Barang Rapi dan Tertata, Kunci Minimnya Kesalahan Pesanan

Salah satu resiko dari lemahnya proses sortir yaitu kesalahan saat packing pesanan. Hal ini disebabkan oleh penyimpanan barang yang tidak sesuai dengan tempat semestinya. Alhasil, jika kesalahan ini terus dilakukan maka akan berdampak pada kepuasan pelanggan, tingginya biaya return, serta pemborosan packaging.

Biteship sebagai penyedia gudang dan fulfillment selalu memastikan semua barang disimpan di tempat yang telah ditentukan. Pengelolaan sortir di Biteship pun sudah sistematis sehingga peluang kesalahan penyimpanan barang sangat rendah.

Platform Biteship juga memberikan kemudahan proses automasi serta visibilitas terhadap jumlah stok. Anda tidak perlu khawatir dengan proses penyortiran, pengemasan, dan pengiriman karena staff Biteship sudah terlatih dan dijamin andal.

Konsultasikan masalah penyimpanan Anda dan dapatkan solusinya melalui tim kami di nomor berikut:

WhatsApp tim Biteship

Atau, jadwalkan pertemuan online bersama tim Biteship pada link berikut ini:

Jadwalkan Pertemuan.

Punya

Ratusan / Ribuan

Kiriman Setiap Hari?

Satu platform, beragam layanan pengiriman dan logistik

Web Dashboard

Pergudangan & Pengemasan

Dilengkapi Kurir Instant

Plugin Pengiriman

Integrasi API Pengiriman

Mendukung beragam layanan pengiriman

GojekJNEJNTTIKI

Terintegrasi dengan channel marketplace

TokopediaLazadaTiktokShopee

Mau Pengiriman Jadi Jauh Lebih Efektif?

Dapatkan potongan harga untuk pengiriman lebih banyak, #kirimlebihbanyak bersama Biteship!