Layanan Door to Door: Pengertian, Manfaat, dan Bedanya dengan Port to Port

Apabila Anda sering melakukan pengiriman barang menggunakan layanan dari ekspedisi, maka door to door merupakan istilah yang umum didengar. Layanan ini biasanya digunakan untuk mengirim barang ke suatu lokasi.

Kini Anda tidak perlu kerepotan saat ingin mengirim suatu barang karena sudah banyak penyedia layanan ekspedisi yang siap membantu. Melalui ekspedisi barang akan dikirim tepat waktu dan kondisinya tetap terjaga selama perjalanan.

Apa Itu Door to Door

Jika Anda memiliki bisnis besar yang melayani pengiriman sampai ke luar daerah dan mancanegara, maka dibutuhkan bantuan dari ekspedisi. Tujuannya supaya barang yang dibeli dapat sampai langsung ke penjual dalam kondisi terbaik.

Penjual hanya perlu menyerahkan barang ke pihak ekspedisi dan seluruh proses pengirimannya akan dilakukan dengan cepat dan mudah. Salah satu layanan pengiriman yang dapat Anda gunakan adalah door to door.

Biasanya layanan ini lebih sering dimanfaatkan untuk pengiriman barang dari luar negeri. Namun Anda juga bisa menggunakannya untuk pengiriman ekspor. Barang akan dikirim menggunakan pilihan transportasi, mulai dari darat, laut, hingga udara.

Door to door artinya pintu ke pintu, maka saat Anda menggunakan layanan ini dapat dipastikan bahwa barang yang dikirim akan sampai langsung ke tangan pembeli. Anda juga dapat memantau perjalanan barang supaya tidak terjadi kesalahan.

Promosi door to door adalah salah satu cara yang digunakan untuk memperkenalkan layanan ekspedisi ke masyarakat. Anda dapat mempromosikan layanan melalui testimoni customer yang sudah menggunakan jasa pengiriman.

Manfaat Door to Door

Door to door service merupakan salah satu layanan yang diperlukan dalam bisnis. Terutama jika Anda memiliki bisnis dalam skala besar dan melayani pengiriman sampai ke luar negeri. Selain itu layanan ini juga mempunyai berbagai manfaat, seperti:

  1. Hemat Biaya Pengeluaran Bisnis

Saat melakukan transaksi jual beli, biasanya barang dapat dibawa langsung oleh pembeli atau dikirim menggunakan jasa ekspedisi. Pengiriman barang ini umumnya berlaku untuk pembelian dalam skala besar atau belanja dari toko online.

Anda bisa melakukan pengiriman menggunakan layanan door to door yang disediakan pihak ekspedisi. Layanan ini lebih praktis dan efektif karena Anda tidak perlu mengeluarkan biaya tambahan. Biasanya tagihan pengiriman akan dibebankan kepada pembeli.

  1. Hemat Waktu Pengiriman

Selain hemat biaya, Anda juga bisa menghemat waktu. Pasalnya melalui ekspedisi, Anda tidak perlu mengantarkan barang ke lokasi pembeli. Pihak ekspedisi akan menjadi perantara untuk mengirimkan barang menggunakan transportasi yang dipilih.

Barang akan dijemput langsung dari gudang maupun alamat bisnis. Kemudian barang akan langsung dikirim menuju alamat penerima. Anda hanya perlu menunggu konfirmasi dari pembeli apabila barang telah sampai.

  1. Proses Pengiriman yang Praktis

Mengirim barang ke luar kota dan mancanegara bukanlah hal yang mudah. Anda harus memikirkan berbagai aspek, seperti packaging, transportasi, waktu, dan biaya. Supaya lebih praktis Anda bisa memanfaatkan layanan pengiriman dari ekspedisi.

Melalui layanan door to door Anda dapat mengirimkan barang ke pembeli sesuai lokasi dan tempat waktu. Pihak ekspedisi akan mengirimkan barang dari gudang atau menjemput langsung di kantor bisnis menuju alamat penerima.

Anda tidak perlu melakukan berbagai prosedur pengiriman karena semua sudah diurus oleh pihak ekspedisi. Penjual tinggal menyiapkan barang dan menuliskan alamat dengan lengkap. Maka barang akan segera sampai dengan selamat ke tangan pembeli.

  1. Waktu Pengiriman yang Lebih Cepat

Ketika menggunakan layanan dari ekspedisi, barang yang dikirim akan sampai dalam waktu singkat. Seluruh proses pengiriman sudah terjadwal dan dijamin akan sampai pada waktu yang disepakati atau bahkan lebih cepat.

