Faktor-Faktor yang Menyebabkan Bisnis Gagal, Penting untuk Dicatat!

Faktor-Faktor yang Menyebabkan Bisnis Gagal, Penting untuk Dicatat!
Serious young businessman looking at financial report seem like something mistake with his boss in office.

Bisnis gagal merupakan salah satu resiko terburuk yang bisa saja dialami oleh siapapun yang sedang membangun usaha. Namun, bukan berarti kegagalan tersebut tidak bisa dihindari. Dengan persiapan yang matang, maka bisnis yang Anda jalankan juga bisa berkembang dengan baik.

Untuk itu, sebelum memulai untuk menjalankan bisnis, penting sekali bagi Anda untuk mengetahui dan memahami hal-hal yang bisa menyebabkan kegagalan usaha. Simak penjelasan berikut ini untuk mencari tahu faktor yang bisa membuat usaha yang Anda rintis mengalami kegagalan.

Faktor-Faktor Penyebab Bisnis Gagal

Memulai bisnis bukanlah hal yang mudah, untuk itu dibutuhkan persiapan dan rencana yang matang. Cara yang bisa Anda lakukan yaitu bisa dengan mempelajari faktor-faktor yang bisa menyebabkan kegagalan dalam bisnis, di antaranya yaitu sebagai berikut:

1. Bisnis Tidak Mempunyai Visi dan Misi yang Jelas

Kunci kesuksesan dari sebuah bisnis yaitu adanya visi dan misi yang jelas. Namun, terkadang banyak yang menyepelekan hal ini. Padahal visi misi ini bisa menjadi salah satu cara yang digunakan perusahaan untuk mengkomunikasikan nilai hingga solusi untuk target pasar yang akan dituju.

Dengan adanya visi misi juga bisa membantu sebuah bisnis agar bisa terus melangkah ke depan. Selain itu, penggunaan strategi yang sesuai dan tepat juga bisa menghasilkan keputusan yang berbanding lurus dengan apa yang terdapat di dalam visi dan misi perusahaan.

2. Kurangnya Modal Usaha

Penyebab kegagalan bisnis wirausaha baru berkaitan dengan modal usaha adalah salah satu kesalahan yang fatal. Kurangnya modal usaha bisa membuat kegiatan operasional bisnis Anda tidak bisa berjalan dengan baik.

Faktor ini bisa terjadi sebab pemilik bisnis terlalu meremehkan jumlah yang yang dibutuhkan untuk membangun usaha, hingga akhirnya harus mengalami kegagalan dan terpaksa tutup sebelum bisa mencicipi kesuksesan.

Penting sekali untuk mengetahui seberapa banyak jumlah uang yang diperlukan untuk membangun bisnis Anda. Bukan hanya dari biaya untuk memulainya, namun juga biaya yang diperlukan untuk mempertahankan bisnis tersebut agar bisa tetap berjalan.

3. Kesalahan dalam Melakukan Analisis Pasar

Bagi seorang pebisnis pemula, melakukan analisis pasar seringkali dilupakan. Padahal hal ini penting dilakukan untuk mencari tahu apakah sebuah bisnis yang akan dijalankan bisa berlangsung dalam jangka yang lama atau tidak.

Dengan memahami kondisi pasar, maka bisa membantu Anda dalam menentukan jenis bisnis yang akan dibangun agar bisa berjalan dengan jangka waktu yang lama.

4. Kurangnya Pengalaman

Pelaku usaha yang masih memiliki pengalaman yang kurang dalam bisnis, maka berpotensi menghadapi berbagai rintangan yang bertubi-tubi. Menjadi seorang pebisnis yang sukses memang tidak bisa ditempuh dengan cara yang instan.

Ada banyak kegagalan yang harus dilalui agar bisa memahami pola bisnis yang akan dikembangkan. Maka dari itu, cobalah untuk terus melakukan inovasi dalam menciptakan sesuatu yang baru agar bisa menjadi solusi untuk mengatasi permasalah yang dihadapi.

Namun, pastikan juga untuk tidak mengulang kembali kesalahan yang sama di masa depan. Jadikan kegagalan yang dihadapi sekarang ini sebagai pengalaman dan pembelajaran.

Baca Juga: Persiapan Memulai Bisnis dari Awal, Pemula Wajib Tahu

5. Kurangnya Kemampuan dalam Bidang Manajerial

Faktor bisnis gagal bisa disebabkan oleh kurangnya kemampuan dalam bidang manajerial. Padahal produk yang dimiliki sudah berdasarkan hasil riset mengenai apa yang sedang dibutuhkan oleh pasar. Produk yang sudah tepat tentu sangat disayangkan jika tidak dikembangkan dengan baik.

