Manifested Adalah Istilah Penting Jasa Ekspedisi, Apa Manfaatnya?

Manifested Adalah Istilah Penting Jasa Ekspedisi, Apa Manfaatnya?
Manifested adalah

Dalam proses pengiriman barang (ekspedisi) terdapat istilah yang dinamakan manifested. Manifested adalah istilah yang menunjukkan status pengiriman paket jasa ekspedisi. Namun perlu Anda ketahui, pengertian manifest secara umum dengan ekspedisi ternyata memiliki perbedaan yang signifikan.

Manifest secara umum diartikan sebagai langkah yang dilakukan seseorang agar keinginannya bisa terkabul. Dalam dunia pengiriman barang, manifested ternyata malah diartikan sebagai status pengiriman dan dokumen yang memuat berbagai informasi penting atau menunjukkan status pengiriman barang.

Manifested Adalah

Sesuai dengan penjelasan sebelumnya, manifested merupakan dokumen yang berisi informasi penting tentang daftar kargo, pesawat udara, penumpang, awak kapal, dan kendaraan lainnya dalam proses pengiriman logistik. Jauh berbeda dengan pengertian manifest secara umum, bukan?

Istilah manifested tidak hanya ditemui dalam bidang ekspedisi atau pengiriman barang, namun dalam bidang penerbangan pesawat dan bea cukai juga sering digunakan. Dalam dunia penerbangan, manifest biasanya berupa dokumen penting yang berisi informasi penumpang sebelum masuk pesawat.

Sebenarnya tidak semua jasa pengiriman barang menggunakan istilah manifested untuk pendataan  daftar barang yang akan dimuat. Bagi Anda yang sering menggunakan jasa kirim SiCepat, JNE, J&T, Indah Cargo, Akulaku, dan lainnya pastinya sering menjumpai manifested sebagai dokumen penting.

Terkadang istilah manifested juga memiliki arti yang berbeda-beda dalam setiap pengiriman barang. Manifested dalam Jasa pengiriman barang SiCepat diartikan paket telah sampai di kantor terdekat dan informasi pengiriman telah sampai ke dalam sistem. Apa maksud dari keterangan tersebut?

Setelah proses penjemputan barang dilakukan, barang akan didata pada kantor SiCepat yang dekat dengan tempat tinggal pengirim. Paket barang akan terlebih dahulu dimasukkan dalam laporan rekapan data sebelum diserahkan ke kurir, oleh sebab itu dinamakan dengan istilah “Manifested”.

Baca Juga: Pengertian ETA dan ETD Dalam Logistik

Pentingnya Manifest dan Manifested dalam Pengiriman Logistik

Sudah tahu perbedaan manifest secara umum dengan dunia logistik? Setelah mengetahui sedikit tentang dasar manifest, Anda juga harus memahami pentingnya manifest dalam dunia ekspedisi. Manifest dan manifested keduanya memang saling berkaitan, khususnya dalam sistem pergudangan bisnis.

1.     Bisa Melancarkan Proses Pengiriman Barang

Manifested adalah bagian penting dalam manajemen pergudangan atau dunia ekspedisi barang. Alasan utama yang membuat manifested dianggap penting karena bisa membantu melancarkan proses pengiriman barang. Mengapa bisa dikatakan demikian?

Manifest berupa data yang berisi informasi penting berkaitan dengan paket barang, sehingga akan memudahkan pihak logistik dalam melakukan penyimpanan dan pengiriman. Pihak logistik nanti akan lebih mudah mengelompokkan barang sesuai dengan tujuan pengirimannya masing-masing.

Beberapa acuan yang dibutuhkan oleh pihak logistik dalam sebuah manifest diantaranya daerah tujuan, alamat tujuan, dan jenis barang. Dengan adanya manifest, proses pengiriman barang akan berlangsung lebih cepat, efektif, dan efisien sesuai dengan tujuan perusahaan.

2.     Memudahkan Proses Inbound Gudang

Pada umumnya proses pengiriman barang tidak hanya berguna untuk paket pribadi dari seller, tapi juga berkaitan dengan permintaan stok gudang. Penggunaan manifested dalam dunia ekspedisi memudahkan proses inbound dan outbound warehouse yang terkadang membuat kewalahan.

Semua data penting yang sudah dimasukkan dalam manifest akan segera di-input oleh pihak gudang ke sistem atau database. Pihak gudang nantinya tidak perlu repot untuk mengecek satu per satu paket yang dikirimkan, sehingga waktu pengiriman akan lebih cepat dan efisien.