Jika Anda ingin mengirim barang ke luar negeri, maka layanan door to door import dapat menjadi pilihan terbaik. Melalui layanan ini barang dapat dikirim dengan cepat ke negara tujuan. Semua prosedur pengirimannya juga telah diurus oleh pihak ekspedisi.

  1. Kondisi Barang Terjamin

Manfaat door to door dalam bisnis berikutnya adalah kondisi barang yang terjamin. Pasalnya layanan ini akan memberikan proteksi maksimal untuk menjaga kondisi barang. Sehingga ketika sampai ke penerima, barang dalam kondisi yang baik dan tidak rusak.

Perbedaan Door to Door dan Port to Port

Dalam proses pengiriman barang biasanya disediakan beberapa layanan, seperti door to door dan port to port. Sebelum memahami tentang perbedaan kedua layanan tersebut, Anda perlu mengetahui tentang istilah-istilah berikut ini.

  1. Pengertian Door to Door

Door to door merupakan salah satu layanan pengiriman yang ditawarkan oleh ekspedisi. Layanan ini merupakan yang paling banyak diminati karena dianggap menguntungkan. Pihak pengirim hanya perlu menunggu barang dijemput untuk kemudikan dikirimkan ke alamat penerima.

  1. Pengertian Port to Port

Sedangkan jika Anda memilih layanan port to port, maka customer harus mengantarkan barang ke kantor ekspedisi. Barang yang akan dikirim tidak dijemput oleh pihak ekspedisi, melainkan harus Anda antarkan terlebih dahulu.

Setelah sampai ke kota atau negara tujuan, barang tidak akan dikirimkan ke alamat penerima. Proses pengiriman hanya berhenti sampai di pelabuhan. Penerima harus dating sendiri untuk mengambil barang menggunakan transportasi pribadi.

  1. Pengertian Door to Port

Door to port adalah proses pengiriman barang yang dilakukan oleh kurir dari lokasi penjemputan menuju ke pelabuhan atau port logistik. Selanjutnya proses pengiriman akan dilanjutkan dengan layanan lainnya atau diambil langsung oleh penerima barang.

  1. Pengertian Port to Door

Berbeda dengan layanan door to port yang menguntungkan pengirim, port to door memberikan kemudahan kepada penerima. Layanan ini memungkinkan proses pengiriman barang dari port logistik menuju ke warehouse atau alamat penerima.

Semua layanan tersebut memiliki peran yang berbeda-beda dalam proses pengiriman barang. Anda bisa menggunan layanan sesuai dengan kebutuhan. Selain itu Anda juga perlu memahami tentang perbedaan layanan door to door dengan port to port.

Secara umum perbedaannya terletak pada proses pengirimannya. Layanan door to door memungkinkan barang dijemput langsung di lokasi pengirim lalu dikirimkan langsung menuju ke alamat penerima.

Sedangkan dalam layanan port to port, Anda harus mengirimkan barang ke kantor ekspedisi. Setelah itu barang tidak akan langsung dikirim ke alamat penerima. Proses pengiriman hanya sampai ke pelabuhan atau bandara sesuai kota tujuan.

Setelah itu baik pengirim atau penerima harus menggunakan layanan lainnya. Namun untuk menghemat biaya, penerima juga bisa mengambilnya sendiri menggunakan transportasi pribadi. Pihak ekspedisi sudah tidak bertanggung jawab jika barang sudah sampai di port logistik.

Door to door menjadi layanan terbaik untuk proses pengiriman barang. Anda bisa mengirim barang ke luar kota hingga mancanegara. Proses pengirimannya juga mudah dan praktis, sehingga Anda tidak perlu kerepotan.

Layanan ini sangat menguntungkan, baik bagi pengirim maupun penerima. Sebagai pengirim Anda dapat menghemat biaya, waktu, dan tenaga. Barang dijamin akan sampai tepat waktu dan diterima langsung oleh penerima dalam kondisi terbaik.

Punya

Ratusan / Ribuan

Kiriman Setiap Hari?

Satu platform, beragam layanan pengiriman dan logistik

Web Dashboard

Pergudangan & Pengemasan

Dilengkapi Kurir Instant

Plugin Pengiriman

Integrasi API Pengiriman

Mendukung beragam layanan pengiriman

GojekJNEJNTTIKI

Terintegrasi dengan channel marketplace

TokopediaLazadaTiktokShopee

Mau Pengiriman Jadi Jauh Lebih Efektif?

Dapatkan potongan harga untuk pengiriman lebih banyak, #kirimlebihbanyak bersama Biteship!