Mengenal Fasilitas Logistik dan Ragam Jenis Fasilitasnya

Mengenal Fasilitas Logistik dan Ragam Jenis Fasilitasnya
fasilitas logistik

Dalam bidang logistik ada yang namanya fasilitas logistik. Apa Itu dan apa saja jenisnya? Fasilitas yang ada dalam bidang logistik berbeda dengan fasilitas yang ada pada bidang contoh iklan produk simple karena bidang ini tidak mengacu pada fasilitas pengiriman barang, melainkan promosi produk saja.

Fasilitas logistik sendiri merupakan tempat yang akan dipakai untuk memindahkan produk melalui rantai pasokan. Berbagai fasilitas yang diberikan pada logistik akan dipakai untuk kegiatan operasional logistik. Beberapa fasilitas ada yang diberikan oleh pihak ketiga dan ada pula oleh pihak internal. 

Mengenal Jenis Fasilitas Logistik

Setiap perusahaan pasti punya fasilitas untuk operasional logistik. Namum fasilitas yang dimiliki oleh tiap perusahaan biasanya berbeda-beda. Ada beberapa perusahaan yang fasilitas bidang logistiknya fokus pada penyediaan simpanan stok produk. 

Ada juga perusahaan yang punya fasilitas untuk penyaluran produk dari lokasi distribusi yang satu ke lokasi distribusi lainnya. Semua jenis fasilitas ini biasanya disesuaikan dengan perusahaan tersebut. Namun secara umum ada beberapa jenis fasilitas bidang logistik, diantaranya adalah seperti:

1. Distribution Center

Istilah Distribution Center juga biasa dikenal dengan singkatan DC. Istilah fasilitas yang satu ini sudah sangat familiar dalam dunia logistik. Umumnya DC atau Distribution Center akan digunakan untuk pengiriman produk menuju gudang atau ritel lain. 

Distribution Center ini juga dipakai sebagai tempat untuk melakukan sortir barang yang disesuaikan dengan wilayah dan toko. Pada DC ini tersedia sub fasilitas yang akan mendukung semua kegiatan operasionalnya. 

Sub fasilitas yang dimaksud adalah seperti mengirim dan mengambil pesanan serta distribusi barang, termasuk pengemasannya. Orang biasanya kurang bisa membedakan antara Fulfillment dan Distribution Center, padahal keduanya punya perbedaan yang signifikan. 

Fulfillment ini juga merupakan salah satu dari jenis fasilitas logistik. Namun untuk penjelasan detail tentang Filfillment akan dijabarkan pada poin berikutnya.

2. Fulfillment Center

Selanjutnya ada fasilitas Fulfillment Center yang juga termasuk fasilitas bidang logistik paling umum. Sebagaimana yang sudah disinggung sekilas di atas, Fulfillment Center memang sekilas sama dengan Distribution Center namun keduanya berbeda secara signifikan. 

Fulfillment Center umumnya disediakan oleh pihak 3PL yang merupakan pihak ketiga. Adanya fasilitas Fulfillment Center ini akan membantu memudahkan pebisnis dalam memenuhi pesanan, mendapat biaya logistik yang lebih terjangkau, serta membantu pengiriman barang lebih cepat. 

Pada fasilitas Fulfillment Center, biasanya pesanan yang masuk bisa langsung diproses seperti pengambilan pesanan pada rak hingga kegiatan pengiriman barang tersebut. Fulfillment Center akan secara langsung menyampaikan pesanan ke konsumen akhir. 

Fulfillment Center ini merupakan fasilitas yang umumnya dimiliki oleh perusahaan ekspedisi yang juga merupakan salah satu bidang usaha logistik dan pengiriman. Para pelaku bisnis online pasti secara otomatis menggunakan fasilitas logistik yang satu ini. 

Produsen yang menggunakan fasilitas Fulfillment biasanya memanfaatkannya untuk pengambilan, pengemasan, penyimpanan, hingga pengiriman produk ke konsumen.

3. Penyimpanan On Demand

Fasilitas penyimpanan on demand juga biasa dikenal dengan sebutan pergudangan. Sama halnya dengan Fulfillment Centeer, fasilitas yang satu ini juga diberikan atau disediakan oleh pihak ketiga. Fungsi dari fasilitas ini adalah untuk penyimpanan barang sementara. 

Untuk menggambarkan fasilitas ini, pada kasus jual beli online yang punya pesanan membludak maka pihak e-commerce akan menyediakan gudang untuk menyimpan sementara pesanan tersebut sebelum dikirim ke konsumen. Jadi di sini gudang sebagai perantara. 

Meskipun sangat membantu dalam dunia e-commerce, namun fasilitas ini umumnya punya kekurangan yang mana resikonya tinggi. Bagaimana tidak, pergudangan on demand ini tidak punya pengawasan operasional gudang yang konsisten. 