Permasalahan ini banyak terjadi terutama pelaku bisnis yang masih pemula, karena ketika memulai sebuah bisnis, cenderung terlalu fokus mengenai produk yang akan dijual. Namun sering melupakan rencana bagaimana cara menerapkan manajerial pada bisnis yang dijalankan.

6. Kurangnya Inovasi

Jika melihat beberapa permasalahan yang umum terjadi belakangan, sudah ada banyak contoh bisnis gagal baik itu kecil atau besar yang disebabkan karena kurangnya inovasi. Hal ini membuat bisnis tersebut ditinggalkan oleh para pelanggannya.

Maka dari itu, ketika menjalankan bisnis usahakan untuk selalu membaca trend di pasaran dan terus melakukan inovasi mengikuti perkembangan. Langkah ini dilakukan untuk menjaga produk yang ditawarkan agar bisa tetap relevan dan sesuai dengan target konsumen yang dituju.

7. Kurangnya Kemampuan dalam Manajemen Keuangan

Mencatat keuangan merupakan hal yang sangat penting dilakukan oleh pebisnis. Karena hal ini bisa menjadi langkah awal agar terbentuk sistem manajemen keuangan yang tepat.

Jika manajemen keuangan bisnis Anda kurang berjalan dengan baik, maka proses evaluasi bisnis juga akan sulit untuk dilakukan. Jadi permasalahan dalam hal keuangan yang terjadi, akan sulit untuk dilacak dan diperbaiki.

Untuk itu, ketika membangun dan mengembangkan sebuah bisnis maka Anda harus memahami dengan baik bagaimana cara mencatat keuangan agar bisnis yang Anda jalankan bisa terus berkembang.

Baca Juga: 10 Keterampilan Manajerial yang Harus Dimiliki Oleh Pemimpin Perusahaan

Cara Mengatasi Kegagalan dalam Bisnis

Setelah mengetahui berbagai faktor yang bisa menyebabkan kegagalan dalam bisnis, maka selanjutnya yaitu bagaimana cara mengatasi kegagalan tersebut.

1. Selalu Berfikir Positif

Kegagalan dalam bisnis terutama bagi pemula memang sesuatu yang sangat wajar, namun untuk menjaga pikiran agar tetap positif merupakan hal yang sulit untuk dilakukan.

Padahal dalam berbisnis, penting sekali untuk menjaga pikiran tetap positif dan hindari pikiran negatif. Karena pikiran negatif seperti menyalahkan diri sendir atas keadaan yang dihadapi justru hanya akan membuat Anda menjadi stress.

Padahal Anda bisa memanfaatkan waktu dan energi yang dimiliki untuk memperbaiki kesalahan yang dilakukan sebagai penyebab dari kegagalan tersebut.

2. Melakukan Identifikasi pada Faktor Kegagalan Usaha

Mengetahui faktor penyebab bisnis gagal bisa menjadi sarana untuk melakukan evaluasi. Cari tahu faktor-faktor yang menyebabkan bisnis yang Anda jalankan mengalami kegagalan. Dengan demikian maka bisa diketahui apa yang sebenarnya terjadi pada usaha Anda.

Baca Juga: 9 Kesalahan dalam Mengembangkan Bisnis yang Harus Dihindari, Catat!

3. Mengakui Kesalahan dan Menerima Kegagalan yang Dialami

Mengakui kesalahan dan menerima dengan lapang dada atas kegagalan yang dialami bisa membuat Anda merasa lebih tenang dan rendah hati. Kedamaian dan ketenangan sangat dibutuhkan untuk membantu penyusunan rencana bisnis yang selanjutnya akan dilakukan agar tidak kembali gagal.

4. Menyelesaikan Masalah yang Dihadapi

Berani dalam menerima kegagalan merupakan ketika memulai berbisnis dan mengidentifikasi faktor yang bisa menjadi penyebab dari kegagalan tersebut akan membuat Anda lebih mudah dalam memahami setiap permasalahan dan cara menyelesaikannya.

Kurangnya persiapan dan rencana yang matang menjadi salah satu faktor bisnis gagal. Untuk itu, Anda harus menyiapkan segala hal dengan baik termasuk urusan logistik dan manajemen stok. Gunakan layanan Biteship untuk mengatasinya agar bisnis Anda bisa berjalan lebih efektif.

Punya

Ratusan / Ribuan

Kiriman Setiap Hari?

Satu platform, beragam layanan pengiriman dan logistik

Web Dashboard

Pergudangan & Pengemasan

Dilengkapi Kurir Instant

Plugin Pengiriman

Integrasi API Pengiriman

Mendukung beragam layanan pengiriman

GojekJNEJNTTIKI

Terintegrasi dengan channel marketplace

TokopediaLazadaTiktokShopee

Mau Pengiriman Jadi Jauh Lebih Efektif?

Dapatkan potongan harga untuk pengiriman lebih banyak, #kirimlebihbanyak bersama Biteship!