Packing kayu J&T: Fungsi, Keunggulan, Tips Aman, Hingga Biaya

Packing kayu J&T: Fungsi, Keunggulan, Tips Aman, Hingga Biaya
packing kayu jnt

Kalau Anda ingin memastikan paket kiriman menggunakan ekspedisi J&T sampai dengan aman dan selamat, maka menggunakan packing kayu J&T dapat dijadikan pilihan. Meskipun harus nambah biaya, tapi hati tidak was-was tentang kondisi paket tersebut saat diterima nanti.

Saat ini, memang hampir semua ekspedisi sudah menyediakan layanan pengemasan menggunakan kayu ini. Hanya saja J&T tentu punya keunggulannya sendiri. Penasaran? Simak informasi lengkapnya disini.

Fungsi Packing Kayu

Jika dibandingkan dengan packing jenis lain, seperti plastik atau kertas memang pengemasan menggunakan kayu punya fungsi yang sama. Diantaranya, membantu menjaga kondisi barang agar tetap aman dan tidak rusak dari awal proses kirim sampai diterima.

Selain itu, berfungsi juga sebagai penopang paket yang isinya tidak rata. Sehingga ketika nantinya melalui proses bongkar muat, akan lebih mudah ditata berdasarkan ukuran maupun lokasi pengantaran.

Fungsi lain yang tak kalah penting adalah, sebagai kemasan tambahan ketika paket yang dikirim masuk kategori fragile atau mudah rusak. Misalnya untuk barang pecah belah, barang elektronik, hingga motor yang tentunya rentan rusak kalau tidak dikemas dengan baik.

Baca Juga: Packing Kayu JNE

Keunggulan Packing Kayu J&T

Selain itu, ada juga banyak keunggulan bisa diperoleh konsumen J&T yang memanfaatkan layanan pengemasan menggunakan kayu ini. Terutama kalau Anda mengirim barang ke daerah yang jauh.

Bahan Kayu yang Digunakan

Tidak sembarangan jenis kayu, yang digunakan sebagai bahan packing kayu J&T. Hanya kayu dengan kekuatan maksimal dan keawetan terbaik yang dipilih, contohnya adalah kayu multiplek, randu, atau mahoni.

Jenis kayu tersebut sudah terbukti tahan benturan dan tidak akan mudah rapuh. Oleh karena itu, J&T menggunakannya sebagai bagian dari upaya memaksimalkan layanan pengiriman berbagai jenis paket.

Kuat 

Kayu yang terpilih, sangat kuat menopang barang yang ada didalamnya. Apalagi ditunjang pengemasannya oleh tenaga profesional, sehingga hasil packing menjadi lebih maksimal dan tidak akan rusak.

Bentuk kemasan juga sudah diatur sedemikian rupa, supaya dapat memaksimalkan volume barang tanpa merusak bagian-bagiannya.

Ramah Lingkungan

Kalau dibandingkan dengan plastik yang tidak terurai, kayu tentunya lebih aman dan tidak akan menjadi produk yang mencemarkan lingkungan. Setelah paket sampai, Anda membuka kemasan kayunya lalu kayu bisa langsung dibuang ke tempat sampah tanpa harus didaur ulang.

Jika kondisi kayu masih bagus, juga dapat dimanfaatkan untuk berbagai kebutuhan. Misalnya, sebagai tambahan kayu penyangga pondasi rumah atau kayu untuk membuat pagar halaman agar terlihat lebih rapi.

Rapi dan Awet

Coba bandingkan, kemasan paket menggunakan kardus atau plastik yang tampilannya bisa saja berubah setelah terhimpit dengan paket lain saat proses pengiriman barang. 

Paket yang menggunakan packing kayu, akan terlihat tetap rapi dan kokoh dari awal dimuat pada armada ekspedisi sampai diterima.

Tersedia Berbagai Ukuran

J&T sudah menyediakan kayu untuk pengemasan berbagai jenis barang, dengan pilihan ukuran yang lengkap. 

Dari ukuran paling kecil untuk pengemasan barang pecah belah ukuran kecil, sampai ukuran ekstra besar. Untuk mengemas barang elektronik, hingga furniture dengan ukuran maksimal.

Mempermudah Bongkar Muat Barang

Ketika paket dikemas dengan tambahan packing kayu J&T, akan lebih memudahkan pihak kurir dan tim J&T saat melakukan bongkar muat. Mereka tinggal mengangkat kemasan kayu, lalu memindahkannya tanpa merusak paket yang ada di dalamnya.