Apalagi kalau proses pengiriman barang sudah didukung dengan sistem digital, tentunya proses input data akan lebih cepat dan akurat. Manifested memudahkan jasa pengiriman barang dalam melakukan pengelolaan stok secara berkesinambungan. Apa manfaat manifested lainnya?

3.     Mencegah Terjadinya Masalah Pengiriman Barang

Kargo manifest ternyata bisa mengurangi masalah yang terjadi saat pengiriman barang. Masalah yang seringkali terjadi dalam proses kirim barang seperti pemeriksaan bea cukai. Banyak sekali pelanggan yang merasa rugi karena paket barang tidak lolos pengecekan saat proses pengiriman.

Untuk membuat paket barang diloloskan, memang sebaiknya Anda menyiapkan data manifest berkaitan dengan isi paket. Pastikan paket sudah memuat berbagai informasi penting seperti berat barang, alamat tujuan, karakteristik produk, dan masih banyak lagi pertimbangan lainnya.

Ketika proses pengecekan sudah berjalan dengan lancar, paket barang akan segera dikirimkan ke alamat tujuan sesuai rentang waktu yang diberikan. Jadi, pastikan terlebih dahulu bahwa paket barang sudah memuat manifest berisi berbagai informasi penting untuk mengurangi kesalahan.

Baca Juga: Cara Mudah Tracking Gosend dan Kelebihannya

Berbagai Istilah Penting Status Pengiriman

Dalam jasa ekspedisi barang tertentu, manifest dan manifested ternyata memiliki sedikit perbedaan arti. Manifest berkaitan dengan data, sedangkan manifested lebih banyak digunakan untuk menunjukkan status pengiriman. Beberapa istilah yang sering digunakan untuk menunjukkan status pengiriman yaitu:

  • Pick Up: Kurir akan segera menjemput paket yang dikirim oleh seller dengan menggunakan transportasi tertentu.
  • Manifested: Paket sudah berhasil diterima di kantor ekspedisi, selanjutnya akan masuk pendataan sistem dan diserahkan kepada kurir pengiriman.
  • Paket Telah Diinput Manifested (Nama Daerah): Paket yang akan dikirimkan sudah diterima dan di counter jasa ekspedisi ke daerah masing-masing.
  • On Transit: Paket sedang transit ke kota lainnya, kemudian akan segera dijadwalkan kembali untuk dikirim ke kota tujuan.
  • On Process: Paket masih dalam proses pengiriman.
  • Received on Destination: Paket sudah tiba di agen ekspedisi daerah tujuan, tetapi memang belum dikirimkan ke alamat tujuan.
  • Delivered: Paket sudah diantarkan dan sampai ke alamat tujuan sesuai penerima.
  • Antar Ulang (AU): Paket sedang dibawa oleh kurir tetapi belum sempat diantarkan ke alamat tujuan, paket akan diantarkan keesokan harinya.
  • Misroute: Kurir salah tujuan saat mengirimkan paket dan akan segera memperbaiki proses kirim paket tersebut.
  • Bad Addres (BA): Alamat tujuan ternyata tidak lengkap atau salah memasukkan alamat.
  • CODA: Paket sudah diantarkan ke alamat tujuan oleh kurir, namun tidak ada orang yang menerima, sehingga penerima diharapkan menghubungi cabang kantor ekspedisi terdekat.
  • NTH: Paket sudah diantar, tetapi tidak ada pihak yang menerima.
  • Criss Cross: Paket sudah dikembalikan ke pergudangan karena salah menuliskan alamat, label resi tertukar, dan pihak ekspedisi melakukan kesalahan tertentu.

Baca Juga: Mau Tahu Cara Melihat Pesanan di TikTok Shop? Cari Jawabannya Disini

Manifested adalah istilah yang menunjukkan status pengiriman sebuah jasa ekspedisi. Disisi lain, manifested juga berkaitan dengan sistem logistik jasa pengiriman. Bagi Anda yang ingin lebih mudah dalam mengatur sistem pergudangan bisnis, bisa menggunakan layanan https://biteship.com/id.

Punya

Ratusan / Ribuan

Kiriman Setiap Hari?

Satu platform, beragam layanan pengiriman dan logistik

Web Dashboard

Pergudangan & Pengemasan

Dilengkapi Kurir Instant

Plugin Pengiriman

Integrasi API Pengiriman

Mendukung beragam layanan pengiriman

GojekJNEJNTTIKI

Terintegrasi dengan channel marketplace

TokopediaLazadaTiktokShopee

Mau Pengiriman Jadi Jauh Lebih Efektif?

Dapatkan potongan harga untuk pengiriman lebih banyak, #kirimlebihbanyak bersama Biteship!