Macam-macam Gudang Fasilitas Logistik

Dari penjelasan beberapa jenis fasilitas bidang logistik yang disebutkan di atas, jika dikerucutkan maka fasilitas tersebut lebih mengarah pada fasilitas gudang. Dalam dunia logistik, ada beberapa macam jenis gudang yang perlu dikenal, diantaranya adalah sebagai berikut:

1. Penyimpanan Bahan Baku

Jenis gudang yang pertama adalah gudang untuk penyimpanan bahan baku. Gudang ini dipakai oleh perusahaan yang berperan sebagai produsen untuk menyimpan semua bahan baku yang sebelum diubah menjadi produk jadi.

2. Penyimpanan Barang Jadi

Selanjutnya ada jenis gudang untuk penyimpanan barang yang sudah jadi. Semua barang yang sudah dipromosikan menjadi barang jadi terlebih dulu akan disimpan pada gudang ini sebelum didistribusikan pada lokasi pemasaran. 

Gudang batang jadi ini punya kesamaan dengan gudang bahan baku, yaitu merupakan fasilitas bidang logistik yang disediakan secara internal atau tidak disediakan oleh pihak ketiga.

3. Gudang Fulfillment 

Seperti yang sudah dijelaskan pada pembahasan awal terkait fasilitas logistik, gudang fulfillment ini juga termasuk jenis gudang dalam dunia logistik yang punya peran penting. 

Gudang ini akan menjadi gudang tempat terkumpulnya berbagai jenis barang yang akan dikirimkan. 

Gudang fulfillment ini punya ukuran yang lebih besar yang biasanya merupakan kepunyaan perusahaan jual beli online. Selain itu, gudang fulfillment juga dijadikan sebagai tempat untuk melakukan pengepakan produk pesanan sebelum diantar ke lokasi pemesanan.

4. Gudang Cross Docking

Kemudian ada juga yang dikenal dengan gudang cross docking. Istilah gudang ini dipakai untuk menyebutkan gudang tempat loadingnya pesanan atau untuk sekedar menaruh barang produksi sebelum didistribusikan lagi.

Sebelum barang dikirim ke lokasi distribusi lainnya, barang terlebih dulu akan mengalami proses pemindahan dari truk ke truk. Pemindahan dari truk ke truk inilah yang terjadi di gudang cross docking. Peran cross docking dalam penyimpanan barang pesanan tidak berlangsung lama. 

Barang-barang yang sampai di gudang jenis ini biasanya di hari sama juga akan langsung diangkut untuk disalurkan ke lokasi distribusi pemesanan selanjutnya. Jadi jangan heran jika gudang ini umumnya beroperasi selama 24 jam. 

Hal tersebut juga mengingat pengiriman barang dari gudang yang akan diantar dengan kisaran waktu yang berbeda-beda. Inilah mengapa gudang ini disebut dengan gudang loading barang pesanan.

5. Gudang Sortir

Sesuai urusannya, terakhir ada yang namanya gudang sortir. Gudang sortir ini juga rak kalah pentingnya perannya dengan jenis gudang yang lain. Bisa dibilang gudang sortir ini merupakan gudang paling akhir sebelum barang pesanan diantar ke alamat spesifik pemesanan. 

Sesuai namanya, akan ada banyak kegiatan yang dilakukan di gudang sortir ini dengan tugas utama mengurutkan barang pesanan sesuai dengan alamat dan jenis pesanan. Penyortiran barang umumnya dilakukan dalam waktu yang lama. 

Hal tersebut karena semua barang pesanan dari berbagai daerah akan dikumpulkan di gudang ini. Tentu saja gudang sortir termasuk jenis fasilitas bidang logistik yang disediakan oleh pihak ketiga. Fasilitas logistik umumnya punya pesan penting untuk bidang usaha ekspedisi bagi Anda yang mengalami kendala pada pengiriman pesanan, Anda bisa manfaatkan jasa dari Biteship agar bisa terhubung dengan ekspedisi yang digunakan secara lebih cepat dan tepat.

Punya

Ratusan / Ribuan

Kiriman Setiap Hari?

Satu platform, beragam layanan pengiriman dan logistik

Web Dashboard

Pergudangan & Pengemasan

Dilengkapi Kurir Instant

Plugin Pengiriman

Integrasi API Pengiriman

Mendukung beragam layanan pengiriman

GojekJNEJNTTIKI

Terintegrasi dengan channel marketplace

TokopediaLazadaTiktokShopee

Mau Pengiriman Jadi Jauh Lebih Efektif?

Dapatkan potongan harga untuk pengiriman lebih banyak, #kirimlebihbanyak bersama Biteship!