Harga Bersahabat

J&T menyediakan packing menggunakan kayu, dengan harga relatif murah. Sehingga Anda tidak perlu mengeluarkan dana ekstra besar, untuk tambahan kemasan pelindung tersebut.

Harga yang sudah ditetapkan, akan sebanding dengan fungsi dari packing tersebut. Yang akan memastikan paket kiriman Anda, benar-benar aman dan utuh sampai di alamat tujuan.

Baca Juga: Pengertian Packing dan Manfaatnya

Tips Aman Menggunakan Packing Kayu 

Mau lebih aman menggunakan packing kayu J&T? Anda bisa menerapkan beberapa tips berikut ini, tentunya dengan berkolaborasi dengan tim J&T tempat pengiriman barang.

  • Pilih Bahan Terbaik

Pastikan bahwa kayu yang dipakai adalah kayu dengan kekuatan terbaik, apalagi kalau Anda ingin mengirim barang berharga yang rentan mengalami kerusakan. Misalnya, guci mewah yang akan dikirim via darat atau televisi super jumbo untuk diantarkan ke sanak saudara di kampung.

Untuk itu, ketika sudah memilih layanan packing kayu maka Anda bisa melihat proses packing sampai selesai. Supaya bisa dipastikan bahwa kayu yang dipakai, adalah yang terbaik.

  • Tambahkan Label Penegas Jenis Paket

Minta pihak J&T menambahkan label fragile, pada paket yang sudah diberikan packing kayu tersebut. Untuk memastikan kondisi penempatannya sepanjang proses pengiriman, benar-benar aman dan tidak diperlakukan sembarangan.

Jika ingin lebih puas, Anda dapat membeli sendiri stiker fragile yang banyak dijual di toko alat tulis.

  • Pastikan Ukuran Paket dan Packing 

Anda harus tahu, berapa ukuran paket yang dikirim tersebut. Setelah melakukan pengemasan sendiri menggunakan kardus atau bahan lainnya, sebelum dikemas dengan tambahan kayu.

Dengan informasi ukuran tersebut, tentunya akan memudahkan pihak J&T untuk menentukan volumetrik barang. Sekaligus memastikan ukuran packing, yang akan dibuat untuk paket Anda.

Jika Anda tidak paham cara mengukurnya, bisa meminta bantuan petugas J&T untuk melakukannya.

  • Informasikan Isi Paket pada Pihak J&T

Jangan lupa untuk memberikan informasi lengkap, terkait jenis barang yang ada di dalam paket tersebut. Karena tidak semua barang bisa diprioritaskan, untuk menggunakan packing kayu.

Selain itu informasi juga penting untuk memastikan, bahwa data yang akan muncul resi adalah benar terkait jenis barang di dalam paket Anda.

Ada yang disarankan hanya menggunakan kardus, plastik, atau dikemas dengan kertas khusus saja.

Keunggulan dan informasi seputar packing kayu J&T, tentu akan membuat Anda lebih tahu apakah akan menggunakan layanan kemasan tersebut atau tidak ketika akan mengirim sebuah paket.

Layanan Pengiriman Dijamin Aman

Pastikan paket Anda selamat sampai di tujuan dengan pemilihan packaging yang tepat. Jika Anda memiliki bisnis dengan produk pecah belah atau barang elektronik, Biteship dapat menyediakan packaging kayu agar barang Anda tetap aman.

Biteship melayani pengiriman barang dalam jumlah kecil maupun besar dengan berbagai jenis packaging. Biteship pun telah bekerja sama dengan seluruh ekspedisi terbaik di Indonesia sehingga Anda tidak perlu khawatir dengan keamanan paket. 

Konsultasikan pengiriman barang skala perorangan atau skala bisnis bersama tim Biteship ke nomor berikut ini:

WhatsApp tim Biteship

Atau, jadwalkan pertemuan online bersama tim Biteship pada link berikut ini:

Jadwalkan Pertemuan

Punya

Ratusan / Ribuan

Kiriman Setiap Hari?

Satu platform, beragam layanan pengiriman dan logistik

Web Dashboard

Pergudangan & Pengemasan

Dilengkapi Kurir Instant

Plugin Pengiriman

Integrasi API Pengiriman

Mendukung beragam layanan pengiriman

GojekJNEJNTTIKI

Terintegrasi dengan channel marketplace

TokopediaLazadaTiktokShopee

Mau Pengiriman Jadi Jauh Lebih Efektif?

Dapatkan potongan harga untuk pengiriman lebih banyak, #kirimlebihbanyak bersama Biteship!